Instagram Rilis Fitur Trending Sampai Tools Edit Video untuk Reels

Fitur-fitur terbaru ini akan mempermudah para kreator untuk membuat konten Reels.

113
Fitur Instagram Reels

Instagram resmi meluncurkan beberapa fitur baru khusus untuk kreator Reels. Fitur-fitur tersebut antara lain trending untuk audio dan hashtag, tools edit video lebih lengkap, metrik baru untuk Insight Reels, dan fitur gift yang diperluas ke banyak negara.

Fitur-fitur baru Instagram Reels ini diumumkan langsung melalui laman Meta Newsroom, pada Jumat (14/4). Seperti apa fungsi dari fitur-fitur tersebut, ya?

1. Fitur audio dan hashtag trending

Fitur Instagram Reels
Fitur Instagram Reels/Meta

Fitur Reels Trends sekarang diluncurkan khusus untuk pengguna dengan akun bisnis. Untuk menemukan fitur ini, kamu bisa langsung ke menu Professional Dashboard di profile. Kemudian, klik opsi “Check today’s Reels Trends”.

Nah, di halaman Reels Trends, kamu bisa menemukan audio dan hashtag yang sedang tren alias ramai dibicarakan oleh pengguna lainnya. Kamu akan melihat deretan judul lagu yang lengkap dengan informasi penyanyi, serta jumlah Reels yang menggunakan lagu tersebut.

Saat kamu mengklik satu lagu, kamu bisa memutar, menyimpan, serta membagikan musik tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat konten Reels pengguna lain yang menggunakan lagu itu.

Para kreator juga bisa melihat tagar yang banyak digunakan oleh pengguna. Semisal hashtag #Coachella yang trending lebih dulu sebelum festival musik tahunan di California.

Fitur ini bisa menjadi inspirasi untuk para kreator ketika ingin membuat Reels baru. Secara teori, menggunakan audio dan hashtag yang lagi tren akan lebih berpotensi membuat unggahan Reels pengguna dalam menjangkau banyak audiens.

2. Tools edit video yang lebih lengkap

Fitur Instagram Reels
Fitur edit video di Instagram Reels/highxtar.com

Meta telah menyempurnakan tools untuk mengedit video Reels di Instagram. Sekarang, para kreator juga bakal bisa melihat opsi “edit” saat akan mengunggah Reels. Saat diklik, pengguna akan dibawa ke jendela pengeditan baru yang mirip seperti aplikasi edit video pihak ketiga.

3. Metrik baru di Reels Insight

Fitur Instagram Reels
Fitur metrik di Instagram Reels/sea.mashable.com

Di Reels Insight, kamu bisa mendapatkan informasi mengenai performa Reels dalam beberapa metrik, seperti jumlah orang yang melihat Reels, yang menyukai atau menyimpan, dan lainnya.

Kini, Meta juga menambah metrik baru di Reels Insight, yaitu total waktu menonton (total watch time) dan rata-rata waktu menonton (average watch time).

Nah, dengan metrik baru ini, kamu bisa melihat total waktu pemutaran Reels, termasuk waktu yang dihabiskan untuk memutar ulang Reel tersebut.

Waktu tonton rata-rata menangkap jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan untuk memainkan Reels-mu, dihitung dengan membagi waktu tonton dengan jumlah total pemutaran.

Contohnya, bila rata-rata waktu menonton kamu adalah 17 detik, artinya dari semua orang yang menonton Reel kamu, rata-rata mereka menonton 17 detik pertama Reels kamu. Meta juga memberikan notifikasi jika ada followers baru yang mengikuti kreator lewat video Reels.

4. Fitur gift yang lebih banyak di berbagai negara

Fitur Instagram Reels
Fitur gift di Instagram Reels/Meta

Meta juga merilis fitur gift ke lebih banyak negara seperti Australia, Kanada, Prancis, Meksiko, Selandia Baru, dan Inggris Raya, dalam beberapa minggu mendatang. Fitur ini memungkinkan penggemar menyawer kreator favoritnya dengan mengirimkan stiker berbayar.

Kreator juga bisa memberikan tanda hati sebagai indikasi bahwa kreator telah melihat dan mengenali hadiah mereka.

Bagaimana menurut kamu soal fitur baru di Instagram Reels ini, gengs? Bikin konten Reels jadi lebih seru enggak, sih?!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!