10 Kota dengan Udara Paling Bersih di Indonesia, Bisa Buat Healing dari Polusi

Yuk, liburan dulu!

41
Kota dengan Udara Paling Bersih di Indonesia

Polusi Jakarta yang belakangan ini membuat masalah kualitas udara menjadi buruk terus menjadi sorotan. Bahkan, polusi udara masih terjadi meski 50% staf ASN DKI Jakarta sudah menjalani uji coba WFH (work from home) sejak Senin (21/08).

Kebijakan ASN di Jakarta untuk WFH ini tentunya bertujuan untuk menangani polusi udara yang kian memburuk di ibu kota. Bukan cuma Jakarta, beberapa kota di Indonesia juga menjadi sorotan karena masalah polusi udara.

Kota-kota tersebut antara lain Tangerang Selatan, Tangerang, Depok, Serang, Cikarang, hingga Karawang, yang termasuk kota-kota di Indonesia dengan polusi udara terbesar saat ini. Fakta ini dibuktikan dengan masuknya kota-kota tersebut dalam peringkat 10 besar kota paling berpolusi di Indonesia versi IQAir, pada Kamis (24/08) pagi.

polusi udara Jakarta
Penampakan polusi udara di Jakarta/higienis.com

Nah, kabar baiknya, selain kota-kota di atas, ada juga kota-kota di tanah air yang kualitas udaranya bersih. Situs IQAir membuat 10 daftar kota dengan kualitas udara paling bersih di Indonesia pada Kamis (24/08).

Penilaian kualitas udara kota-kota tersebut dilakukan untuk mengukur indeks kualitas udara (AQI) oleh perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss, IQAir. Indeks Kualitas Udara (AQI) merupakan pengukuran konsentrasi polutan udara dalam polusi udara ambien dan risiko kesehatan yang terkait.

Kota-kota dengan kualitas udara bersih ini mungkin bisa menjadi lokasi buat kamu yang pengin liburan atau healing setelah sehari-hari menghadapi polusi udara yang tinggi di Jakarta dan sekitarnya.

Berikut daftar 10 kota di Indonesia dengan kualitas udara paling bersih versi IQAir, pada Kamis (24/08) pagi.

1. Mamuju, Sulawesi Barat, AQI 13

2. Salinbatu, Kalimantan Utara, AQI 14

3. Pangkalpinang, Bangka Belitung, AQI 20

4. Sorong, Papua Barat, AQI 21

5. Kupang, Nusa Tenggara Timur, AQI 23

6. Mengkalip, Kalimantan Tengah, AQI 24

7. Indrapuri, Aceh, AQI 27

8. Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, AQI 29

9. Jayapura, Papua, AQI 32

10. Kabupaten Malang, Jawa Timur, AQI 34

Nah, dari daftar 10 kota dengan udara terbersih di Indonesia di atas, kamu tertarik liburan ke mana nih, gengs?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!