FYI! Indonesia Urutan ke-84 Negara Bahagia di Dunia

Peringkat ini dibuat berdasarkan evaluasi rata-rata hidup masyarakat di negara tersebut.

102

Pada tanggal 20 Maret kemarin, dunia baru saja memperingati Hari Kebahagiaan Internasional yang diperingati setiap tahunnya. International Happiness Day ini mulai diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 2013 untuk menyoroti pentingnya kebahagiaan dalam kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Pada momen Hari Kebahagiaan Internasional ini juga menjadi ekspresi bagi masyarakat dunia yang semakin menyadari pentingnya arti dan makna dari kebahagiaan. Terlebih beberapa tahun terakhir dunia sedang dilanda beberapa konflik yang berat, seperti pandemi Covid-19 hingga perubahan iklim.

Nah selain diperingati sebagai hari penting, setiap tanggal 20 Maret PBB juga merilis Laporan Kebahagiaan Dunia atau pengukuran tingkat kebahagiaan dari setiap negara.

via GIPHY

Kira-kira Indonesia berada dalam urutan berapa ya gengs? Berdasarkan World Happiness Report yang dikeluarkan oleh Sustainable Development Solutions Network untuk PBB tahun 2023, Indonesia berada di urutan ke-84 dari 109 negara terkait kebahagiaan dengan skor 5,277.

Skor tersebut sama dengan Albania yang berada di urutan ke-83. Sementara di urutan ke-85 dan 86 terdapat Afrika Selatan dan Kongo.

Sedangkan Finlandia berada di posisi teratas dengan memiliki skor kebahagiaan yakni 7,804. Menariknya gengs, Finlandia menjadi negara paling bahagia selama enam tahun berturut-turut sejak tahun 2018. Posisi Finlandia disusul oleh Denmark dan Islandia di posisi ke-2 dan ke-3. Lalu disusul oleh Israel, Belanda, Swedia, Norwegia, Swiss, Luksemburg, dan Selandia Baru

Finlandia jadi negara paling bahagia di dunia/Via: Shutterstock

Nah gengs laporan negara paling bahagia tersebut, mengukur tentang kebahagiaan dan kesejahteraan warga, kebijakan publik, dan tindakan bisnis di masing-masing negara. Penilaian ini juga berlandaskan dari dukungan sosial, pendapatan, kesehatan, kebebasan, kemurahan hati, dan tidak adanya korupsi di negara tersebut.

Peringkat kebahagiaan ini dibuat berdasarkan evaluasi rata-rata hidup masyarakat di masing-masing negara selama tiga tahun sebelumnya atau sepanjang tahun 2020 – 2022.

Menarik ya gengs! Dengan adanya Hari Bahagia Internasional ini, semoga kita semua dapat lebih memperhatikan kebahagiaan pada diri masing-masing ya!