Apa Sih Fitur Proxy WhatsApp dan Bagaimana Cara Setting di Android dan iOS?

Dengan Proxy ini, komunikasi masih tetap dapat dilakukan meski jaringan internet terganggu.

225
0
WhatsApp

Gengs, kamu tahu nggak fitur proxy yang baru saja dirilis WhatsApp? Yup, di fitur terbarunya, perusahaan dari induk Meta itu telah mengumumkan dukungan proxy untuk semua pengguna WhatsApp di seluruh dunia.

Dukungan proxy ini disebut berguna atau juga menjadi sebuah solusi untuk tetap bisa berkomunikasi dengan teman dan keluarga apabila ada gangguan internet.

Jadi, apa sih proxy yang ada di WhatsApp beserta fungsinya? Dan bagaimana cara men-setting proxy WhatsApp?

Proxy WhatsApp adalah

Proxy
Ilustrasi proxy/shutterstock

Menurut Times of India, proxy WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk terhubung ke WhatsApp lewat server atau peladen yang disiapkan oleh sukarelawan dan organisasi.

“Kami menyadari bahwa sama seperti kami merayakan awal tahun 2023 melalui SMS atau telepon pribadi, ada banyak orang yang terus ditolak untuk bisa menghubungi orang yang mereka sayangi karena penutupan internet,” kata pihak WhatsApp.

“Proxy ini artinya adalah kami menyerahkan akses ke pengguna untuk mempertahankan akses ke WhatsApp jika koneksi mereka diblokir atau terganggu,” lanjutnya.

WhatsApp
Ilustrasi gambar WhatsApp/shutterstock

WhatsApp mengatakan, saat terjadi pemblokiran di aplikasinya, relawan dan organisasi bisa membuat server proxy yang membantu mereka untuk membangun kembali koneksi ke WhatsApp dan berkomunikasi secara bebas dan aman.

Selain itu, ini berguna juga ketika nggak bisa terhubung ke WhatsApp secara langsung, pengguna bisa terkoneksi via aplikasi lewat server proxy.

Perlu kamu ketahui juga, gengs, kalau proxy ini nggak mengubah privasi dan keamanan yang sudah disediakan WhatsApp kepada semua pengguna. Jadi, pesan dan panggilan pribadi bakal tetap dilindungi dengan enkripsi end-to-end.

WhatsApp
Ilustrasi WhatsApp/shutterstock

Pesan dan panggilan cuma bisa diketahui oleh pengguna dan orang yang berkomunikasi dengannya saja.

Orang lain juga nggak bakal bisa melihat pesan dan panggilan, bahkan sampai server proxy WhatsApp maupun Meta.

Well, mungkin kalian bertanya-tanya (bukan gaya Alif Cepmek, ya)bagaimana cara setting proxy di WhatsApp di Android dan iOS?

Untuk menggunakan fitur ini kamu memerlukan alamat proxy, gengs. kalian bisa menyiapkan proxy menggunakan server dengan port 80, 443, atau 5222 yang tersedia dan nama domain (atau subdomain) yang langsung mengarah ke alamat IP server.

WhatsApp mengungkapkan, apabila ada akses internet, maka kamu bisa mencari sumber terpercaya yang telah membuat proxy lewat media sosial atau search engine alias mesin pencari.

Cara setting proxy WhatsApp di Android

  • Pastikan WhatsApp di ponselmu adalah versi yang terbaru.
  • Di tab chat, ketuk opsi lainnya > setelan (setting).
  • Ketuk penyimpanan dan data > Proxy.
  • Ketuk gunakan proxy.
  • Ketuk setek proxy dan masukkan alamat proxy.
  • Lalu ketuk simpan.
  • Tanda centang bakal muncul jika koneksi berhasil.

Tapi, kalau kamu masih belum bisa mengirim atau menerima pesan menggunakan proxy, mungki proxy tersebut telah diblokir, gengs.

Kamu bisa mengakalinya dengan menekan (dengan) lama alamat proxy yang diblokir untuk menghapusnya, lalu masukkan alamat proxy yang baru untuk mencoba lagi.

Cara setting proxy WhatsApp di iOS

  • Pastikan WhatsApp kamu adalah versi yang terbaru.
  • Buka setelan WhatsApp.
  • Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.
  • Ketuk Gunakan Proxy.
  • Masukkan alamat proxy, kemudian ketuk Simpan untuk bisa terkoneksi.
  • Tanda centang bakal muncul jika berhasil terhubung.

FYI gengs, saat kamu menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP kamu bakal dibagikan dengan penyedia proxy, dan WhatsApp nggak menyediakan proxy untuk pihak ketiga.

Bagaimana pendapat kamu, gengs? Ada yang sudah coba fitur proxy di WhatsApp-mu?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *