Weekly News Wrap Up: Presiden Jokowi Beri Penghargaan Pada Atlet Paragames Hingga Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa

Yuk, mulai minggu pertamamu di Bulan Desember dengan membaca wrap up news pagi ini.

166
0
Presiden Jokowi

Selamat hari Senin, gengs! Semoga akhir pekanmu kemarin menyenangkan, ya. Yuk, mulai minggu pertama di Bulan Desember ini dengan melirik kembali berbagai peristiwa penting yang terjadi selama seminggu kemarin dalam “Weekly News Wrap Up”. Mulai dari Presiden Jokowi yang berikan penghargaan bagi para atlet paragames Indonesia, Kementerian Tenaga Kerja menetapkan UMP tahun 2023 naik maksimal 10 persen, hingga hal-hal yang wajib kamu lakukan kala gempa terjadi. Untuk berita-berita lainnya, berikut ini Oppal mengumpulkan sederet informasi yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu kemarin lewat “Weekly News Wrap Up”. Keep scrolling!

Pak Jokowi Berikan Penghargaan untuk Atlet Paragames Indonesia di Istana

Jokowi Apresiasi Atlet Paragames Indonesia
Foto bersama para atlet paragames Indonesia bersama Pak Presiden dan jajarannya: Rusman – Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan penghargaan dan apresiasi atas prestasi para atlet Indonesia yang berlaga di ajang ASEAN Paragames ke-11, di Kota Surakarta pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 lalu. Penyerahan apresiasi tersebut digelar di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 28 November 2022.

Dalam ajang tersebut, kontingen Indonesia berhasil menjadi juara umum dengan total perolehan medali sebanyak 425 medali yang terdiri atas 175 medali emas, 144 medali perak, dan 106 medali perunggu. Atas kerja keras para atlet tersebut, pemerintah memberikan bonus apresiasi dengan total mencapai lebih dari Rp300 miliar. Berikut ini nama-nama para atlet paragames serta bonus yang mereka dapatkan.

Cerita “Brow”, Bocah Escort Ronaldo yang Asli dari Sukoharjo dan Madiun

Ronaldo
Foto saat Christiano Ronaldo bersama dengan Ibrahim di Piala Dunia 2022 / Instagram @indonesiaindoha

Salah satu momen menarik saat pertandingan Grup H Piala Dunia 2022 antara Portugal melawan Ghana di Qatar adalah Cristiano Ronaldo keluar lapangan dengan menggandeng seorang anak asal Indonesia. Siapa dia? OPPAL berusaha menelusurinya.

Melihat dari akun Instagram Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar, anak itu bernama lengkap Ulul Albab El Ibrahim.

Akun ini juga menjelaskan bahwa kini Ibrahim duduk di bangku kelas 5 Al Khor International School (AKIS). Orangtua Brow sapaan akrab Ibrahim merupakan asli Indonesia (Ayah Sukoharjo dan Ibu Madiun) yang saat ini sedang bekerja di Qatar. Lebih lengkapnya mengenai kehadiran Brow bisa dibaca di sini.

Kementerian Tenaga Kerja Tetapkan UMP Tahun 2023 Naik Maksimal 10 Persen

UMP 2023
Sumber foto: website kemnaker.go.id

Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia resmi mengeluarkan Peraturan Menteri No 18 Tahun 2022 Tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2023. Dengan dikeluarkannya peraturan tersebut, para pemimpin daerah diharapkan dapat menjadikannya landasan untuk menetapkan upah minimum di daerahnya masing-masing.

Dalam pasal dua Peraturan Menteri No 18 Tahun 2022 ini juga dijelaskan bagaimana penghitungan penyesuaian nilai Upah Minimum paling tinggi adalah 10% (sepuluh persen). Berikut daftar provinsi yang sudah menerapkan kenaikan UMP Tahun 2023.

5 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Gempa Bumi Terjadi

Gempa bumi

Belum usai duka Indonesia atas bencana alam di Cianjur, Jawa Barat. Kini, daerah Garut yang pun terletak di Jawa Barat, diguncang gempa dengan kekuatan 6,4 magnitudo pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Bencana alam seperti gempa bumi sendiri sebenarnya tidak bisa diprediksi seakan menjadi rahasia Tuhan sendiri. Sampai saat ini, belum ada alat yang mampu untuk mendeteksi kapan dan jam berapa terjadinya gampa bumi.

Namun, ketika gempa bumi terjadi, ada setidaknya lima hal penting yang harus kamu lakukan menurut laman pusatkrisis.kemenkes.go.id. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

Mengenal Bendungan Kering, Infrastruktur Baru Cegah Banjir Jakarta

Foto bendungan kering / website: kementerian pupr

Indonesia mulai memasuki musim penghujan, di mana biasanya banjir terjadi di beberapa wilayah. Demi mengantisipasi hal tersebut, salah satu langkah yang dilakukan pemerintah ialah dengan membangun bendungan kering pertama yang ada di Ciawi dan Sukamahi, Bogor, Jawa Barat.

Hal ini disampaikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) di akun Instagram resminya @kemenpupr. Berikut tampilan dan informasi lebih lanjut mengenai dua bendungan kering tersebut.

Itu dia rangkuman berita yang paling banyak menarik perhatian selama seminggu terakhir. Semoga tak ada berita yang kamu lewatkan, ya! Have a nice week, Oppal gengs!

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *