Argentina Jadi Juara Hingga Kemeriahan Upacara Penutupan Piala Dunia 2022

Final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis ini disebut sebagai laga final yang terbaik.

261
0
Piala Dunia 2022

Selesai sudah gelaran Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar. Tim Nasional Argentina keluar sebagai juara event turnamen empat tahunan ini. Argentina berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Prancis lewat babak adu penalti, Minggu, 18 Desember 2022, di Stadion Lusail.

Argentina mampu unggul di babak pertama dengan skor 2-0. Dua gol dicetak oleh Lionel Messi pada menit 23 lewat titik putih dan Angel Di Maria di menit 36. Keunggulan Albiceleste mampu bertahan hingga babak pertama usai.

Sebenarnya, Argentina bisa saja mengunci gelar juara. Namun, Prancis akhirnya mampu menyamakkan kedudukan lewat dua gol kilat bintangnya Kylian Mbappe di 10 menit akhir pertandingan.

Babak kedua pun berakhir dengan skor imbang 2-2 dan melanjutkan permainan ke babak extra time. Di menit ke 108, Messi kembali membobol gawang Hugo Lloris dan membawa Argentina kembali unggul.

Tapi sayangnya, harapan Argentina untuk menyabet gelar juara kembali pupus setelah Gonzalo Montiel melakukan handball, dan Prancis pun mendapatkan hadiah penalti keduanya yang dieksekusi dengan sempurna oleh Mbappe di menit 118.

Banyak yang bilang, laga final Piala Dunia tahun ini menjadi final Piala Dunia terbaik yang pernah ada.

Sama-sama kuat, kedua tim akhirnya melanjutkan pertandingan ke babak adu penalti. Dalam babak penentuan ini, Les Blues harus mengakui keunggulan Argentina setelah kalah 2-4.

https://twitter.com/Amanullah6064/status/1604544477192163329

Akhirnya, Argentina berhasil menjuarai Piala Dunia ketiganya sejak 1978 dan 1986, sekaligus mengakhiri penantian panjang mereka selama 36 tahun. Bukan cuma itu, mega bintang Lionel Messi juga mempertegas status Greatest of All Time (GOAT) setelah berhasil meraih trofi World Cup tahun ini.

Well, setelah 1.003 pertandingan, 793 gol, 350 assist, 7 Ballon d’Or, 4 trofi Liga Champions, 10 gelar La Liga, 1 piala Copa America, dan 1 trofi Piala Dunia sepertinya sudah enggak perlu didebatkan lagi kalau Messi memang benar-benar pantas menyandang label GOAT.

Anyway, sebelum laga final berlangsung, upacara penutupan Piala Dunia 2022 pun dilakukan. Closing ceremony Piala Dunia 2022 mengangkat tema “A Night to Remember”. Dimeriahkan oleh penampilan beberapa musi dari berbagai negara, seperti Davido, Aisha, Ogun, Gims, Nora Fatehi, Balqees, Rahma Riad, dan Manal.

Musik yang dibawakan dalam upacara penutupan Piala Dunia 2022 ini juga merupakan gabungan dari soundtrack resmi Piala Dunia Qatar 2022 seperti Hayya Hayya Better Together, Arhbo, dan Light the Sky.

Upacara penutupan Piala Dunia tahun ini memang berjalan singkat, tapi enggak melunturkan animo tinggi para penggemar sepak bola dunia. Apalagi, acara itu dihiasi dengan duel sengit antara dua negara sepak bola papan atas, Argentina dan Prancis.

Dalam situs resminya, FIFA juga mencatat ada sekitar 88.000 penonton yang hadir meramaikan turnamen empat tahunan ini. Jumlah ini bisa dibilang cukup mengesankan, meski masih kalah jauh jika dibandingkan dengan laga Piala Dunia yang mempertemukan Uruguay dan Brasil pada tahun 1950, dengan jumlah penonton 200.000 orang. Wow!

Congratulations buat Argentina yang berhasil meraih juara Piala Dunia 2022 di Qatar. You guys rock! Untuk Prancis, tak perlu berkecil hati. Dengan banyaknya pemain muda bertalenta dalam skuad, kemungkinan mendapatkan piala di perhelatan berikutnya bukanlah hal yang tak mungkin. See you guys in 2026!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *