Weekly News Wrap Up: WHO Umumkan Akhir Pandemi Kian Dekat Hingga Situs untuk Pantau Aktivitas Gunung Berapi

Yuk, kita mulai minggu ini dengan membaca rangkuman berita di “Weekly News Wrap Up”.

163
0
Covid-19

Selamat hari Senin, gengs! Semoga akhir pekanmu kemarin menyenangkan, ya. Yuk, kita mulai minggu ini dengan melirik kembali berbagai peristiwa penting yang terjadi selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”.

OPPAL mengumpulkan sederet informasi yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin lewat “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

WHO: Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus: cyprus-mail.com

Sebanyak 90 persen populasi di dunia saat ini sudah memiliki kekebalan terhadap virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan, dunia semakin dekat menuju akhir fase darurat pandemi Covid-19.

Meski demikian, masyarakat perlu tetap waspada terhadap bahaya varian baru yang masih mengancam. WHO mengatakan, kemungkinan munculnya varian baru Covid-19 yang lebih mematikan bisa terjadi selama masih ada kesenjangan dalam strategi untuk mengatasi Covid-19. Simak informasi terbaru dari WHO di sini.

Kenali Tanda Gunung Akan Erupsi dan Apa yang Perlu Kamu Lakukan

Foto daun mengering yang berada di atas gunung / Shutterstock

Gunung Semeru yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas pada Minggu, 4 Desember 2022, sekitar pukul 02.46 WIB. Alhasil, gunung ini pun mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) yang meluncur sejauh tujuh kilometer ke arah tenggara dan selatan.

Dampaknya adalah pihak dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) memberikan pemberitahuan kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara Gunung Semeru sejauh 13 kilometer dari puncak.

Namun, sesungguhnya ada beberapa tanda dari gunung berapi yang akan erupsi atau meletus. Apa saja itu? Berikut OPPAL merangkumnya untuk kamu.

Begini Cara Kenali Modus Penipuan Kurir Palsu Lewat OTP Aplikasi

Penipuan
Ilustrasi kode OTP / Shutterstock

Semakin canggih teknologinya, maka semakin beragam juga cara orang untuk melakukan penipuan. Kira-kira begitu lah kata-kata yang bisa menggambarkan apa yang terjadi belakangan ini. Kejahatan berbasis teknologi atau kejahatan siber semakin beragam.

Baru-baru ini, ada modus penipuan kurir palsu yang berakhir dengan akun mobile banking (m-banking) yang dimiliki korban dibajak dan dibobol. Dilihat dari berbagai media sosial, ada berbagai macam modus yang digunakan oleh pelaku.

Simak cara mengenali modus penipuan terbaru kurir palsu di sini.

Melihat Langsung Tingkah Soleh, Kucing yang Jadi “Karyawan” di Kantor Pajak

Soleh
Soleh, kucing Kantor Ditjen Pajak Serpong / Dok. OPPAL

Beberapa minggu kemarin viral di media sosial mengenai kucing lucu yang jadi anggota baru Kantor Ditjen Pajak Serpong, Tangerang, Banten, Soleh namanya. Hal ini lantas menjadi perbincangan publik sampai nama Soleh cukup terkenal belakangan ini.

Tim Redaksi OPPAL pun menghampiri Kantor Pajak Serpong untuk memastikan keberadaan Soleh dan bertemu langsung dengan para pengasuhnya yang juga pegawai pajak di kantor tersebut. Simak liputan khusus OPPAL ke Kantor Pajak Serpong untuk menemui Soleh di sini.

Pantau Aktivitas Gunung Berapi dari Situs Ini

Gunung Semeru Erupsi
Gunung Semeru Erupsi / @BNPB_Indonesia

Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu , 4 Desember 2022. Setahun yang lalu, tepat di tanggal yang sama, 4 Desember 2021, gunung yang berada di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu juga sempat mengalami erupsi atau letusan vulkanik.

Erupsi di Semeru kali ini disertai dengan Awan Panas Guguran (APG) dan aktivitas gempa. Sebelumnya, pada Minggu, 4 Desember 2022, Gunung Semeru dilaporkan masih dalam status Siaga (level 3), sekitar pukul 06.00 WIB.

Status Gunung Semeru kemudian naik menjadi Awas (level 4), tepatnya pukul 18.00 WIB. Pada Senin, 5 Desember 2022, Semeru Kembali erupsi sekitar pukul 00.00 – 06.00 WIB yang mengakibatkan gempa letusan dengan amplitudo 11-22 mm berdurasi 65-120 detik. Untuk mencari tahu perkembangan dari erupsi terbaru, berikut situs yang dapat menunjukkan aktivitas gunung berapi.

RKUHP Jadi UU, Ini 10 Pasal Penting yang Perlu Diketahui

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) resmi mengesahkan Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) pada Selasa, 6 Desember 2022, dalam rapat paripurna yang diselenggarakan di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta.

Meski sempat mengalami ketegangan, pada akhirnya salah satu agenda besar dari para anggota dewan ini disahkan. Adapun di dalam RKUHP ini memiliki beberapa perubahan yang cukup signifikan dari sebelumnya. Simak 10 pasal penting RKUHP yang perlu kamu ketahui.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu terakhir. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Have a nice week, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *