Mau Liburan Seru ke Pulau Seribu Tanpa Travel? Cek Tipsnya di Sini, Yuk!

Mulai dari pilihan pelabuhan sampai tarif menuju masing-masing pulau, semua ada di sini.

414
Pulau Seribu

Pulau Seribu adalah pulau yang memiliki beragam keindahan tersembunyi dan berada dekat dengan Jakarta. Sesuai dengan namanya, wilayah kepulauan ini merupakan daerah gugusan pulau-pulau yang ada di dekat Teluk Jakarta.

Masing-masing dari pulau-pulau ini memiliki keindahan yang berbeda-beda. Nah, buat kamu yang ingin pergi ke Pulau Seribu tapi tidak menggunakan bantuan jasa travel, kamu bisa mengikuti tips dari OPPAL yang satu ini.

Kepulauan Seribu merupakan kawasan wisata Bahari DKI Jakarta. Saat ini, kurang lebih 14 pulau telah dikembangkan sebagai pulau wisata dengan sistem pengelolaan tourist resort.

Menuju Pulau Seribu Tanpa Travel

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu menuju Pulau Seribu tanpa jasa travel.

Pilih Tujuan Pulau

Kepulauan Seribu adalah gugusan pulau yang bisa dijadikan destinasi wisata seperti Pulau Harapan, Pulau Pramuka, Pulau Pari, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, dan masih banyak lagi. Sebelum kamu ke Pulau Seribu, kamu harus menentukan pilihan mau ke mana ya, karena jarak dari masing-masing pulau ini berbeda.

Menuju Pelabuhan

Ketika kamu akan menuju ke Pulau Seribu, kamu harus menggunakan kapal untuk menyebrang dari Jakarta menuju pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pelabuhan untuk menuju Pulau Seribu ada dua, yang pertama adalah Kali Adem dan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol.

Namun, untuk kamu yang ingin menggunakan transportasi kapal murah, kamu bisa berangkat dari Pelabuhan Kali Adem. Tarif dari Kali Adem adalah:

Pelabuhan Muara Angke – Pulau Harapan: Rp85.000 dengan waktu tempuh 3 jam

Pelabuhan Muara Angke – Pulau Kelapa: Rp85.000 waktu tempuh 3 jam

Pelabuhan Muara Angke – Pulau Pramuka: Rp75.000 waktu tempuh 2,5 jam

Pelabuhan Muara Angke – Pulau Tidung: Rp75.000 waktu tempuh 2,5 jam

Pelabuhan Muara Angke – Pulau Pari: Rp65.000 waktu tempuh 2 jam

Tarif Kapal dari Marina Ancol

Pulau Harapan: Rp250.000 waktu tempuh 1,5 jam

Pulau Pramuka: Rp175.000 waktu tempuh 1 jam

Pulau Tidung: Rp175.000 waktu tempuh 1 jam

Pulau Pari: Rp175.000 waktu tempuh 1 jam

Pulau Untung Jawa: Rp120.000 waktu tempuh 1 jam

Pulau Bidadari: Rp125.000 waktu tempuh 1 jam

Pulau Putri: Rp275.000 waktu tempuh 2 jam

Pulau Pelangi: Rp375.000 waktu tempuh 2 jam.

Nah, itu dia cara bagaimana kamu bisa sampai ke Pulau Seribu tanpa menggunakan travel. Gampang banget, kan? Yuk, kita berjemur di pantai!

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.