Dito Ariotedjo di Usia 32 Tahun Jadi Menteri, Mewakili Gen Z di Kabinet Presiden Jokowi

Ia aktif dalam sejumlah organisasi kepemudaan sejak masih di kampus.

194
Menpora Dito Ariotedjo

Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo melantik pengganti Bapak Zainuddin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dengan Dito Ariotedjo.

Pemuda yang memiliki nama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini sebelumnya dikenal sebagai salah satu anggota tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sejak April 2022 tahun lalu.

Dalam pelantikan di Istana Negara, Mas Dito memastikan dirinya adalah representasi generasi milenial dan Gen Z.

“Dengan usia saya ini, 32 tahun, saya jadi menteri termuda. Saya bisa dibilang mewakili generasi milenial dan juga Gen Z karena berada di tengah-tengah” ucap Mas Dito usai pelantikan, Rabu (03/04).

Dito Ariotedjo juga merupakan salah seorang politisi muda Partai Golkar yang sudah bergabung sejak tahun 2016.

Profil Lengkap Dito Ariotedjo

Dilihat dari berbagai sumber, Dito Ariotedjo lahir di Jakarta, 25 September 1990 alias baru berusia 32 tahun.

Adapun Mas Dito merupakan anak dari pasangan Bapak Arie Prabowo Ariotedjo yang merupakan Direktur Utama PT Aneka Tambang (Antam) tahun 2017 -2019 dan ibu Arti Laksmigati Ariotedjo.

Untuk masalah pendidikan, Mas Dito pernah berkuliah di Universitas Indonesia Fakultas Hukum. Semasa kuliah, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Kajian Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UI.

Selain itu, beliau juga aktif mengikuti organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Mas Dito menghabiskan masa mudanya aktif di berbagai macam organisasi pengusaha dan olahraga.

Terbaru, bersama dengan Raffi Ahmad dan Rudy Salim, Mas Dito disebut sebagai salah satu pendiri dari RANS Sport. Posisi Mas Dito pun di RANS Sport cukup mentereng, ia menjabat sebagai Chairman Nusantara FC.

Organisasi Dito Ariotedjo

Mas Dito Ariotedjo memang dikenal sebagai sosok yang aktif berorganisasi sejak kuliah sampai saat ini. Semasa kuliah, Mas Dito pernah menjadi Bendahara Umum Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Tak hanya aktif di organisasi kampus, di luar kampus Mas Dito juga aktif sebagai Sekretaris Jenderal GPMP (Gerakan Pelajar dan Mahasiswa Pembaharuan).

Di bidang olahraga, Mas Dito aktif sebagai Ketua Umum Pengurus ISSI (Ikatan Sport Sepeda Indonesia) Provinsi DKI Jakarta.

Pada tahun 2017 sampai dengan 2022 Mas Dito sempat menjabat sebagai Ketua Umum pada salah satu organisasi AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia).

Berkat kemahirannya dalam berorganisasi, akhirnya Mas Dito ditunjuk dan dipercaya menjadi Ketua DPP Partai Golongan Karya Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Hal ini juga menjadikannya sebagai Ketua Bidang termuda sepanjang sejarah Partai Golkar. Bahkan, saat ini Mas Dito dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala Lembaga Inovasi dan Kreativitas DPP Partai Golkar.

Saat ini, Mas Dito menjabat sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya. Selan itu ia juga terlibat sebagai Ketua PPK Kosgoro 1957 dan Anggota Dewan Penasehat PP Perbasi.

Pada akhir tahun 2021 kemarin, Mas Dito bersama Raffi Ahmad dan Rudy Salim bekerja sama untuk membentuk dan membesarkan Rans Sport. Dan kini Mas Dito menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC.

Wahh, semoga Mas Dito bisa memberikan yang terbaik ketika terpilih menjadi Menpora nanti ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.