Self Acceptance, Menerima Kekurangan Diri Agar Kamu Hidup Bahagia

Self acceptance ialah kemampuan diri menyikapi berbagai macam situasi dengan cara yang positif.

283
0
Self Acceptance

Self acceptance secara sederhana diartikan sebagai menerima berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Untuk membuat diri semakin lebih baik, kamu perlu mengenali berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Kalau kamu sudah memahami diri, maka proses penerimaan diri atau self acceptance bisa lebih mudah dan mendukung potensi yang ada pada diri kamu.

Mengutip dari laman klikdokter.com, self acceptance juga diartikan kemampuan diri menyikapi berbagai macam situasi dengan cara yang positif. Self acceptance juga penting untuk kita bisa lebih bersyukur pada diri sendiri dan kondisi yang ada, sehingga membuat mental lebih sehat.

via GIPHY

Menerima kekurangan yang ada di dalam diri memang kadang sulit, tapi hal ini penting untuk kamu coba sebagai salah satu proses untuk menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

Dengan adanya self acceptance, hidup akan lebih tenang dan lebih siap menerima berbagai tantangan hidup. Lalu, apa ciri-ciri dari self acceptance?

Ciri-ciri Self Acceptance

Ada beberapa ciri-ciri dari orang yang bisa menerima dirinya sendiri, kalau kamu memiliki ciri-ciri seperti yang ada di bawah ini, maka kamu adalah orang yang memiliki self acceptance.

Mengenali potensi dalam diri

Menerima semua bagian dalam diri, baik ataupun buruk

Menerima masa lalu dan menjadikannya pelajaran untuk masa depan

Mengakui berbagai pencapaian hingga kegagalan yang pernah dialami

Memiliki sifat positif dan tidak perlu validasi dari orang lain

Melihat diri sendiri sebagai manusia seutuhnya dengan berbagai kelebihan dan kekurangan

Mampun mencintai dan menghargai diri sendiri

Manfaat dari Self Acceptance

Self acceptance ternyata memiliki segudang manfaat untuk diri kita. Salah satunya adalah bisa mengendalikan emosi dengan sangat baik dan tidak mudah terprovokasi. Lalu, apa lagi manfaat lain dari self acceptance?

Bisa Mengendalikan Emosi

Ilustrasi self acceptance/Shutterstock

Memaafkan diri sendiri bisa menjadi salah satu cara penerimaan diri yang baik, kamu juga lebih bisa mengendalikan emois. Ledakan emosi bisa terjadi karena kamu kurang menerima diri sendiri, sehingga menimbulkan kecemasan, stres, dan kemarahan.

Self acceptance juga akan membantu kamu lebih fokus kepada kelebihan daripada kekurangan yang kamu miliki.

Belajar Memaafkan Diri Sendiri

Menerima kondisi diri penting untuk kamu mampu belajar memaafkan diri sendiri dan fokus kepada hal baik yang kamu miliki. Memikirkan masa lalu atau hal-hal yang terjadi bisa menimbulkan emosi negatif dalam diri.

Oleh karenanya, belajar bisa menerima diri sangat penting untuk membuatmu lebih maju dalam merencanakan masa depan.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Ilustrasi self acceptance/Shutterstock

Manfaat lain dari self acceptance adalah bisa meningkatkan kepercayaan diri kamu. Terjebak dalam masa lalu hanya akan membatasi dirimu sendiri. Berbagai hal baik dan buruk yang sudah terjadi, biarkanlah itu menjadi pembelajaran. Kini, kamu harus bisa lebih berani dan PD dalam mengambil keputusan.

Menjadi Diri Sendiri

Menerima diri sendiri akan membuat kamu bisa menjadi diri sendiri tanpa perlu mengkhawatirkan penilaian orang lain. Ketika kamu menerima diri sendiri, kamu akan merasa bebas dan menjadi pribadi yang lebih utuh.

Saat kamu terus menutupi kekurangan diri, kamu akan merasa lelah juga pada akhirnya. Jadi, coba lah untuk menerima diri sendiri agar menyehatkan mental kamu.

Cara Melakukan Self Acceptance

Mengetahui value diri

Value diri atau nilai yang ada pada diri sendiri akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih kuat dan berkarakter. Nilai diri yang postif sangat bisa kamu tonjolkan dan menjadi kelebihan yang sangat patut untuk kamu banggakan.

Maafkan Diri Sendiri

Ilustrasi self acceptance/Shutterstock

Contoh self acceptance yang juga sangat penting untuk kamu praktikkan adalah memaafkan diri sendiri. Saat melakukan kesalahan, belajarlah dan bangkit dari kesalahan itu. Ini akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih kedepannya.

Hindari Menyalahkan Diri Sendiri

Kamu harus sadar bahwa situasi negatif yang terjadi kadang bukan karena perbuatan,u. Jadi, cobalah bersikap objektif dan evaluasi agar tidak mengulang kesalahan yang sama. Ini akan membantu kamu untuk menerima diri sendiri dengan baik.

Stop Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Kebiasaan membandingkan dengan orang lain seringkali kita temukan, apalagi dengan adanya berbagai konten media sosial yang cukup beragam. Usahakan hilangkan pemikiran itu agar kamu bisa menikmati hari demi hari.

Hidup bukan masalah berlomba untuk menjadi yang terbaik, hidup adalah sebuah proses yang harus dijalani hari demi hari dengan perasaan gembira.

Jangan Abaikan Hal Positif

Ilustrasi self acceptance/Shutterstock

Berusahalah untuk terus mengambil hikmah dari setiap kejadian yang ada di dalam hidupmu. Jika kamu memiliki pemikiran negative, segera alihkan dan ganti dengan pikiran dan kegiatan yang lebih positif.

Baca juga: “5 Kebiasaan Ini Bikin Hidup Lebih Bahagia dan Mental Lebih Sehat

Hal ini memang sulit untuk dilakukan, tapi yakin lah bahwa kamu mampu dan bisa untuk menerima diri kamu sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kamu terima. Percayalah bahwa Tuhan telah menciptakan kita dengan sesempurna mungkin. Jika ada kekurangan, itu hanya sebagian kecil dari proses hidup yang harus kita jalani. Semangat ya Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *