Catat! Ini Jadwal One Way dan Contraflow Mudik Lebaran 2023

Pastiin kamu mudik sesuai jadwal contraflow biar cepet sampai dan gak kejebak macet.

213
Mudik

Korps Lalu-Lintas Polri sudah selesai merumuskan rekayasa lalu lintas untuk antisipasi kepadatan arus mudik Lebaran 2023 di sejumlah ruas tol tertentu. Direktur Penegakkan Hukum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas ini berupa one way, contraflow, sampai dengan buka tutup jalur.

“Tahun ini kami akan melakukan penambahan kapasitas jalan berupa contraflow, one way, alih arus, dan buka tutup,” ucap Brigjen Aan Suhanan dikutip dari kompas.com, Senin (3/4).

Contraflow ini akan dilakukan secara situasional untuk mengantisipasi adanya tumpukan kendaraan di sekitar rest area dan terjadinya gangguan pada jalan tertentu.

Brighen Aan Suhanan juga menyebutkan bahwa contraflow ini sudah dibuat jadwalnya bersama dengan Kementerian Perhubungan, PT Jasamarga, dan pemangku kepentingan yang ada.

Lebih jauh, beliau juga menjelaskan nantinya sistem contraflow akan dilakukan mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan KM 72 Tol Cipali. Ada juga kemungkinan di jalur tersebut tidak dilakukan one way.

“Artinya kemungkinan besar hitung-hitungan pengelola jalan tol ini tidak akan melakukan one way di Jakarta-Cikampek. Tapi akan melakukan contraflow tiga lajur. Tetap kita harus menambah kapasitas jalan dengan contraflow,” tambah Brigjen Aan Suhanan dikutip dari laman yang sama.

Ilustrasi Gerbang Tol Kalikangkung/Shutterstock

Sementara untuk aturan one way nanti diperkirakan akan diterapkan di KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung. Hal tersebut akan dilakukan jika Tol Jakarta Cikampek dilakukan contraflow.

Terkait sistem buka tutup, nantinya akan diberlakukan di sejumlah jalan arteri. Contraflow di sejumlah jalur arteri akan dilakukan untuk menghindari kemacetan.

“Kita juga akan buka tutup, alih arus di beberapa arteri untuk menghindari kemacetan di arteri. Baik Pantura, jalur Selatan, dan jalur tengah,” tutup Brigjen Aan Suhanan.

Jadwal Rekaya Lalu Lintas Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi arah jalan one way/Shutterstock

Contraflow

Diberlakukan di KM 47 Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 72 Tol Cipali (18-21 April 2023 periode arus mudik Lebaran 2023)

Dilakukan di KM 72 sampai KM 47 pada periode arus balik Lebaran 2023 (25 April 2023 sampai 2 Mei 2023).

One Way

via GIPHY

Akan dilakukan di KM 72 Tol Cipali sampai KM 414 GT Kalikangkung (18-21 April 2023)

Akan dilakukan di KM 422 sampai KM 442 Tol Semarang-Bawean (18-21 April 2023)

Dilakukan di KM 72 Tol Cipali pada 24-26 April 2023

Diberlakukan pada KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 72 Tol Cipali pada 31 April 2023 dan 1-2 Mei 2023.

Pengalihan arus dan buka tutup

Jika arus lalu lintas padat, akan dilakukan di Tol Cisumdawu berupa penutupan dan pengalihan arus di GT Cimalaka exit Tol Sumedang. Namun, ini situasional.

Kalau exit Tol Sumedang masih padat, akan dialihkan ke exit Tol Pamulihan. Hal ini juga berlaku situasional.

Baca juga: “Selain Kondisi Mobil, Ini Hal Lain yang Jangan Sampe Kelupaan Dicek Sebelum Mudik

Nah, itu dia Gengs aturan yang perlu kamu ketahui seputar contraflow dan one way yang akan berlaku pada mudik lebaran 2023 nanti. Tetap jaga kesehatan ya Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.