WhatsApp Siapkan Fitur untuk yang Punya Banyak Grup Tapi Enggak Aktif

Cocok banget buat kamu yang suka bikin grup tapi lupa hapus grupnya.

145
0
Fitur Expiring Groups WhatsApp

Siapa yang suka bikin grup WhatsApp yang dibuat untuk sementara? Terkait hal itu, WhatsApp sedang menyiapkan fitur baru nih, gengs. Di fitur baru ini, kamu bakal mendapat pengingat untuk menghapus grup-grup yang dibuat untuk sementara waktu.

Grup “sementara” ini mungkin bisa dicontohkan seperti grup yang hanya digunakan untuk acara tertentu saja. Jadi, setelah acara tersebut selesai, grup ini biasanya enggak akan terpakai lagi atau sepi seperti tanpa penghuni.

Fitur Expiring Groups WhatsApp
Ilustrasi pengguna WhatsApp/pexels.com

Fitur baru dengan nama “Expiring Groups” ini memungkinkan para pengguna untuk menentukan waktu expired atau kadaluwarsa sebuah grup.

Anyway, informasi mengenai fitur baru ini dibocorkan oleh WABetaInfo. Hadirnya fitur ini bisa dilihat dari sejumlah baris kode WhatsApp Beta untuk iOS versi 23.5.0.70.

Fitur “Expiring Groups” ini juga masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa diuji coba oleh pengguna WhatsApp Beta. Bahkan, WhatsApp belum mengumumkan fitur ini secara resmi.

Kalau dilihat dari gambar yang di-share oleh WABetaInfo, fitur Expiring Groups ini berada dalam informasi grup bersamaan dengan opsi pesan menghilang (Disappearing Messages), enkripsi (Encryption), dan pengaturan grup (Group Settings).

Fitur Expiring Groups WhatsApp
Posisi fitur Expiring Groups dari WhatsApp/digitalinformationworld.com

Lewat fitur ini, kamu bisa mengatur waktu expired untuk grup yang kamu buat, lho! Semisal, dalam satu hari, satu minggu, atau tanggal yang spesifik sesuai keinginan kamu, gengs.

Tetapi, kalau kamu ingin mengganti atau menghapus tanggal kedaluwarsa, kamu bisa memilih opsi ‘Remove expiration date’ atau ‘menghapus tanggal kedaluwarsa’.

Selain itu, jika tanggal yang ditentukan sudah lewat, WhatsApp bakal mengingatkan kamu untuk menghapus grup. Duh, sweet banget ya, bisa jadi reminder.

One thing you should know, bahwa fitur ini cuma untuk mengingatkan saja, ya, bukan untuk menghapus grup secara otomatis. Perlu dicatat juga, untuk tanggal kedaluwarsanya bersifat personal, gengs.

Itu artinya, grup itu tetap aktif dan bisa digunakan anggota lainnya walaupun sudah dihapus oleh pengguna tertentu.

Anyway, kalau dilihat dari fungsinya, fitur baru dari WhatsApp ini akan berguna banget untuk membersihkan daftar obrolan dan daftar grup yang berantakan. Fitur ini juga bermanfaat bagi kamu yang sering lupa untuk menghapus grup yang bersifat sementara, seperti grup perayaan ulang tahun dan grup untuk tugas kelompok.

Fitur Expiring Groups WhatsApp
Ilustrasi aplikasi WhatsApp/pexels.com

Menurut WABetaInfo, dengan menghapus grup yang sudah enggak aktif, kamu bisa membuat ruang storage (ruang penyimpanan) perangkat menjadi lebih lega.

Fitur Expiring Groups ini asyik juga, ya, tapi fitur ini masih dalam tahap pengembangan dan belum bisa diuji coba pengguna WhatsApp Beta, gengs.

Bagaimana menurut kamu tentang fitur Expiring Groups dari WhatsApp ini, gengs? Very useful banget enggak sih, buat yang punya banyak grup tapi malah enggak aktif.

via GIPHY

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *