Bukan Mie Instant, Ini 5 Makanan Sahur Cepat Saji Buat Anak Kosan di Bulan Ramadan

Pilihan makanan ini lebih bergizi dan lebih lama menahan lapar loh.

327
0
Sahur

Bulan Suci Ramadan sebentar lagi tiba, sekitar tanggal 22 atau 23 Maret 2023 ini, buka puasa dan sahur menjadi aktivitas wajib bagi seluruh umat muslim di Indonesia termasuk anak kosan. Ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang tinggal di tanah rantau.

Ada beragam menu sahur simple yang bisa dinikmati oleh anak kosan di Bulan Ramadan, apalagi jika menu sahur ini kamu siapkan sendiri. Tak hanya melulu mie instant yang sangat identik dengan anak kosan.

Kamu juga bisa mengkreasikan berbagai bahan makanan menjadi menu enak saat jam sahur tiba. Selain itu, beragam menu yang akan kami berikan ini juga memiliki segudang manfaat dan kandungan gizi di dalamnya.

Penasaran? Yukk scroll ke bawah.

1. Sup Ayam

Ilustrasi foto sup ayam

Memasak sup untuk menu sahur menjadi solusi apabila kamu tidak memiliki banyak waktu memasak. Gunakan bumbu instan sup yang bisa kamu beli di warung dengan harga mulai dari Rp1.500 agar tidak memerlukan bawang tumbuk, cabai, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menambahkan sayur kol dan wortel untuk menambah cita rasa sup ayam. Tambahkan ceker agar sup ayam menjadi semakin lezat. Jika kamu tak sempat memasak nasi, kamu bisa membeli nasi sebelum kamu tidur di warung dekat kosan.

2. Tumis Kangkung (Cah Kangkung)

Ilustrasi cah kangkung

Tumis kangkung atau cah kangkung adalah hal yang mudah bagi anak kos karena bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak. Kamu bisa membeli kangkung di pasar, cabai merah, serta bumbu tumis kangkung. Kamu bisa juga membeli minuman seperti teh hangat dan nasi putih agar terasa lebih kenyang.

3. Nasi Abon atau Nasi Tempe Kering

Ilustrasi foto nasi abon

Kalau kamu tipe anak kos yang suka menyimpan makanan kering, abon menjadi pilihan lauk kering yang banyak diminati. Biasanya, abon dijual dalam bentuk toples atau plastik kecil. Kamu bisa membeli abon dipadukan dengan nasi hangat agar menjadi menu sahur afdol bagi anak kosan.

Selain abon, makanan kering berupa tempe juga bisa menjadi alternatif karena rasanya yang sangat enak dan mengenyangkan.

4. Oat dan Pisang

Ilustrasi oat dan pisang

Pilihan makanan yang satu ini bisa membuat kamu berenergi sepanjang hari, oat dan pisang contohnya. Oat bisa menjadi pilihan lain kalau kamu bosan dengan menu yang itu-itu saja. Kamu bisa menyajikannya dengan tambahan potongan buah pisang di atasnya dan susu putih agar sahurmu lebih bergizi dan kuat sepanjang hari.

5. Nasi dan Ikan Sarden

Ilustrasi nasi sarden

Sarden merupakan makanan cepat saji yang bisa kamu nikmati bersama nasi hangat untuk menu sahur. Masak sarden dan tambahkan potongan bawang putih dan tomat untuk menambah cita rasa sarden kamu.

Baca juga: “Apa Itu Intermittent Fasting? Pola Diet Puasa yang Sedang Tren

Kamu juga bisa menambahkan saus tiram untuk memperkaya rasa ikan sarden serta santap lah dengan nasi panas. Dijamin sahur kamu akan berwarna dan kenyang sepanjang sehari.

Banyak makanan lain kan yang bisa dicobain, bukan cuma masak mie instant loh.

Itu lah beberapa tips sahur untuk anak kosan. Selamat menyambut Bulan Ramadan Oppal Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *