Pukul 14.30 WIB, Pemerintah Resmi Naikkan Harga BBM, Pahami Cara Berkendara Irit Bahan Bakar

348
0

Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo resmi mengumumkan kenaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi hari ini, Sabtu (3/9/2022). Beliau mengungkapkan bahwa semestinya uang negara itu diprioritaskan untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Mestinya uang negara itu diprioritaskan untuk subsidi masyarakat yang kurang mampu. Dan pemerinyah saat ini harus buat keputusan dalam situasi sulit,” kata Bapak Jokowi dikutip dari keterangan Biro, Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9).

Selain itu, Bapak Presiden juga mengungkapkan bahwa ini adalah pilihan terakhir pemerintah untuk menaikkan harga BBM. “Ini adalah pilihan terakhir pemerintah yaitu mengalihkan subsidi BBM, sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini mengalami subsidi akan mengalami penyesuaian,” tambah Bapak Presiden Jokowi.

Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bapak Arifin Tasrif merinci harga BBM yang naik, diantaranya:

  1. Pertalite dari Rp 7.650,- menjadi Rp 10.000,-
  2. Solar subsidi dari Rp 5.150,- menjadi Rp 6.800,-
  3. Pertamax non subsidi dari Rp 12.500,- menjadi Rp 14.500,-

Keputusan ini berlaku mulai 1 jam saat diumumkan penyesuaian harga hari ini, yakni mulai pukul 14.30 WIB.

Sementara itu, untuk Oppal Gengs sekalian menanggapi kenaikan BBM ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah berkendara yang baik untuk menirit penggunaan bahan bakar. Bagaiman caranya? Kami akan mengulasnya untuk Anda.

1. Penggunaan Bahan Bakar yang Tepat

Hampir seluruh mobil keluaran baru di beberapa tahun terakhir sudah menggunakan teknologi terbaru bernama injeksi. Untuk menghindari boros pada mobil injeksi, sebaiknya gunakan bahan bakar dengan RON minimal 90 (Pertalite) atau 92 (Pertamax). Bahkan, tidak sedikit mobil injeksi yang dianjurkan memakai RON 95. Pemilihan bahan bakar yang tepat juga bisa membuat irit konsumsi bahan bakar pada kendaraanmu.

2. Jaga Kecepatan Kendaraan Secara Konstan

Menjaga kecepatan saat berkendara ternyata bisa membuat konsumsi bahan bakar pada kendaraan menjadi lebih irit. Oleh karenanya, hindari berkendara dengan menginjak pedal gas terlalu agresif. Kebiasaan menekan pedal rem secara mendadak dan berkendara dengan kecepatan tinggi juga bisa membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

3. Periksa Ban Sebelum Berkendara

Tekanan angin pada ban juga mempengaruhi konsumsi BBM saat berkendara. Kondisi ban yang terlalu rendah bisa membuat boros bahan bakar kendaraanmu, dan hal ini mungkin dilewatkan oleh beberapa orang. Jadi, ada baiknya sebelum berkendara periksalah dahulu kondisi ban kendaraanmu.

4. Rawat Kendaraan Secara Rutin

Merawat kendaraan secara rutin merupakan salah satu langkah terbaik untuk menghemat konsumsi bahan bakar kendaraan. Lakukan pengecekan secara berkala sesuai dengan instruksi yang ada pada buku panduan. Pastikan tidak ada kotoran berarti di bagian mesin dan endapan yang bisa menghambat kinerja mesin.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *