Breaking NEWS! WHO Cabut Status Darurat Kesehatan Covid-19

WHO menyatakan masyarakat dapat menjalankan aktivitas seperti sebelum pandemi Covid-19.

178

Kabar baik buat kita semua! Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO (World Health Organization) resmi mengakhiri status “darurat kesehatan global” untuk Covid-19 pada Jumat, 5 Mei 2023. Jadi, penyebaran Covid-19 kini bukan lagi berstatus pandemi.

“Dengan harapan besar, saya nyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” ucap Dirjen WHO, Dr. Tedros Adhanom Ghebreyesus dalam konferensi pers WHO, seperti dikutip dari The New York Times, Jumat (5/5).

Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus: shutterstock

Walaupun status darurat telah berakhir, WHO tetap mengingatkan bahwa pencabutan status darurat Covid-19 bukan berarti dunia bebas dari virus corona sepenuhnya. Covid-19 tetap bisa menginfeksi kapan saja, seperti halnya HIV yang tetap ada sampai saat ini.

WHO sudah menggelar rangkaian rapat sebelum memutuskan pernyataan yang ditunggu-tunggu itu.

“Komite kedaruratan WHO melakukan rapat untuk yang ke-15 kali, yang pada akhirnya merekomendasikan untuk menyatakan bahwa berakhirnya status kedaruratan kesehatan,” kata Tedros dalam pernyataan pers seperti dikutip CNN.

Ilustrasi lepas masker
Ilustrasi lepas masker/Shutterstock

WHO menyatakan, dalam beberapa bulan terakhir terjadi tren penurunan kasus penularan Covid-19 secara global. Hal ini juga membuat berbagai negara melonggarkan aturan terkait penanganan Covid-19.

Dasar itu pula yang membuat WHO menyatakan penanganan kedaruratan kesehatan Covid-19 secara global, resmi berakhir. Artinya, masyarakat dapat melakukan aktivitasnya seperti sedia kala.

Well, pencabutan secara resmi status Covid-19 sebagai “darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional” oleh WHO merupakan momen penting dalam berbagai aspek kehidupan manusia.

Seperti yang kita tahu, selama kurang lebih 3 tahun masyarakat di berbagai belahan dunia mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitasnya karena status darurat Covid-19.

Status Covid-19
Ilustrasi pandemi Covid-19/shutterstock

Pemimpin India’s Public Health Foundation, K. Srinath Reddy mengatakan, keputusan WHO mencabut keadaan darurat Covid-19 sudah tepat. Karena, tingkat kekebalan masyarakat global terhadap Covid-19 sudah cukup tinggi lewat vaksinasi, infeksi, atau keduanya.

“Covid-19 nggak lagi memiliki tingkat bahaya yang sama,” kata Reddy.

Reddy juga menambahkan, berakhirnya status darurat Covid-19 juga perlu diapresiasi sebagai momen pencapaian manusia dan ilmu pengetahuan.

Ia pun mengingatkan kalau pandemi Covid-19 bisa berakhir karena biologi evolusioner diikuti masyarakat dunia yang menerapkan vaksinasi, penggunaan masker, dan berbagai protokol kesehatan lainnya.

Yeay! Akhirnya kita bisa beraktivitas penuh tanpa rasa khawatir lagi, gengs! Tapi, kalian harus tetap untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, ya!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!