Wrap Up News 4 Oktober 2022: Mengenal Kurikulum Merdeka Hingga Membedah Kain Ulos Khas Suku Batak

Selamat tengah minggu, Oppal Gengs! Di tanggal 4 Oktober 2022 kemarin, ada banyak peristiwa dan berita menarik yang terjadi. Selengkapnya di Wrap Up News!

275
0
SNMPTN dan SBMPTN

Another day another good news. Selamat tengah minggu, Oppal Gengs! Di tanggal 4 Oktober 2022 kemarin, ada banyak peristiwa dan berita menarik yang terjadi. Beberapa di antaranya adalah Kurikulum Merdeka yang diluncurkan Kemendikbudristek, hingga mengenal lebih dalam kain Ulos khas Suku Batak dari Sumatra Utara. Wrap Up News lengkapnya dapat kamu baca di bawah ini:

  • Mengenal Pengertian, Karakteristik hingga Prinsip-Prinsip Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, sehingga pembelajaran akan lebih maksimal supaya peserta didik punya cukup waktu untuk mendalami konsep dan juga memperkuat kompetensinya.

Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan di hampir 2.500 sekolah yang mengikuti Program Sekolah Penggerak (PGP) dan 901 SMK Pusat Keunggulan sebagai bagian dari pembelajaran paradigma baru. Selengkapnya mengenai Kurikulum Merdeka dapat dilihat di sini.

  • Pasangan Ayah dan Anak Jadi Pemenang Indonesia Comic Con Championship 2022

Gelaran Indonesia Comic Con yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 1-2 Oktober di Hall B JCC, Senayan, Jakarta, berlangsung sangat meriah. Ratusan cosplayer memadati Hall B sejak hari pertama pembukaan sampai dengan hari kedua. Bahkan, ada dari mereka yang sudah datang sejak pagi hari.

Dalam gelaran ini juga diadakan Indonesia Comic Con Championship 2022 yang diadakan pada hari kedua di panggung utama.  Setelah mengikuti babak kualifikasi, para dewan juri memutuskan pemenangnya jatuh kepada pasangan ayah dan anak yang memerankan karakter dari film How to Train Your Dragon, yakni Romas dan Igi. Informasi lebih lanjut mengenai pemenang Indonesia Comic Con Championship 2022 dapat dibaca di sini.

  • Filosofi Kain Ulos dan Macam Penggunaannya Dalam Upacara Adat Batak
Ulos

Ulos merupakan salah satu kain khas Sumatra Utara yang memiliki sejarah panjang di dalamnya. Selain itu, kain Ulos juga memiliki filosofi dan cerita di dalamnya yang tak banyak orang tahu. Kain Ulos merupakan kain tenun yang menyerupai selendang, yang dianggap oleh Suku Batak sebagai simbol restu, kasih sayang, dan persatuan.

Masyarakat Batak beranggapan bahwa Ulos merupakan suatu benda yang sakral dan sejalan dengan semboyan “ijuk pangihot ni hodong, ulos pangihot ni holong,” yang memiliki arti “jika ijuk adalah pengikat pelepah pada batangnya, maka Ulos adalah pengikat kasih sayang antar sesama”.

Kain Ulos sudah digunakan masyarakat Batak sejak zaman dahulu kala. Di setiap acara sakral adat batak seperti kelahiran, pernikahan, dan kematian, Ulos selalu hadir sebagai bentuk ungkapan dari masing-masing acara tersebut. Yuk, mengenal lebih dalam kain Ulos khas Suku Batak di sini.

  • Wow! 5 Istana Kerajaan di Indonesia Ini Masih Eksis Sampai Sekarang

Sebelum menjadi negara seperti sekarang ini, Indonesia dulu terdiri dari banyak kerajaan yang tersebar di berbagai wilayah. Kerajaan-kerajaan tersebut juga banyak meninggalkan warisan, seperti istana kerajaan yang beberapa masih berdiri sampai sekarang.

Meski kebanyakan istana kerajaan yang ada di Indonesia tidak sepenuhnya bisa bertahan dan sudah tua, namun ada lima istana kerajaan yang sampai saat ini masih berdiri kokoh. Apa saja? Yuk, cek di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 4 Oktober 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya.

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post