Warga Bandung Akan Punya KRL di Tahun 2024

Salah satu alasan pengoperasian KRL di Bandung adalah untuk mengurangi kemacetan di kota itu.

192
0
KRL

Transportasi umum KRL atau Kereta Rel Listrik sekarang ini sudah menjadi moda transportasi umum pilihan masyarakat, utamanya di kota-kota besar seperti Jakarta, Yogya, Solo, dan lain sebagainya. Nah, buat kamu warga Bandung, sebentar lagi KRL akan hadir di Bumi Pasundan pada tahun 2024 nanti.

KRL menjadi transportasi umum andalan warga Jabodetabek untuk beraktivitas ke kantor. Gerbong KRL yang melintas pasti penuh sesak oleh masyarakat yang ingin melakukan aktivitas hariannya. Selain lebih irit, waktu tempuh dengan menggunakan KRL juga lebih singkat dari KRD atau Kereta Rel Diesel.

Ilustrasi KRL yang sedang dalam perjalanan/Unsplash

Bandung akan menjadi kota berikutnya yang akan segera menerapkan KRL untuk transportasi publik. Salah satu alasan pengoperasian KRL di Bandung adalah untuk mengurangi kemacetan dan membantu akses transportasi di daerah itu.

Sama seperti halnya dengan yang ada di Yogyakarta dan Solo, Kota Bandung juga akan mengkonversi KRD Bandung Raya yang sudah ada dengan rute Padalarang-Bandung-Cicalengka dengan KRL.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung mengatakan bahwa tahap perubahan dari KRD Bandung Raya menjadi KRL ini akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti.

Ilustrasi KRL yang sedang dalam perjalanan/Unsplash

Pelaksanaannya sendiri terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah tahap untuk KRL yang menghubungkan daerah Padalarang ke Bandung. Lalu, pada tahap kedua adalah rute yang menghubungkan Bandung dengan Cicalengka.

“Secara bertahap, feeder yang awalnya kereta diesel, akan diganti jadi kereta listrik,” ucap Bapak Dadang dikutip dari situs Pemerintah Kota Bandung.

Pihak Pemkot Bandung juga berharap dengan adanya KRL ini bisa membantu mobilitas masyarakat dan mengurangi volume kendaraan dan dapat mengurangi kemacetan di Kota Bandung.

“Pada prinsipnya Pemkot Bandung sangat mendukung dan gembira akan program terkait aksesibilitas masyarakat yang akan berkunjung ke Kota Bandung,” tambah Bapak Dadang.

Jadi Feeder dari Kereta Cepat

Perubahan KRD Bandung Raya ke KRL ini juga akan terhubung sebagai feeder yang mempermudah akses pada Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang akan segera beroperasi pada tahun 2023 ini.

Bapak Ferdian Suryo selaku Kasubdit Fasilitas Operasi Dirjen Perkeretaapian Kemenhub mengatakan kalau perubahan KRD ke KRL ini bisa meningkatkan jumlah pengguna layanan transportasi tersebut.

“Jadi kami juga meminta kolaborasi dengan Pemkot Bandung untuk proses ke depannya,” kata Ferdian dilihat dari goodnewsfromindonesia.id.

Baca juga: “Melihat Penampakan Skywalk Kebayoran, Fasilitas Penghubung KRL-Transjakarta

Nantinya, Pemerintah Kota Bandung akan melakukan koordinasi secara lebih lanjut perihal KRD ke KRL ini dengan Dirjen Perkeretaapian. Bagaimana warga Bandung? Sudah siap menyambut KRL di tahun 2024 nanti?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *