Today in History: HUT ke-77 TNI Sampai Hari Guru Sedunia

Berbagai peristiwa sejarah terjadi pada hari ini 5 Oktober. Salah satunya adalah perayaan Hari Ulang Tahun TNI yang ke-77. Berikut Today in History.

213
0
Today in History

Berbagai peristiwa sejarah terjadi pada hari ini 5 Oktober. Tidak hanya di dalam negeri, hari bersejarah ini juga terjadi di luar negeri. Salah satunya adalah perayaan Hari Ulang Tahun TNI yang ke-77. Lalu, apalagi peristiwa sejarah yang terjadi pada hari ini? Selengkapnya dalam “Today in History”.

Hari Kelahiran Paskibraka Pertama Indonesia Siti Dewi Sutan Assin

Siti Dewi Sutan Assin atau Siti Dewi Suryo Sutan Assin yang bernama lahir Siti Dewi Gando Nilai dan biasa disapa Titik merupakan perempuan kelahiran Manado pada tanggal 5 Oktober 1926. Titik merupakan salah satu dari lima orang anggota Paskibraka pertama setelah terbentuknya korps Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang digagas oleh Mayor (Laut) Husein Mutahar.

Pada saat itu, Siti Dewi dipercaya sebagai pembawa nampan yang menerima Bendera Pusaka dari Presiden Indonesia. Penampilannya yang menarik membuat Mutahar memilih Siti Dewi sebagai pembawa nampan pengibaran Bendera Pusaka.

Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia

Setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia. Tahun ini, HUT ke-77 TNI akan diselenggarakan di Istana Presiden, Jakarta Pusat. Sebelum berubah nama menjadi TNI, awalnya pasukan ini bernama Badan Kesatuan Rakyat (BKR) yang dibentuk pada 23 Agustus 1945.

Lalu, nama BKR berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR) pada 5 Oktober 1945. Nama TKR ini berubah lagi menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI) untuk menyesuaikan dasar militer Internasional.

Sampai pada akhirnya Presiden Soekarno meresmikan nama Tentara Nasional Indonesia pada 3 Juni 1947. Namun, Jenderal Soedirman yang ditunjuk menjadi Panglima Besar pertama TNI pada saat itu memutuskan HUT TNI diperingati setiap 5 Oktober sesuai dengan pembentukan TKR pertama.

Hari Guru Sedunia

Hari Guru Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. Hari ini diperingati sebagai wujud penghargaan bagi para guru di seluruh dunia atas jasa mereka dalam dunia pendidikan.

Dikutip dari laman UNESCO, Hari Guru Sedunia Tahun 2022 mengusung tema “Transformasi Pendidikan Dimulai dari Guru”. Semoga ke depannya guru semakin disejahterakan dan diiringi dengan pelayanannya memberikan ilmu kepada seluruh anak Indonesia.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *