Today’s Trending: Taeyang BIGBANG ft. Lisa BLACKPINK Hingga Gerhana Matahari 2023

VIP dan BLINK, kumpul dulu!

95

Good morning, Oppal gengs! Sebelum memulai kegiatan hari ini, cek yang lagi trending pada hari ini, yuk! kabar terbaru datang dari Taeyang BIGBANG yang bakal kolaborasi bareng Lisa BLACKPINK hingga fenomena gerhana matahari 2023. Check this out.

1. Taeyang BIGBANG Bakal Duet Bareng Lisa BLACKPINK

Para VIP (penggemar BIGBANG) dan BLINK (penggemar BLACKPINK) kumpul dulu, yuk! Ada kabar terbaru nih, agensi yang menaungi Taeyang yakni THEBLACKLABEL baru saja mengonfirmasi kolaborasi besar antara Taeyang dan Lisa yang akan dirilis melalui album terbaru Taeyang pada bulan April tahun ini.

Pengumuman tersebut mereka sampaikan langsung dalam keterangannya kemarin pada Rabu (12/04).

“Lisa BLACKPINK akan berkolaborasi di album terbaru milik Taeyang. Rencananya album dirilis di akhir bulan April ini,” tulis THE BLACKLABEL melansir dari Allkpop.

Selain kolaborasi bersama, Lisa juga dikabarkan akan tampil langsung dalam video klip atau music video mereka, gengs. Woohoo, siapa yang excited, nih?

FYI, Lisa akan menjadi idol kedua yang berkolaborasi bersama Taeyang setelah Jimin BTS setelah ia mengakhiri kontrak dengan YG Entertainment pada Desember 2022 lalu dan bergabung dengan agensi terbarunya yakni THEBLACKLABEL.

2. Gerhana Matahari 2023

Ilustrasi Foto Gerhana Matahari Hibrid/bmkg.go.id

Fenomena gerhana Matahari hibrida akan terjadi pada 20 April 2023 dan dapat disaksikan dari Indonesia. BTW, gerhana Matahari ini terdiri dari gerhana Matahari cincin dan gerhana Matahari total.

Namun, karena jarak Bulan sedikit lebih dekat dengan Bumi dibandingkan Matahari, Indonesia hanya mendapatkan kesempatan untuk menyaksikan gerhana Matahari total, gengs. Fenomena ini pun hanya dapat dilihat dari beberapa daerah saja, seperti di Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain itu, hampir di seluruh kota-kota besar di tanah air dapat menyaksikan gerhana matahari sebagian pada tanggal yang sama, tapi dengan waktu yang berbeda-beda.

Contohnya di Jakarta, gerhana akan berlangsung selama 2 jam 37 menit mulai pukul 09.29.33 WIB. Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 10.45.25 WIB dan berakhir pada 12.06.39 WIB.

Lalu, ada enggak sih, dampak dari gerhana Matahari hibrida ini yang dapat kita rasakan? Well, ada beberapa dampak seperti perubahan perilaku hewan-hewan nokturnal hingga perubahan temperatur udara ke arah yang lebih sejuk.

Selengkapnya mengenai fenomena gerhana matahari 2023 bisa kamu lihat di sini ya, gengs!

via GIPHY