Cantik Banget! Danau Archipelago di TMII Tampilkan Peta Indonesia Berwarna-Warni

TMII kini mengusung konsep green tourism yang lebih ramah lingkungan.

100

Pada akhir tahun 2022 lalu, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali dibuka untuk masyarakat umum setelah direvitalisasi kurang lebih selama 10 bulan. Kini, salah satu destinasi wisata favorit masyarakat tersebut telah tampil dengan wajah baru yang mengusung konsep Green Tourism.

Green Tourism sendiri memiliki fokus pada pertimbangan kapasitas, edukasi, pelestarian sumber daya lingkungan, pembangunan daerah, dan juga kegiatan khas daerah. Ada empat dimensi utama yang diusung di sini, yakni berbasis alam, didukung oleh konservasi, keberlanjutan dan pendidikan lingkungan.

Karena itu, selain lebih bersih dan juga tertata, wajah baru TMII juga berkonsep ramah lingkungan, terdiri dari 70 persen kawasan hijau dan juga area terbuka, serta 30 persen bangunan.

Wajah baru yang menghadirkan berbagai desain lebih modern dan fokus pada kemudahan akses bagi pengunjung ini juga dijamin bakal bikin kamu betah berwisata di sana, gengs.

Salah satu wahana yang direvitalisasi menjadi lebih modern dan juga cantik yakni Danau Archipelago. Menggandeng PT Brantas Abipraya (Persero), Danau Archipelago kini berubah menjadi sebuah danau yang menampilkan lanskap pulau-pulau di Indonesia yang lebih memanjakan mata.

Mereka melakukan instalasi LED Srip RGBW (Red, Green, Blue, White) terpanjang yakni 5.803 meter di proyek tersebut. Hasilnya, lanskap pulau Indonesia menjadi lebih hidup, cantik dan menarik ketika di malam hari karena lampu di sekelilingnya yang menyala.

Enggak cuma itu, warna lampu LED di setiap pinggir pulau juga menampilkan warna merah dan putih sesuai dengan warna bendera Indonesia.So beautiful!

“Ya, danau yang merupakan miniatur kepulauan Indonesia yang telah Abipraya revitalisasi ini selain kami berikan kontur pada bentuk kepulauannya, Abipraya juga menambahkan lampu-lampu untuk mempercantik tampilannya saat malam hari,” ucap General Manager Divisi Operasi I Brantas Abipraya, Bapak Arviga Bigwanto, dilansir dari situs resmi Brantas Abipraya.

FYI, karena inovasinya ini, PT Brantas Abipraya berhasil mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), lho keren banget ya, gengs!

Selain mempercantik tampilan dengan lampu LED, pihak Brantas Abipraya juga memberikan tampilan danau yang lebih asri sesuai dengan konsep Green Tourism TMII. Mereka menanam berbagai rumput dan tanaman sehingga daerah danau menjadi lebih rindang dan enggak gersang seperti dulu.

Daerah ini juga dilengkapi dengan pedestrian yang aman dan nyaman, sehingga bisa banget kamu pakai untuk berolahraga atau mengelilingi danau.

Selain Danau Archipelago, PT Brantas Abipraya juga merevitalisasi tiga danau TMII lainnya, seperti Danau Air Tawar, Desa Wisata, serta Danau Keprajuritan.

Anyway, selain wahana Danau Archipelago, ada juga wahana Keong Emas yang juga dihiasi lampu di sekelilingnya sehingga menambahkan kesan lebih hidup dan mewah. Lengkap dengan tampilan taman yang juga tertata dan menarik di depannya.

Dengan beberapa tampilannya yang lebih menarik dan baru, Taman Mini Indonesia Indah wajib banget kita kunjungi nih, Oppal gengs! Buat kamu yang pengin berkunjung, tiket masuk TMII dibanderol dengan harga Rp25.000,- perorang dengan kuota pengunjung yaitu 5.000 tiket per hari.

Selain pembelian secara langsung atau offline tiket, kamu juga pesan online melalui website tamanmini.com. Oh ya, Kamu bisa berkunjung ke Taman Mini mulai pukul 06.00–20.00 WIB, sementara wahana Taman Mini akan dibuka pada pukul 08.00–17.00 WIB. Cus, long weekend minggu ini main ke TMII, yuk!

via GIPHY