Asal Usul Nama Pink Moon, Diambil Dari Mekarnya Bunga Phlox

Bunga Phlox yang berwarna merah muda biasanya mekar di musim semi.

105
Pink Moon

Tepat hari ini, salah satu fenomena astronomi yang paling ditunggu akan terjadi, yaitu Pink Moon atau Bulan Purnama Merah Muda. Pink Moon ini akan mengalami puncaknya pada 6 April 2023.

Banyak orang yang masih belum tahu apa sebenarnya makna Pink Moon atau Bulan Purnama Merah Muda dan bagaimana bisa terjadinya.

Ilustrasi Pink Moon yang tertangkap kamera/Unsplash

Melihat dari berbagai macam sumber, fenomena bulan purnama, termasuk Pink Moon ini terjadi pada saat Matahari dan Bulan berada di sisi yang saling berlawanan. Dari sinilah Pink Moon akan muncul dan menampakkan keindahannya.

Kenapa Bisa Dinamakan Pink Moon?

Ilustrasi pink moon yang dilihat dari pantai/Unsplash

Meski Bulan ini dinamakan Pink Moon atau Bulan Purnama Muda, namun tak lantas ini menjelaskan warna Bulan saat fenomena ini terjadi. Yup, Bulan tidak akan literally berwarna merah muda.

Fenomena Pink Moon konon berasal dari mekarnya Bunga Phlox, sebuah tanaman berwarna merah muda yang umumnya tumbuh di Amerika Utara sekitar musim semi.

Seorang peneliti dari BRIN Bapak Andi Pangerang mengatakan bahwa asal usul nama Pink Moon ini adalah karena purnama pada April itu bertepatan dengan tumbuhnya bunga Phlox atau semacam Geranium berwarna merah jambu.

“Bunga ini (Phlox) hanya tumbuh di Benua Amerika, sehingga warna pink bukan merujuk pada purnama yang berwarna pink, melainkan fenomena musim yang mencirikan purnama tersebut. Setiap purnama memiliki namanya masing-masing disesuaikan dengan musim yang terjadi pada saat itu,” ucap Bapak Andi Pangerang, dikutip dari cnn.com pada Rabu (6/4).

Jadwal Pink Moon 6 April 2023

Ilustrasi pink moon yang tertangkap kamera/Unsplash

Pink Moon atau Bulan Purnama Merah Muda tahun ini akan terjadi di bagian timur AS pada tanggal 6 April pukul 12.34 waktu setempat dan di Indonesia diperkirakan akan terjadi pada pukul 11.34 WIB.

Waktu fase dari Bulan ini juga tergantung pada zona waktu di negara masing-masing. Di Paris, Bulan Purnama ini akan terjadi pada pukul 05.34 waktu setempat pada 6 April.

Baca juga: “Bakal Ada Full Pink Moon dan Hujan Meteor Bulan April Ini Lho, Gengs!

Di negara Australia, Pink Moon akan muncul pada pukul 02.34 siang waktu setempat pada tanggal 6 April dengan bulan terbit pada pukul 06.14 Waktu Standar Timur Australia.

Untuk wilayah Indonesia sendiri, Planetarium Jakarta memperkirakan bahwa puncak Pink Moon 2023 di Indonesia akan terjadi pada Kamis (6/4) pukul 11.34 WIB dengan Bulan terbit pada pukul 18.09 WIB dan Bulan terbenam pada 7 April 2023 pukul 06.35 WIB.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.