Wajib Dicatat Gengs, Pengalihan Arus Malam Pergantian Tahun di Jakarta

Akan diberlakukan car free night di Jalan MH. Thamrin sampai Jalan Jenderal Sudirman, serta diadakan hiburan kesenian di 8 titik.

150
0
Malam Pergantian Tahun

Dalam rangka menyemarakkan malam pergantian tahun di ibu kota, Pemprov DKI Jakarta menyelenggarakan kegiatan Festival Malam Tahun Baru 2023 “Malam Muda Mudi” di 8 titik pada 31 Desember 2022.

Atas dasar ini, maka akan diberlakukan car free night di Jalan MH. Thamrin sampai dengan Jalan Jenderal Sudirman (Patung Arjuna Wijaya-Patung Pemuda Membangun) pada tanggal 31 Desember 2022 mulai pukul 18.00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 02.00 WIB.

Format dari festival ini adalah pertunjukan hiburan musik yang akan menampilkan musisi dari berbagai genre yang akan disebar ke-8 titik hiburan kesenian di Area Pos Bloc Jakarta, Area Sarinah, Area Bundaran HI, Area Dukuh Atas, Area JPO Sudirman, Area Bendungan Hilir, Area SCBD, dan Area M Bloc Space.

Mekanisme Pengalihan Arus di Malam Pergantian Tahun

via GIPHY

Akan ada mekanisme penanganan khusus terkait dengan kegiatan Malam Muda Mudi. Salah satunya adalah penutupan atau pengalihan jalur kendaraan yang akan menuju atau keluar dari daerah Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin.

Pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB akan dilakukan penutupan secara bertahap (pemberitahuan kepada masyarakat, kendaraan tertentu dapat melintasi kawasan). Lalu, pada pukul 20.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB akan dilakukan penutupan total (semua jenis kendaraan dilarang memasuki Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin, kecuali kendaraan emergency).

Untuk layanan angkutan umum, pada pukul 22.00 WIB s.d 01.00 WIB (situasional) rute Transjakarta koridor 1: dari arah selatan hanya melayani sampai Halte Transjakarta Polda, belok ke kiri ke Jalan Gatot Subroto-Kota. Sedangkan dari arah utara hanya melayani sampai Halte Transjakarta Harmoni, lalu belok ke kanan Suryopranoto-Blok M.

Pengaturan ini bersifat situasional bagi tamu hotel, kantor kedutaan, dan rumah sakit yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin.

Jalan ini akan kembali dibuka pada pukul 02.00 tanggal 1 Januari 2023.

Rekayasa Lalu Lintas di Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin

Nantinya, di malam pergantian tahun 2023, bagi kamu yang akan melewati sepanjang Jalan Jenderal Sudirman-Jalan MH. Thamrin akan diberlakukan rekayasa lalu lintas yang dimulai pukul 18.00 WIB. Begini skemanya:

Rekayasa lalu lintas dari selatan ke utara:

Lalu lintas dialihkan melalui Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan KS Tubun-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Cideng dan seterusnya / dapat melalui jalan HR Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH Mas Mansyur-dan seterusnya dan sebaliknya.

Rekayasa lalu lintas dari utara ke selatan:

Lalu lintas dialihkan melalui Jalan Merdeka Selatan-Jalan Ridwan Rais-Tugu Tani-Jalan Menteng-Jalan Cut Mutia-Jalan GSSJ Samratulangi-Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan HR. Rasuna Said atau melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Saharjo-dan seterusnya.

Rekayasa lalu lintas dari barat ke timur dan sebaliknya:

Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Merdeka Selatan

Jalan Kebon Sirih (barat-timur)

Jalan KH. Wahid Hasyim

Jalan Galaunggung-Penjernihan 1

Operasional MRT, LRT, dan Kereta Komuter Pada Malam Pergantian Tahun

via GIPHY

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memusatkan 8 titik berkumpul bagi warga yang ingin merayakan malam pergantian tahun secara bersamaan. Oleh karenanya, persiapan terkait dengan acara ini sudah disiapkan mulai dari sekarang.

Untuk operasional MRT, LRT, dan Kereta Komuter akan menyesuaikan dengan acara tersebut. Namun, secara umum begini pola operasi ketiga angkutan umum itu:

Operasional MRT Jakarta sampai dengan pukul 02.00 WIB

Operasional LRT Jakarta sampai dengan pukul 02.00 WIB

Operasional Kereta Komuter sampai dengan pukul 02.00 WIB

Ini wajib kamu catat ya gengs, biar enggak kejebak macet di malam pergantian tahun nanti. Selamat merayakan akhir tahun!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *