Kenalan dengan 11 Pemain Timnas U-20 Kebanggaan Indonesia

Meski belum bisa bermain di Piala Dunia U-20 2023, kita simak dulu profil Timnas Indonesia U-20.

153
Timnas U-20

Meski gagal main di Piala Dunia U-20 tahun ini, mimpi punggawa muda Timnas U-20 Indonesia tak bisa dibendung untuk terus memberikan yang terbaik bagi negeri tercinta. Kita harus memberikan semangat kepada mereka agar tetap menegakkan kepala di tengah kesedihan mereka.

Terbaru, Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo mengatakan kita semua jangan terlarut dalam kesedihan ini.

“Saya tahu semua masyarakat kecewa dan saya pun merasakan hal yang sama, kecewa dan sedih. Tapi, jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu dengan yang lain. Sebagai bangsa yang besar, kita harus melihat ke depan, jangan ke belakang. Jadikan ini pembelajaran untuk sepak bola kita,” ucap Bapak Jokowi dalam keterangan persnya, Kamis, 30 Maret 2023.

Masih banyak event lain yang bisa diikuti sembari membenahi sepak bola dalam negeri agar lebih berkelas lagi ke depannya. Terlihat sulit memang, tapi jangan berputus asa. Harapan akan selalu ada meski kecil.

Nah, untuk kembali me-refresh ingatan kita siapa saja pemain Timnas U-20 kebanggaan Indonesia, Oppal sudah merekapnya khusus untuk para pencinta sepak bola dalam negeri. Siapa saja mereka? Bagaimana profilnya? Berikut ini profil 11 pemain Timnas U-20 Indonesia. Keep scrolling, gengs.

Arkhan Fikri – Arema FC

Arkhan Fikri merupakan gelandang Timnas U-20 Indonesia yang berasal dari klub Arema FC. Ia memulai kariernya di Akademi Kwarta Medan pada tahun 2017. Usai menggali ilmu di sana, Arkhan kemudian masuk ke tim Barito Putera U-16.

Arkhan membela Baritu Putera U-16 sampai berhasil menemubus U-18 pada tahun 2020. Dari sinilah bakat Arkhan Fikri tercium oleh pejabat di PSSI. Saat ini, Arkhan Fikri menjadi gelandang andalan Shin Tae-yong dan digadang akan menjadi sosok pengganti Evan Dimas.

Rabbani Tasnim Siddiq – Borneo FC

Nama Rabbani Tasnim Siddiq juga hangat menjadi perbincangan orang banyak. Penyerang muda andalan Shin Tae-yong ini berasal dari klub Borneo FC. Rabbani Taslim lahir di Bekasi pada 26 Mei 2003.

Rabbani Tasnim merupakan jebolan dari Liga Kompas Gramedia U-14. Pada tahun 2018, Rabbani bermain dengan sangat apik dan didapuk menjadi punggawa Indonesia di Gothia Cup 2018 Swedia. Berkat permainan apiknya, Rabbani diajak mengikuti training centre bersama Timnas Indonesia di Turki.

Ronaldo Kwateh – Madura United

Nama Ronaldo Kwateh memang sudah tidak asing lagi bagi pencinta sepak bola Indonesia. Kwateh memiliki karier yang cukup cemerlang di Timnas Indonesia hingga pernah dipasang dan bermain di Timnas Senior pada tahun 2022 lalu.

Ronaldo Kwateh saat ini bermain bersama klub Madura United. Ronaldo Kwateh besar di Sekolah Sepak Bola (SSB). Pada tahun 2019-2020, Kwateh membela Persib Bandung U-16. Setahun berselang tepatnya di tahun 2021, Ronaldo Kwateh dilirik dan bergabung bersama Madura United.

Saat ini, banyak rumor yang beredar bahwa Kwateh akan terbang ke Turki untuk bermain di liga negeri tersebut.

Marselino Ferdinan – Persebaya Surabaya

Marselino Ferdinan merupakan pemain muda andalan Indonesia yang lahir pada 9 September 2004. Pemain tengah ini memiliki beberapa catatan ciamik saat bermain dengan Timnas Indonesia.

Marselino kini membela Persebaya Surabaya dan menempati posisi gelandang. Pada tahun 2021 kemarin, Marselino masuk ke daftar 60 pemain muda dengan talenta terbaik di dunia versi The Guardian. Keren banget Marselino Ferdinan!

Ferdiansyah – Persib Bandung

Ferdianyah merupakan pemain muda andalan dari Persib Bandung yang berhasil memikat hari Shin Tae-yong. Ferdi sapaan akrabnya sudah menyukai dunia sepak bola sejak ia masih usia dini. Karir Ferdi dimulai ketika ia bergabung bersama Akademi Persib Bandung.

Lalu, pada tahun 2020 ia berhasil bergabung bersama Garuda Select dan berhasil mengoleksi dua gol dalam 14 kali penampilan. Kini, Ferdiansyah disebut sebagai Wonderkid baru Persib Bandung dan berkesempatan bermain dengan Persib Bandung senior.

Robi Darwis – Persib Bandung

Robi Darwis adalah pemain muda didikan Persib Bandung. Ia lahir di Cianjur pada 2 Agustus 2003. Robi Darwis mengisi posisi gelandang bertahan Timnas U-20. Robi Darwis merupakan lulusan akademi Persib Cimahi.

Robi Darwis sempat tampil bersama Persib Bandung di Piala Presiden 2022 dan Liga 1 musim 2022/2023. Saat ini, Robi Darwis juga menjadi andalan Shin Tae-yong untuk mengisi posisi gelandang bertahan dan menjaga sisi dalam Timnas U-20.

Achmad Maulana Syarif – Persija Jakarta

Nama Wonderkid Persija Jakarta Achmad Maulana Syarif tidak bisa dilepaskan dari Timnas U-20 Indonesia. Maulana Syarif lahir pada tanggal 24 April 2003, ia memiliki posisi gelandang serang di Persija Jakarta.

Ahmad Maulana besar di klub Persija Jakarta. Bersama dengan Timnas Indonesia U-19, ia sudah memenangi beberapa laga kontra Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam.

Cahya Supriadi – Persija Jakarta

Cahya Supriadi merupakan kiper andalan dari Timnas U-20 Indonesia. Ada satu fakta menarik tentang Cahya, ia baru memulai karier sepak bola profesionalnya di tahun 2018. Meski tergolong baru, Cahya Supriadi membuktikan bahwa ia bukan pemain yang biasa.

Cahya memulai kariernya bergabung dengan Persija Jakarta U-16. Lalu ia pun naik kelas ke Persija U-18. Karena kualitasnya yang sangat baik, ia pun dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk membela Timnas U-20.

Muhammad Ferarri – Persija Jakarta

Muhammad Ferarri adalah pemain Timnas U-20 yang lahir di Jakarta pada 21 Juni 2003. Ia kini bermain sebagai bek yang menjadi andalan Persija Jakarta. Ferarri bergabung bersama Persija Jakarta Junior pada 2019, ia lebih dulu memperkuat Persija Jakarta U-19.

Ia juga menjadi salah satu pemain yang cepat naik kelas, pada tahun 2021 Ferarri sudah membela Persija senior setelah bergabung dengan Persija U-19. Debut Ferarri bersama Persija senior dimulai di BRI Liga 1 musim 2021/2023.

Hugo Samir – Persis Solo

Hugo Samir adalah pemain Timnas Indonesia U-20 yang memiliki keturunan Brasil. Ia menjadi salah satu dari 7 pemain Timnas Indonesia U-20 yang memiliki darah campuran. Hugo memiliki posisi penyerang sayap kanan.

Pada usia 11 tahun, Hugo Samir sudah berprestasi di bidang sepak bola. Ia mampu menjadi top skor Karlos Cup pada tahun 2016. Saat itu, ia mencetak 11 gol dari 7 penampilannya. Saat ini, Hugo Samir menjadi salah satu pemain andalan di Persis Solo.

Hokky Caraka – PSS Sleman

Hokky Caraka merupakan striker andalan dari Timnas Indonesia U-20. Fakta menarik Hokky adalah ia sempat menjadi bek sebelum menjadi striker. Ketika masih di level junior atau SSB, Ia kerap dipasang menjadi bek tengah atau bek sayap.

Hokky Caraka juga merupakan pesepak bola yang mengidolakan Kun Aguero. Hokky juga dikenal sebagai salah seorang pemain yang bisa mengambil keputusan penting demi perkembangan kariernya.

Baca juga: “Terima Kasih Timnas Indonesia Sudah Menembus Babak Semifinal Piala AFF 2022

Nah, itu dia 11 pemain Timnas U-20 Indonesia yang memiliki potensi cukup baik dan bisa menjadi pemain bintang ke depannya. Semangat untuk semua pemain Timnas U-20 Indonesia!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.