Bangga! Ini Alasan Kekuatan Militer Indonesia Ada di Peringkat 15 Dunia, di Atas Jerman

547
0
tentara

Indonesia yang sudah masuk ke dalam salah satu negara maju kini tidak bisa dianggap remeh. Terlebih jika bicara soal militer secara global. Pasalnya, kekuatan militer Indonesia kini menempati peringkat ke-15 dunia.

Menurut salah satu situs pemeringkat militer dunia, Global Firepower, menempatkan kekuatan militer Indonesia di peringkat ke-15 terkuat dunia dari 140 negara yang disurvei pada 2022. Hasil ini membuat Indonesia naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

Global Firepower memberikan skor Power Index (PwrIndx) 0,2251. Skor yang didapat Indonesia ini bahkan lebih baik daripada Jerman, Australia, Arab Saudi, dan Ukraina, seperti dikutip dari Kompas.com. Oleh karenanya, kekuatan militer Indonesia semakin mendekati kekuatan militer negara maju.

Namun, peringkat Indonesia masih berada di bawah kekuatan militer Iran yang menempati peringkat 14, dan di atas Jerman yang berada di peringkat 16 dunia. Sementara, Amerika Serikat masih menempati peringkat pertama dan didapuk sebagai negara dengan militer terkuat dunia dengan PwrIndx 0,00453.

Tak hanya di tahun ini saja, kekuatan militer Indonesia ternyata juga pernah mendapat pengakuan dunia pada tahun 1950-1960-an ketika Presiden Bapak Soekarno atau dikenal dengan sebutan Bung Karno memimpin.

Kekuatan militer Indonesia di tahun ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, Indonesia memiliki jumlah personel militer yang cukup banyak. Adapun estimasinya adalah 400.000 personel aktif, 400.000 personel cadangan, dan 280.000 paramiliter, seperti dikutip dari Antaranews.

Selain itu, dari sisi kekuatan darat, Indonesia memiliki 314 tank, 153 artileri swagerak, 1.444 kendaraan lapis baja, 413 artileri tarik, dan 63 peluncur roket.

Untuk kekuatan udara, militer Indonesia dilengkapi 41 pesawat tempur, 17 pesawat misi khusus, 23 pesawat serang, 1 pesawat tanker, 66 transportasi, 172 helikopter, 126 pesawat latihan, dan 15 helikopter serang.

Kekuatan laut dari militer Indonesia terdiri dari 7 kapal fregat, 181 kapal patroli, 24 kapal korvet, 11 kapal ranjau, dan kapal selam.

Keberadaan militer Indonesia di peringkat 15 dunia berdasarkan indikator yang digunakan Global Firepower. Terdapat lebih dari 50 indikator individu suatu negara dalam melakukan penilaian, sehingga menghasilkan formula yang unik. Suatu negara kecil kemungkinan bisa bersaing dengan negara besar, karena punya kelebihan di salah satu atau beberapa indikator.

Indikator yang digunakan untuk menyusun indeks ini ialah jumlah senjata yang dimiliki, keberagaman senjata, sumber daya alam, ketersediaan industri, sumber daya manusia, dan keuangan yang stabil. Semakin kecil nilai PwrIndx, maka semakin tinggi kekuatan militer suatu negara.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *