Wrap Up News 5 Desember 2022: WHO Umumkan Akhir Pandemi Covid-19 Hingga Cara Mengenali Modus Penipuan Kurir Palsu

Sambil menikmati Selasa pagimu, yuk baca wrap up news 5 Desember 2022 di sini.

242
0
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus

Hai, Oppal gengs! Apa kabar? Semoga kamu dalam keadaan sehat selalu, ya. Sambil menikmati Selasa pagimu, yuk baca kumpulan berita penting yang terjadi pada 5 Desember 2022 kemarin supaya kamu tak ketinggalan informasi. Mulai dari WHO umumkan mengenai akhir pandemi Covid-19, situs yang dapat kamu gunakan untuk pantau aktivitas gunung berapi, sampai cara mengenali modus penipuan kurir palsu lewat OTP aplikasi. Selengkapnya dapat kamu baca di wrap up news berikut:

WHO: Akhir Pandemi Covid-19 di Depan Mata

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus: cyprus-mail.com

Sebanyak 90 persen populasi di dunia saat ini sudah memiliki kekebalan terhadap virus corona. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan, dunia semakin dekat menuju akhir fase darurat pandemi Covid-19.

Meski demikian, masyarakat perlu tetap waspada terhadap bahaya varian baru yang masih mengancam. WHO mengatakan, kemungkinan munculnya varian baru Covid-19 yang lebih mematikan bisa terjadi selama masih ada kesenjangan dalam strategi untuk mengatasi Covid-19. Simak informasi terbaru dari WHO di sini.

Kenali Tanda Gunung Akan Erupsi dan Apa yang Perlu Kamu Lakukan

Foto daun mengering yang berada di atas gunung / Shutterstock

Gunung Semeru yang ada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi dan mengeluarkan awan panas pada Minggu, 4 Desember 2022, sekitar pukul 02.46 WIB. Alhasil, gunung ini pun mengeluarkan Awan Panas Guguran (APG) yang meluncur sejauh tujuh kilometer ke arah tenggara dan selatan.

Dampaknya adalah pihak dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) memberikan pemberitahuan kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas apa pun di sektor tenggara Gunung Semeru sejauh 13 kilometer dari puncak.

Namun, sesungguhnya ada beberapa tanda dari gunung berapi yang akan erupsi atau meletus. Apa saja itu? Berikut OPPAL merangkumnya untuk kamu.

Begini Cara Kenali Modus Penipuan Kurir Palsu Lewat OTP Aplikasi

Penipuan
Ilustrasi kode OTP / Shutterstock

Semakin canggih teknologinya, maka semakin beragam juga cara orang untuk melakukan penipuan. Kira-kira begitu lah kata-kata yang bisa menggambarkan apa yang terjadi belakangan ini. Kejahatan berbasis teknologi atau kejahatan siber semakin beragam.

Baru-baru ini, ada modus penipuan kurir palsu yang berakhir dengan akun mobile banking (m-banking) yang dimiliki korban dibajak dan dibobol. Dilihat dari berbagai media sosial, ada berbagai macam modus yang digunakan oleh pelaku.

Simak cara mengenali modus penipuan terbaru kurir palsu di sini.

Pantau Aktivitas Gunung Berapi dari Situs Ini

Gunung Semeru Erupsi
Gunung Semeru Erupsi: Twitter @BNPB_Indonesia

Gunung Semeru kembali erupsi pada Minggu kemarin (4/12/2022). Setahun yang lalu, tepat di tanggal yang sama, 4 Desember 2021, gunung yang berada di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu juga sempat mengalami erupsi atau letusan vulkanik.

Erupsi di Semeru kali ini disertai dengan Awan Panas Guguran (APG) dan aktivitas gempa. Sebelumnya, pada Minggu kemarin (4/12), Gunung Semeru dilaporkan masih dalam status Siaga (level 3), sekitar pukul 06.00 WIB.

Status Gunung Semeru kemudian naik menjadi Awas (level 4), tepatnya pukul 18.00 WIB. Hari ini, Senin (5/12), Semeru Kembali erupsi sekitar pukul 00.00 – 06.00 WIB yang mengakibatkan gempa letusan dengan amplitudo 11-22 mm berdurasi 65-120 detik. Untuk mencari tahu perkembangan dari erupsi terbaru, berikut situs yang dapat menunjukkan aktivitas gunung berapi.

Sejarah dan Fakta Loji Gandrung yang Jadi Lokasi Ngunduh Mantu Kaesang-Erina

Loji Gandrung
Loji Gandrung: Solo City Travel

Loji Gandrung menjadi tempat acara ngunduh mantu dari putra bungsu Bapak Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Loji Gandrung ini juga merupakan rumah dinas Wali Kota Solo.

Loji Gandrung yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi, Penumping, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan digunakan sebagai titik awal kirab mempelai menuju Pura Mangkunegaran. Simak sejarah lebih lengkap mengenai Loji Gandrung di sini.

Itu dia rangkuman berita untuk beberapa informasi yang terjadi kemarin, 5 Desember 2022­. Semoga tak ada informasi yang kamu lewatkan, ya gengs. Have a nice day, gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post