Sejarah Daerah Cikarang: Dulunya Lahan Kosong, Kini Jadi Kota Industri Terbesar se-Asia Tenggara

Kini, Cikarang bahkan punya banyak permukiman warga, lho!

103
Cikarang

Wilayah Cikarang akhir-akhir ini menjadi perbincangan banyak orang. Tak aneh memang, karena kota industri tersebut kini sudah berkembang jauh dibandingkan satu dekade lalu. Tak hanya diramaikan dengan deretan pabrik di sana-sini, berbagai perumahan juga dibangun di wilayah tersebut.

Sejarah Cikarang memang menarik untuk ditelusuri, terutama karena saat ini Cikarang telah menjadi kota industri terbesar di Asia Tenggara. Perjalanan untuk menjadi kota industri sendiri pun cukup panjang, dari yang tadinya lahan kosong, kini bisa begitu terkenal sebagai wilayah yang banyak memiliki pabrik industri.

Foto Kota Jababeka Cikarang/Shutterstock

Beberapa pabrik terkenal juga ada di wilayah Cikarang. Semisal, siapa yang tidak mengenal wilayah MM2100 dan Kota Jababeka? OPPAL rasa semua orang sudah sangat mengenal daerah tersebut.

Asal usul Cikarang sendiri dimulai pada tahun 1989. Pada waktu itu, dilaksanakan pembebasan lahan di wilayah Cikarang. Namun, baru tiga tahun kemudian, tepatnya di tahun 1992, wilayah ini dikembangkan dengan sangat serius oleh beberapa developer.

Daerah Cikarang memang sejak awal sudah didesain untuk menjadi kawasan industri yang terletak di sebelah timur Jakarta. Sejak tahun 1992 inilah berdiri beberapa kawasan industri yang cukup terkenal di Cikarang Barat sampai dengan Cikarang Selatan.

Foto kawasan industri Cikarang/Shutterstock

Beberapa di antaranya adalah MM2100 Cikarang Barat, Kota Jababeka, Bekasi Internasional Industri Estate (BIIE) atau The Hyundai Industrial Park, East Jakarta Industrial Park (EJIP) dan Delta Silicon Industrial Park.

Sampai sekarang, Cikarang pun masih menjadi primadona bagi banyak perusahaan kelas internasional seperti Singapura, Inggris, Jerman, Korea, Jepang, Cina, Malaysia, sampai dengan negara yang ada di Timur Tengah.

Foto MM2100 Cikarang/Shutterstock

Beberapa developer kini juga turut mengembangkan tempat permukiman bagi penduduk, baik pendatang maupun pekerja yang menetap di wilayah Cikarang, termasuk fasilitas umum penunjang di dalamnya.

Sementara untuk fasilitas transportasi, di Cikarang kini sudah ada KAI Commuter Jabodetabek, angkutan kota, DAMRI, dan bus.

Cikarang Memiliki Bangunan Tertua di Kabupaten Bekasi

Foto Saung Ranggon/travelspromo.com

Cikarang juga memiliki tempat bersejarah yang menyimpan begitu banyak kenangan. Saung Ranggon, yang konon katanya adalah tempat persembunyian Pangeran Rangga, Putra dari Pangeran Jayakarta, ternyata berada di Cikarang.

Saung Ranggon terletak di Kampung Cikedokan, Desa Cikedokan, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, adalah sebuah bangunan tertua yang ada di Kabupaten Bekasi.

Saung ini ditemukan oleh Raden Abbas pada tahun 1821 yang dulunya dibangun oleh Pangeran Rangga sekitar abad ke-16. Saung ini berdiri di atas tanah seluas 500 meter persegi dan dibuat dengan tinggi sekitar 3-4 meter di atas permukaan air.

Deretan Kuliner Legendaris di Cikarang

Selain memiliki tempat yang cukup bersejarah, wilayah Cikarang juga memiliki sederet makanan khas yang sangat enak untuk disantap. Apa saja itu? Mari kita ulik!

Sayur Gabus Pucung  

Foto Sayur Gabus Pucung

Bahan utama sayur ini adalah ikan gabus goreng yang kemudian dikombinasikan dengan menggunakan rempah keluak. Biasanya, sayur gabus pucung sangat enak disantap dengan nasi panas dan sambel terasi. Hmmm, membayangkannya saja bikin perut lapar, ya.

Kue Sagon

Foto Kue Sagon/bekasi.media

Kue Sagon adalah salah satu jajanan khas daerah Cikarang. Kue sagon terbuat dari tepung beras yang disangrai, meski ada pula yang mencampurkannya dengan parutan kelapa. Kalau kamu pergi ke daerah Cikarang, jangan lupa beli kue sagon ya, gengs.

Bandeng Rorod

Foto produk Bandeng Rorod/mengenalindonesia.com

Bandeng rorod juga menjadi jajanan yang cukup ikonik dari Cikarang. Panganan ini berbeda dengan bandeng presto karena tidak memiliki duri sama sekali. Tampilannya memang sekilas sangat mirip dengan bandeng presto, tapi ketika sudah kamu makan, perbedannya akan terasa.

Well, oleh-oleh mana yang mau kamu beli dari Cikarang, gengs?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.