Wrap Up News 21 September 2022: Vaksin Monkeypox di Indonesia Hingga Tren Quiet Firing

Wrap up news: mulai dari kabar tibanya vaksin monkeypox, Presiden Bapak Jokowi terima penghargaan dari PBB, hingga tren quiet firing.

281
0

Tengah minggu telah berlalu. Artinya, akhir pekan semakin dekat! Ada banyak hal menarik yang terjadi di midweek kemarin. Mulai dari kabar bahwa vaksin Monkeypox akan tiba di Indonesia bulan depan, hingga kemunculan tren quiet firing yang menjawab tren quiet quitting. Selengkapnya mengenai “wrap up news” yang terjadi 21 September 2022 kemarin, ada di sini:

  • Presiden Jokowi Terima Penghargaan dari PBB
Jokowi

Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo (Jokowi) menerima penghargaan Global Citizen Award dari organisasi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York, Amerika Serikat, pada Selasa, 19 September 2022.

Penghargaan ini diberikan kepada Bapak Jokowi atas kepemimpinannya sebagai presidensi G20 dan upaya dalam menjembatani dampak perang di Ukraina, serta dukungan luas atas pemenuhan hak asasi manusia, demokrasi dan arsitektur kesehatan global yang lebih baik. Selengkapnya mengenai pidato yang diberikan Jokowi pada acara tersebut dapat dibaca di sini.

  • Vaksin Monkeypox Tiba di Indonesia Pada Oktober 2022

Kabar baik datang dari Kementerian Kesehatan yang menyebutkan bahwa vaksin cacar monyet (monkeypox) yang dipesan dari Bavarian Nordik, Denmark, akan tiba pada bulan Oktober 2022. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia.

Namun, karena keterbatasan maka tak semua masyarakat akan mendapatkan vaksin ini. Nantinya yang akan mendapatkan adalah mereka yang masuk ke dalam kelompok berisiko terlebih dahulu,

yaitu orang-orang yang memiliki kontak erat dengan pasien monkeypox atau yang memiliki kontak rutin dengan hewan yang dapat terinfeksi. Alasannya, karena produksi vaksin monkeypox yang terbatas. Informasi lebih lanjut mengenai vaksin monkeypox dapat dibaca di sini.

  • Pemprov DKI Jakarta Akan Bangun 26 Jalur Sepeda

Gengs! Kabar baik nih buat kamu yang suka bersepeda. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal membangun jalur sepeda sepanjang 196,45 kilometer hingga akhir 2022. Pembangunan ini terdiri atas 40,06 kilometer lajur sepeda terproteksi, 154,73 kilometer lajur berbagi, dan jalur di trotoar sepanjang 1,67 kilometer.

Mengenai rute 26 jalur sepeda yang akan dibuat dapat dibaca di sini.

  • Sosok Swietenia Puspa Lestari, Aktivis Milenial yang Pernah Presentasi di Hadapan Obama

Indonesia punya sosok pemerhati lingkungan yang berhasil mencuri perhatian bernama Swietenia Puspa Lestari. Perempuan yang akrab disapa Tenia ini aktif menggaungkan gerakan penjagaan laut dari ancaman sampah.

Swietenia memiliki kekhawatiran terhadap sampah di pulau-pulau yang ia kunjungi saat ingin menyelam. Lantas hal ini membuatnya mendirikan organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang pembersihan sampah di laut, Diving Clean Action (DCA).

Ia juga pernah berkesempatan untuk menceritakan visinya mengenai lingkungan di hadapan Presiden AS ke-44, Barack Obama. Lebih banyak mengenai sosok Tenia dapat dibaca di sini.

  • Tren Quiet Firing, Jawaban Atas Fenomena Quiet Quitting

Setelah hadirnya tren quiet quitting, kini muncul istilah baru quiet firing yang dianggap sebagai tanggapan atas quiet quitting.

Quiet firing adalah sikap para atasan untuk menghadapi karyawannya yang bekerja seperlunya, sehingga dianggap merugikan kantor. Dengan kata lain, quiet firing adalah pemecatan diam-diam yang dilakukan manajemen perusahaan tanpa sebelumnya memberikan sanksi atau teguran atas kinerja bawahannya.

Namun, tindakan ini bukan hal yang baru, karena sudah sejak lama dilakukan oleh perusahaan, meski tidak dibahas secara terang-terangan. Informasi lebih lanjut mengenai tren tersebut dapat dibaca di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 21 September 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *