Alasan Indonesia Masuk dalam Daftar 10 Negara Teramah di Dunia

Para turis berpendapat, penduduk lokal Indonesia sangat mudah untuk diajak berkomunikasi.

405
0

Kehadiran wisatawan atau turis asing ternyata dapat membawa dampak positif bagi sebuah negara, seperti halnya menjadi sumber pendapatan kepada negara tersebut. Apalagi, jika negara yang dikunjunginya ramah terhadap mereka, tentu hal itu akan membuat mereka betah untuk menghabiskan waktu lebih lama lagi.

Bukan cuma negaranya saja, tapi masyarakat lokal di daerah destinasi wisata pun juga memperoleh keuntungan dari kedatangan turis asing ke wilayah mereka. Ini juga tentunya membuat perekonomian masyarakat setempat menjadi tumbuh.

Sebuah jaringan ekspatriat global terbesar di dunia, Inter Nations, melakukan survei kepada lebih dari 70 persen turis dunia mengenai keramahan penduduk sebuah negara. Hal tersebut lantas menjadi pertimbangan mereka untuk memilih destinasi liburan.

Berdasarkan survei Expat Insider 2022 versi Inter Nations, Indonesia masuk dalam daftar teratas negara paling ramah di dunia. Survei dilakukan berdasarkan keramahan penduduk lokal, kemudahan belajar bahasa, kualitas lingkungan dan kesehatan negara tujuan.

Melansir World Population Review, ada 10 negara paling ramah kepada turis asing, termasuk Indonesia. Berikut daftarnya.

1. Taiwan

Taiwan
Taiwan/Shutterstock

Taiwan terpilih sebagai negara paling ramah sedunia karena sebagian besar penduduknya ternyata bisa berbicara bahasa Inggris. Nggak cuma itu, bahasa Taiwan juga mudah untuk dipelajari, lho! Penduduk Taiwan juga dikenal ramah terhadap turis asing.

2. Meksiko

Tourist in Mexico
Turis saat berpose di Piramida Teotihuacan Meksiko/Shutterstock

Masyarakat Meksiko ternyata menjadi daya tarik tersendiri karena mereka mudah diajak berkomunikasi, bahkan sampai berteman dengan turis asing. Selain ramah, banyak turis asing beranggapan bahwa penduduk lokal Meksiko juga tak segan membantu.

3. Kosta Rika

Tourist in Costa Rica
Turis saat foto di ketinggian di Kosta Rika/Shuttterstock

Kosta Rika masuk ke dalam daftar salah satu negara teramah di dunia. Negara ini dikenal sangat bersahabat terhadap wisatawan asing dan juga mudah untuk bersosialisasi dengan penduduk lokal. Selain itu, Kosta Rika juga memiliki budaya yang mudah dipelajari dan diikuti, sehingga membuat turis asing betah berlama-lama.

4. Oman

Tourist Oman
Turis bersama warga di Oman/Shutterstock

Oman punya alasan kuat untuk ada di peringkat keempat dalam daftar negara paling ramah sedunia. Turis asing menganggap negara di Asia Barat tersebut dikenal aman dan ramah bagi wisatawan asing.

Selain itu, para pelancong yang berkunjung ke negara Oman juga tak perlu berbicara bahasa setempat. Masyarakat di sana terkenal ramah kepada turis dan tidak arogan. Bukan hal yang mustahil jika turis asing bisa berlama-lama tinggal di Oman.

5. Kolombia

Tourist in Colombia
Turis selfie bersama warga Kolombia/ Shutterstock

Peringkat kelima negara teramah di dunia ditempati oleh Kolombia. Banyak turis mengatakan, keramahan Kolombia membuat mereka mudah memperluas relasi dan berteman dengan penduduk lokal di sana.

6. Portugal

Tourist in Portugal
Turis berpose di depan bendera Portugal di Lisbon/Shutterstock

Portugal yang merupakan negara dari benua Eropa masuk dalam daftar negara ramah sedunia. Negara ini dikenal dengan penduduk lokalnya yang ramah, terutama di destinasi-destinasi wisata yang sering dikunjungi turis. Bahkan, tak sedikit turis asing mengatakan, saat mengunjungi Portugal, mereka seakan pulang ke kampung halaman.

7. Indonesia

Tourist in Bali
Turis di Bali bersama warga/Shutterstock

Kita harus berbangga, karena Indonesia masuk ke dalam urutan negara teramah di dunia. Para turis berpendapat, penduduk lokal Indonesia sangat mudah untuk diajak berkomunikasi. Hal ini tentunya memudahkan para turis asing untuk bergaul hingga berteman dengan penduduk lokal Tanah Air.

8. Yunani

Tourist pose in Santorini Greece
Turis berpose di Santorini Yunani/Shutterstock

Peringkat kedelapan negara teramah di dunia diduduki oleh Yunani. Banyak turis mengatakan, Yunani cocok untuk dijadikan destinasi wisata, terutama bagi mereka yang ingin bersantai dan menikmati waktu-waktu liburan. Selain itu, penduduk Yunani juga tidak cuek terhadap turis asing.

9. Filipina

Tourist in Boracay Philipines
Turis di Boracay Filipina/Shutterstock

Meski bahasa Filipina dikenal cukup sulit untuk dipelajari turis asing, namun masyarakat setempat sangat ramah dan juga punya kemampuan bahasa Inggris yang bagus. Penduduk lokal di sana juga senang berbincang dengan para turis asing.

10. Brasil

Tourist in Brasil
Turis selfie bersama di Brasil/Shutterstock

Brasil yang merupakan negara di Amerika Selatan menempati urutan terakhir dalam daftar ini. Brasil dikenal punya banyak obyek wisata indah, sehingga turis asing senang berkunjung ke sana. Bukan cuma itu saja, penduduk lokalnya juga rumah dan bisa diajak berteman.

Selain dikenal kaya akan keindahan alam, Indonesia juga menjadi negara yang ramah terhadap turis asing. Bangga banget ya gengs!

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *