Wrap Up News 26 Desember 2022: KA Panoramic Rute Jakarta-Yogyakarta Mulai Beroperasi Hingga 7 Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

Sambil menikmati Selasa pagimu, yuk baca wrap up news 26 Desember 2022!

160
0
Kereta Panoramic

Hai, Oppal gengs! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat selalu, ya. Sambil menikmati Selasa pagimu, yuk baca kumpulan berita penting yang terjadi pada 26 Desember 2022 kemarin supaya kamu tak ketinggalan informasi. Mulai dari KA Panoramic Rute Jakarta-Yogyakarta yang sudah mulai beroperasi, 7 lokasi perayaan malam tahun baru di Jakarta, hingga Bahasa Indonesia jadi mata kuliah wajib di Bulgaria. Selengkapnya dapat kamu baca di wrap up news berikut:

KA Panoramic Rute Jakarta-Yogya Sudah Beroperasi

Kereta panoramic

Gengs, ada kabar baik nih buat kalian para Anker alias Anak Kereta! PT KAI (Kereta Api Indonesia) telah melakukan penambahan tempat duduk kereta panoramic buat rute favorit seperti Jakarta-Yogyakarta. Kebijakan ini diambil karena tingginya minat masyarakat yang ingin bepergian pada masa libur Natal dan tahun baru ini.

Soft launching Kereta Panoramic pun digelar oleh KAI pada 24 Desember 2022 yang dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta pp). Setiap perjalanan KA Taksaka Tambahan ini, KAI bakal mengoperasikan satu Kereta Panoramic berkapasitas 46 tempat duduk. By the way, KA Taksaka Tambahan dengan Kereta Panoramic beroperasi pada 24 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023. Berikut jadwal lengkap kereta panoramic buat kamu yang penasaran untuk mencoba.

Ini 7 Lokasi Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

Malam Tahun Baru
Ilustrasi kembang api: shutterstock

Sebentar lagi kita bakal ketemu tahun baru 2023. Kamu sudah siap untuk merayakan malam pergantian tahun? Buat kalian yang enggak sempat keluar kota, enggak usah khawatir, karena di Jakarta juga bakal ada acara perayaan malam tahun baru, gengs!

Yup, dalam menyemarakkan pergantian malam tahun baru di Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta akan menggelar kegiatan Festival Malam Tahun Baru 2023 bertajuk “Malam Muda Mudi”. Berikut 7 titik lokasi perayaan malam pergantian tahun di Jakarta.

Wohoo! Skuad Garuda Menang 7-0 Atas Brunei Darussalam di Piala AFF 2022

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sukses memenangkan laga lanjutan Piala AFF 2022 melawan Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur, Malaysia, Senin, 26 Desember 2022. Gelandang Syahrian Abimanyu berhasil mencetak gol pembuka di menit 20 setelah berhasil memanfaatkan umpan Spasojevic dengan baik.

Timnas Indonesia akhirnya menambahkan keunggulan menjadi 0-2 di menit 41 setelah mengurung pertahanan Brunei. Dendy Sulistyawan sukses mencetak gol kedua untuk Garuda usai berhasil memanfaatkan umpan dari Asnawi Mangkualam. Simak jalannya pertandingan yang menegangkan dari Indonesia vs Brunei Darussalam di Piala AFF 2022 pada artikel berikut.

Bahasa Indonesia Masuk 10 Bahasa Paling Banyak Digunakan, Jadi Mata Kuliah Wajib di Bulgaria

Ilustrasi mahasiswa
Ilustrasi mahasiswa/Shutterstock

Dari 7151 jumlah bahasa yang tersebar di seluruh dunia per tahun 2022, hanya beberapa bahasa saja yang banyak dipakai dalam keseharian di seluruh dunia. Di antara 74 bahasa yang paling sering dituturkan, Bahasa Indonesia dan Jawa masuk di antaranya, gengs!

Menurut laman Pusat Layanan Bahasa di Florida, Lingua Edu, Bahasa Inggris menjadi yang paling banyak digunakan. Dari data hingga tahun 2022 ini, Bahasa Inggris telah dipakai oleh sekitar 1,12 miliar orang. Sementara, terbanyak kedua disusul Bahasa Mandarin dengan 1,10 miliar penutur dan Bahasa Hindi dengan 698 juta penutur di urutan tiga besar.

Bahasa Indonesia sendiri diketahui telah dipakai oleh 200 juta penutur dan Bahasa Jawa digunakan oleh 84 juta penutur. Dengan jumlah tersebut, Bahasa Indonesia lantas masuk ke dalam 10 besar bahasa dengan penutur terbanyak. Sedangkan Bahasa Jawa ada di peringkat 15.

Biar kamu enggak penasaran, berikut daftar lengkap bahasa dengan penutur terbanyak di dunia serta informasi mengenai mengapa bahasa Indonesia menjadi mata kuliah wajib di Bulgaria.

Perebutkan Piala Presiden, Grand Prix Marching Band Kembali Digelar

GPMB
Potret kompetisi Grand Prix Marching Band 2022

Seiring maraknya perkembangan dunia marching band, Yayasan Grand Prix Marching Band (GPMB) kembali menggelar program perhelatan besar yang juga menjadi ajang pertemuan semua pemain, pencinta, dan pemerhati marching band, sampai dengan tahun ini, yang merupakan pelaksanaan ke-37 kalinya.

GPMB tahun ini diikuti oleh 11 unit Marching Art Performance, 5 unit Parade, 10 unit Cologuard, 4 unit Drum Battle dan 24 peserta lomba perorangan dari berbagai wilayah di Indonesia. Simak kemeriahan Grand Prix Marching Band tahun 2022 di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 26 Desember 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya. Have a nice day, gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *