Today in History: Kelahiran Chaerul Saleh Sampai Nintendo Rilis Gim Mario Bros

Berbagai hal terjadi di tanggal 13 September, mulai dari Hari Programmer Sedunia, Deklarasi PBB Atas Hak Masyarakat Adat, hingga rilisnya gim Super Mario Bros.

381
0

Berbagai peristiwa sejarah terjadi sepanjang tanggal 13 September. Mulai dari kelahiran tokoh nasional Chaerul Shah, hingga Nintendo merilis gim yang cukup fenomenal, yakni “Super Mario Bros“. Lantas, apalagi yang terjadi pada tanggal 13 September di dunia? Selengkapnya dalam “Today in History”.

  • Hari Kelahiran Chaerul Saleh
Chaerul Saleh

Chaerul Saleh merupakan salah satu tokoh poilitik Indonesia yang pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri, menteri, dan ketua MPRS antara tahun 1957 sampai 1966. Ia juga pernah mencetuskan ide negara kepulauan dengan batas territorial 12 mil laut yang disahkan pada 13 Desember 1957. Atas jasa-jasanya, Chaerul dianugerahi pangkat Jenderal TNI Kehormatan.

  • Hari Programmer Sedunia

Hari Programmer Sedunia dirayakan pada hari ke-256 dan tahun ini dirayakan pada 13 September. Pada tahun kabisat, perayaan ini jatuh pada 12 September. Adapun alasan dibalik pemilihan hari ke-256 adalah karena angka tersebut merupakan angka khusus bagi para programmer. Angka 256 merupakan banyaknya angka yang berbeda dan mampu direpresentasikan dalam 8 bit. Selain itu, pangkat 8 merupakan pangkat tertinggi dari angka 2 yang hasilnya di bawah 365 (jumlah hari dalam satu tahun).

Tujuan dibuatnya hari ini adalah untuk menghormati para programmer dan inovator yang membuat hidup menjadi lebih mudah dengan berinovasi dan merancang program.

  • Deklarasi PBB Atas Hak Masyarakat Adat

Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengesahkan deklarasi tentang hak-hak masyarakat adat (UNDRIP) pada 13 September 2007. Pengesahan ini akhirnya disetujui setelah 22 tahun lebih “digodok”. Deklarasi ini menetapkan hak individu dan kolektif masyarakat adat serta hak mereka atas budaya, identitas, bahasa, pekerjaan, kesehatan, pendidikan, dan masalah lainnya.

Tujuan deklarasi ini adalah untuk mendorong negara-negara untuk bekerja sama dengan masyarakat adat dalam memecahkan masalah global, seperti pembangunan, demokrasi multikultural, dan desentralisasi.

  • Nintendo Rilis Gim Super Mario Bros
Mario Bros

Setiap pemain gim konsol Nintendo pasti mengetahui permainan Super Mario Bros yang cukup fenomenal. Tokoh fiksi dalam sebuah video gim yang memiliki misi menyelamatkan seorang putri ini merupakan tokoh ciptaan Shigeru Miyamoto, dan tampil dengan topi merah serta kumis tebal yang menjadi ciri khasnya.

Mario Bros juga memiliki saudara yang bernama Luigi. Dalam permainannya, Mario harus melewati berbagai rintangan, salah satunya adalah melawan monster kura-kura. Ia juga dapat menjadi besar bila memakan jamur.

Hari ini, tepat 33 tahun lalu gim Mario Bros dirilis untuk konsol NES (Nintendo Entertainment System). Sampai saat ini, gim Mario Bros masih tetap populer dengan segala pembaruan yang ada di dalamnya sebagai sebuah gim konsol.

  • Negara Albania Menarik Diri dari Pakta Warsawa

Pakta Warsawa merupakan sebuah kerja sama politik dan pertahanan yang dibuat antara Uni Soviet dengan negara satelitnya. Pakta tersebut dibentuk dengan tujuan mengimbangi kekuatan NATO di Eropa. Dan salah satu anggotanya adalah Albania. Namun, Albania tidak lama berada di dalam pakta tersebut karena beralih ke Blok Barat seiring dengan lunturnya ideologi komunisme yang ada di Negara Albania.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *