Weekly News Wrap Up: Tak Pakai Helm dan Lawan Arus Jadi Sasaran Operasi Keselamatan 2023 Sampai 20 Februari 2023

Mulai dari berita gempa Turki hingga Operasi Keselamatan 2023, baca wrap up news di sini.

225
0
Korlantas

Rise and shine, gengs! Apakah akhir pekanmu menyenangkan? Menyambut hari Senin, yuk kita lirik kembali beberapa informasi penting dan menarik selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Tak Pakai Helm dan Lawan Arus Sasaran Operasi Keselamatan 2023 Mulai 7 – 20 Februari 2023

Foto Polantas sedang konvoi / @ntmc_polri

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Keselamatan 2023 selama dua pekan mulai 7 sampai 20 Februari 2023. Melihat dari website resminya, korlantas.polri.go.id, sebelum pelaksanaan razia dilakukan, Korlantas Polri terlebih dahulu menyelenggarakan Pelatihan Pra Operasi Keselamatan.

Kasubbag Renops Bagops Korlantas Polri, AKBP Bargani, mengatakan bahwa Operasi Keselamatan 2023 mengedepankan tindakan preventif dan edukatif. Informasi lebih lanjut mengenai Operasi Keselamatan 2023 dapat kamu baca di sini.

Awesome! Pertumbuhan Ekonomi RI Tahun 2022 Tertinggi Sejak 2013

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi / Shutterstock

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun 2022 secara akumulatif berada di level 5,31%. Hasil ini merupakan yang tertinggi sejak 2013 silam. Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Badan Pusat Statistik, Bapak Margo Yuwono. Angka ini sesungguhnya sudah sesuai dengan target oleh pemerintah sendiri, yaitu sebesar 5,1-5,3 persen.

Berikut alasan mengapa pertumbuhan ekonomi RI tahun 2022 bisa mencapai target pemerintah meski harus berhadapan dengan pandemi.

Leo/Daniel Juara Thailand Masters 2023, Cetak Sejarah di Ranking BWF

Thailand Masters 2023

Pasangan ganda putra Indonesia Leo Rolly/Daniel Marthin berhasil menjadi juara di turnamen Thailand Masters 2023. Hasil ini didapatkan mereka berdua usai mengalahkan pasangan asal Taiwan Su Ching Heng/Ye Hong Wei dengan 21-16, 21-17.

Berkat hasil ini, pasangan Leo/Daniel langsung mencetak sejarah di ranking BWF sekaligus membuktikan bahwa nomor ganda putra Indonesia saat ini semakin mengerikan. Simak kabar baik mengenai sejarah baru yang dicetak oleh pasangan ganda putra Leo/Daniel di sini.

Imigrasi Buka Layanan Bikin Paspor Sehari Jadi, Ini Syarat dan Biayanya

Paspor Sehari Jadi
Ilustrasi paspor Indonesia/shutterstock

Mau liburan ke luar negeri tapi belum punya paspor? Don’t worry, gengs, karena Imigrasi telah meluncurkan layanan pembuatan paspor sehari jadi. Good for you isn’t it? Untuk biaya permohonannya adalah sebesar Rp1 juta.

Harga pembuatan paspor sehari jadi ini lebih tinggi ketimbang dengan permohonan paspor biasa. Harga paspor biasa nonelektronik saat ini adalah Rp350.000,- dan harga paspor biasa elektronik Rp650.000,-. Informasi lebih lanjut mengenai pembuatan paspor sehari jadi tersebut bisa kamu dapatkan di sini.

Beberapa Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Korban Gempa Turki

donasi bantuan teman sahabat

Gempa Turki berkekuatan magnitudo 7,8 dan gempa susulan 7,5 yang terjadi pada Senin, 6 Februari 2023, mengagetkan dunia. Lebih dari 20.000 orang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan menyebabkan negara Turki menetapkan 6 hari berduka nasional.

Deretan kisah penyelamatan yang menyentuh hati pun datang silih berganti seraya memberikan semangat kepada petugas yang sedang berjuang menolong korban di sana.

Untuk kamu yang mau berpartisipasi membantu para korban gempa di Turki, kamu juga bisa langsung mengunjungi beberapa situs donasi dan penggalangan dana online. Berikut beberapa di antaranya.

Jadi Destinasi Paling Romantis, Bali Raih 2 Penghargaan di World Travel Awards 2022

Bali
Ilustrasi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali/shutterstock

Bali memang masih menjadi destinasi favorit para wisatawan mancanegara. Tak kaget, jika Pulau Dewata kemudian meraih dua penghargaan di World Travel Awards 2022.

Dua penghargaan yang diraih Bali dari World Travel Awards 2022 adalah untuk kategori Asia’s Leading Wedding Destination 2022 dan Asia’s Most Romantic Destination. Simak lebih lanjut informasi mengenai penghargaan tersebut serta hotel apa yang dianggap paling romantis di Bali pada artikel berikut.

Mengenal Apa Itu FFP, Peraturan yang Dilanggar oleh Manchester City

Man City

Manchester City (Man City) didakwa melakukan pelanggaran Financial Fair Play (FFP). Premier League selaku pengelola kompetisi teratas Liga Inggris menjatuhkan dakwaan itu pada Senin, 6 Februari 2023.

Pihak Premier League sudah melakukan investigasi hal itu sejak Maret 2019 dan menemukan dugaan pelanggaran FFP oleh Man City periode September 2009-2010 sampai dengan 2017-2018. Berikut ini pengertian lebih dalam mengenai FFP serta pelanggaran FFP yang dibuat oleh Manchester City.

Ingat! Tahun 2024, Ibu Kota Negara Bukan di Jakarta

Ilustrasi Kota Jakarta
Ilustrasi Kota Jakarta/Shutterstock

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) terkait dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Nusantara, Kalimantan Timur, pada tahun 2024 nanti. Hal ini langsung diungkapkan oleh Kepala Otorita Ibu Kota Negara, Bapak Bambang Susantono.

Menurut Pak Bambang, pihaknya sampai saat ini masih terus melakukan persiapan, termasuk untuk pemindahan beberapa SDM terkait seperti ASN, TNI, dan Polri. Langkah ini juga tentunya akan dilakukan secara bertahap. Selengkapnya mengenai IKN yang akan pindah ke Kalimantan Timur bisa kamu baca di sini.

Jeka Saragih Jadi Petarung MMA Indonesia Pertama yang Dikontrak UFC

Jeka Saragih

Petarung MMA (Mix Martial Arts) Indonesia, Jeka Saragih, mendapatkan kontrak dari UFC. Hal ini menjadikan Jeka Saragih petarung MMA pertama Indonesia yang mendapatkan tanda tangan dari UFC.

Kabar baik ini langsung diberikan akun media sosial Instagram Mola yang menjadi broadcaster resmi UFC untuk Indonesia sekaligus sebagai fasilitator Jeka Saragih Road to UFC. Simak lebih lanjut mengenai kabar baik tersebut di sini.

Hadir di Pekan Komunikasi UI 2023, OPPAL Pastikan Usung Positive Journalism Menyasar ke Gen Z

Para pembicara di Pekan Komunikasi UI

Pekan Komunikasi UI 2023 dengan tema “Comm Creation & Career Day” berlangsung meriah di kawasan Blok M, tepatnya di “KALA di Kalijaga” pada Jumat, 10 Februari 2023, jam 10 pagi hingga selesai jam 9 malam.

Dalam acara ini, OPPAL sebagai multi-platform media yang ada di Indonesia ikut berkontribusi dan menyediakan booth untuk melakukan walk in interview. Tidak sampai di situ, Creative Director OPPAL, Mba Dinda Daud, juga menjadi salah satu pembicara. Simak keseruan acara tersebut di sini.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Let’s start this week with some positivity, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *