Weekly News Wrap Up: Masa Berlaku Paspor Jadi 10 Tahun Hingga 10 Jenis Batik Populer di Indonesia

Halo Oktober! Yuk, mulai minggu ini dengan mengetahui berbagai peristiwa penting yang terjadi selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”.

241
0

Halo Oktober! Yuk, mulai minggu ini dengan mengetahui berbagai peristiwa penting yang terjadi selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Mulai dari masa berlaku paspor yang kini berubah menjadi 10 tahun, tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang, hingga ragam batik yang populer di Indonesia. Untuk berita-berita lainnya, berikut ini Oppal mengumpulkan sederet informasi yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin lewat “Weekly News Wrap Up”. Simak!

  • Masa Berlaku Paspor Kini Jadi 10 Tahun
Paspor Indonesia
Paspor Indonesia

Kabar baik untuk kamu yang sudah tak sabar ingin traveling ke luar negeri. Kementerian Hukum dan HAM kini memperpanjang masa berlaku paspor menjadi 10 tahun yang awalnya hanya berlaku 5 tahun saja.

Ada beberapa ketentuan yang ada di dalam perubahan peraturan tentang Paspor Biasa dan Surat Keterangan Laksana Paspor ini. Di antaranya adalah paspor dengan masa berlaku paling lama 10 tahun ini hanya diberikan kepada warga negara Indonesia yang telah berusia 17 tahun atau sudah menikah. Selengkapnya mengenai perubahan masa berlaku paspor dapat dibaca di sini.

  • Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang, Belasungkawa yang Mendalam Sepakbola Indonesia
Stadion Kanjuruhan

Sepakbola Indonesia kembali berduka atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 1 Oktober 2022. Kerusuhan suporter Arema yang terjadi di dalam Stadion Kanjuruhan menewaskan sedikitnya 127 orang (saat berita ini dibuat) dan 180 lainnya dirawat di rumah sakit.

Kejadian ini bermula saat para suporter Arema menyerbu ke dalam lapangan usai timnya dikalahkan oleh tim Persebaya dengan skor 2-3. Pertandingan tersebut tanpa kehadiran suporter dari tim lawan.

Banyaknya suporter yang masuk ke lapangan membuat petugas yang berjaga mengambil tindakan dengan menembakkan gas air mata ke arah tribun penonton. Selengkapnya mengenai tragedi yang terjadi di Malang dapat dibaca di sini.

  • Kondisi Tapanuli Utara Usai Gempa Magnitudo 6.0

Gempa bermagnitudo 6.0 terjadi di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, pada Sabtu dini hari sekitar pukul 02.28 WIB. Hal ini langsung dikonfirmasi oleh BMKG melalui akun twitternya @infoBMKG.

“Gempa mag:6.0, 1 Oktober 2022 02:28.41 WIB. Lok: 2.13LU, 98,89 BT (Pusat gempa berada di darat 15 km baratLaut TapanuliUtara), kedalaman 10 Km dirasakan (MMI) VI Tarutung, IV Singkil, V Sipahutar, III Tapaktuan, III Gunung Sitoli #BMKG” kata akun twitter @infoBMKG.

Tidak hanya itu, gempa susulan juga terjadi beberapa menit kemudian dengan magnitudo 5,1 pada pukul 02.50. Kali ini, gempa ini terjadi di 4 km Timur Laut Tapanuli Utara. Gempa yang terjadi di Barat Indonesia ini juga menimbulkan beberapa kerusakan. Informasi lebih lanjut mengenai dampak gempa yang terjadi di Tapanuli Utara dapat dibaca di sini.

  • Harga Pertamax di Beberapa Daerah Turun
Pertamax

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax mengalami penyesuaian per tanggal 1 Oktober 2022. Hal ini langsung diumumkan oleh PT Pertamina (Persero) lewat pengumuman resminya. Harga Pertamax yang awalnya Rp14.500,- turun menjadi Rp13.900,- per liter.

Adapun penyesuaian ini disesuaikan oleh daerah yang mengalami penurunan. Tidak semua daerah di seluruh Indonesia mengalami penurunan BBM jenis Pertamax dari Rp14.500,- menjadi Rp13.900,-. Daftar harga Pertamax di seluruh Indonesia per tanggal 1 Oktober 2022 dapat dilihat di sini.

  • 10 Jenis Batik Populer di Indonesia Beserta Filosofinya

Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Alasannya, batik memiliki banyak ciri khas, makna, serta filosofi baik yang terkandung di dalamnya.

UNESCO juga telah menetapkan batik Indonesia sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi pada 2 Oktober 2009, sehingga momen tersebut dijadikan sebagai peringatan Hari Batik Nasional. Penetapan ini juga bukan tanpa alasan, UNESCO menghargai keberagaman batik Indonesia hingga proses pembuatan batik yang cukup panjang dan lama.

Enggak heran, kalau batik sering digunakan sebagai busana wajib dalam peringatan hingga acara adat tertentu di berbagai daerah di Indonesia. Batik di Indonesia juga punya berbagai macam jenis. Masing-masing daerah memiliki corak khasnya tersendiri. Untuk merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober kemarin, yuk intip 10 jenis batik popular di Indonesia dan filosofi di baliknya di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu terakhir. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post