Alasan Mengapa Suku di Indonesia Begitu Banyak dan Beragam

Masing-masing suku bangsa memiliki tarian, bahasa, pakaian, lagu, sampai musik daerahnya sendiri-sendiri. Lantas, mengapa bisa begitu beragam?

262
0
Suku

Ada banyak pertanyaan yang berputar mengenai keragaman suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke di Indonesia. Masing-masing suku bangsa tersebut biasanya memiliki tarian, bahasa, pakaian, lagu, sampai musik daerahnya sendiri-sendiri.

Merujuk data BPS Tahun 2010, Indonesia sendiri memiliki sekitar 1.340 suku bangsa di Tanah Air dengan Suku Jawa adalah kelompok terbesar yang jumlahnya mencapai 41% dari total populasi. Selain itu, menurut Laboratorium Kebinekaan Bahasa dan Sastra, jumlah bahasa yang ada di Indonesia sebanyak 718 bahasa.

Sesungguhnya ada beberapa alasan yang menyebabkan Indonesia memiliki suku yang beragam. Berikut Oppal telah merangkum informasinya untuk kamu, gengs.

Indonesia Merupakan Daerah Strategis

Letak negara Indonesia yang berada di antara Samudra Pasifik dan Samudra Indonesia membuat posisinya sangat strategis. Ditambah lagi Indonesia diapit oleh dua benua, yaitu Asia dan Australia, yang menjadikannya sebagai jalur perdagangan internasional.

Lalu lintas perdagangan yang berjalan selama berabad-abad ternyata sedikit banyak membawa pengaruh kebudayaan terhadap budaya di dalam negeri. Kedatangan bangsa asing yang berbeda ras kemudian menetap di Indonesia, mengakibatkan berkembangnya agama, ras, dan bahasa.

Kondisi Negara Kepulauan

Indonesia merupakan salah satu daerah kepulauan terbesar yang ada di dunia. Bahkan, Indonesia memiliki ribuan pulau yang secara fisik terpisah-pisah. Kondisi yang terpisah ini membuat masyarakat di masing-masing kepulauan mengembangkan budayanya masing-masing sesuai dengan tingkat kemajuan, lingkungan, dan terkadang dipengaruhi oleh pendatang yang hadir. Hal ini membuat kebudayaan menjadi sangat beragam antar pulau di Indonesia.

Perbedaan Kondisi Alam

Kondisi geografis atau kondisi alam sangat berpengaruh terhadap kebudayaan yang sangat beragam di Indonesia. Sebagai contoh, Suku Sunda yang ada di Jawa Barat berada di daerah dengan kondisi alam yang mendukung pertanian, sehingga memiliki ciri khas keragaman budaya yang agraris.

Tentu, hal ini akan berbeda dengan suku yang tinggal di pesisir pantai seperti Suku Bajo. Dari cara bertahan hidup sampai dengan menjalani kehidupan sehari-hari tentu akan berbeda.

Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Transportasi membuat interaksi antara manusia menjadi lebih mudah. Sebagai negara yang memiliki ribuan pulau, transportasi menjadi penghubung antar pulau di Indonesia. Semakin mudah berinteraksi dengan suku di pulau lain, maka semakin kaya pula pertukaran budaya antar masyarakat.

Faktor Sejarah

Sejarah juga menjadi faktor penting mengapa Indonesia memiliki suku yang begitu beragam. Garis keturunan, adat, kebiasaan, serta kepercayaan masyarakat turut membangun budaya suatu suku. Ditambah dengan interaksi bersama bangsa atau suku lain, hal tersebut membuat suku di Indonesia menjadi sangat beragam.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *