Arti Nama “Ojwala”, Motor Harley Davidson Batik yang Akan Berlaga di MBE 2023

Proses pengerjaan modifikasi motor batik ini hanya 30 hari, lho!

268
0
Motor Harley Batik

Sebuah motor batik Harley-Davidson yang dimodifikasi oleh anak bangsa siap mengikuti kompetisi dan mewakili Indonesia di ajang Internasional Motor Bike Expo (MBE) 2023. Motor Harley-Davidson ini digagas oleh SURUI Motor Garage bekerja sama dengan Garasi 19, Kawahara Racing, serta Freeflow.

Dikutip dari laman kalteng.antaranews.com, waktu yang diberikan untuk mengerjakan motor ini hanya 30 hari.

“Kita hanya diberikan waktu 30 hari tepat untuk membangun motor ini. Puji Tuhan kita selesai right on time,” kata founder Garasi 19 Andre C dikutip dari Antara Kalteng.

Adapun jenis motor Harley-Davidson yang dimodifikasi ini berjenis Road Glide keluaran tahun 2015. Modifikasi batik yang ada pada motor ini diberi nama “Ojwala”. Nama ini pun memiliki nilai filosofis di dalamnya.

“Ojwala itu diambil dari Bahasa Sansekerta yang artinya terang, menjulang tinggi ke langit,” kata Pendiri Surui Motor Garage, Stefanus Joy Aspiranto. Ojwala juga hadir dengan desain unik dengan perpaduan gaya batik dari tiga daerah, yaitu Jawa, Toraja, dan Bali.

Fahmi yang juga pendiri dari FreeFlow mengatakan pengerjaan pengecatan desain unik tersebut sengaja diambil untuk menggabungkan keindahan batik yang ada di Indonesia. Selain itu, batik yang ada pada Harley-Davidson Road Glide ini menggambarkan keindahan batik yang luwes namun tetap menunjukkan prestise motor yang tangguh.  

via GIPHY

“Hal yang menantang di sini adalah konsep motornya performa. Nah, untuk menyatukan batik dan performance itu susah sebenarnya. Karena performance itu kan identik keras style-nya sedangkan batik itu luwes dan eksotik,” ujar Fahmi.

Baca Juga: “Piaggio Luncurkan Vespa Batik untuk Hargai Identitas Indonesia

Dari sisi performa, Ojwala menggunakan sebanyak 20 produk spareparts karya anak bangsa untuk memantapkan tenaganya.

Mari kita doakan semoga Ojwala bisa juara di Motor Bike Expo 2023 ya, gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *