Biografi dan Fakta Menarik Ratu Elizabeth II: Suka Nyetir Mobil Sendiri

Sang Ratu dikabarkan sangat menyukai anjing Corgi, tak memerlukan paspor saat berangkat ke luar negeri, dan pandai mengemudikan mobil.

273
0
Ratu Elizabeth II

Kabar dukacita datang dari Istana Buckingham di London, Inggris. Pasalnya, Ratu Elizabeth II tutup usia usai menjalani perawatan intensif di Skotlandia. Ratu Elizabeth meninggal di usia 96 tahun dan menjadi salah satu pemimpin kerajaan terlama selama kurang lebih 70 tahun.

Ratu Elizabeth II lahir di Mayfair, London, Britania Raya pada tanggal 21 April 1926. Ayahnya merupakan seorang pangeran dengan nama Pangeran George VI dan ibunya Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon.

Sang Ratu menikah dengan Philip Mountbatten (Pangeran Philip, Duke of Edinburgh), Pangeran Yunani dan Denmark, pada tanggal 20 November 1947. Perjalanan kisah cinta mereka awalnya kurang mulus. Kedua pasangan ini sempat melakukan hubungan secara diam-diam atau backstreet, hingga pada akhirnya pertunangan mereka diumumkan pada Juli 1947.

Dari pernikahan ini, Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip memiliki empat orang anak yakni Pangeran Charles III, Putri Anne, Pangeran Andrew (Duke of York), dan Pangeran Edward (Earl of Wessex). Ratu Elizabeth pun mendapatkan gelar kehormatan untuk meneruskan Kerajaan Inggris pada 6 Februari 1952.

Beliau melanjutkan takhta kerajaan usai sang ayah meninggal dunia. Di masa kepemimpinannya, Sang Ratu dinilai sebagai seorang pemimpin yang tabah. Seorang sejarawan bernama Hugo Vickers mengatakan hal tersebut kepada The Associated Press, bahwa Ratu Elizabeth II adalah sosok yang konsisten di tengah dunia yang begitu cepat berubah.

Beliau menjadi simbol utama Inggris di luar negeri, memuji keberhasilan negara, bersimpati saat negara gagal, dan selalu berada di atas berbagai kepentingan politik. “Dia harus disebut sebagai Elizabeth yang tabah (Steadfast),” ucap Hugo.

Banyak hal yang dicapai Kerajaan Inggris selama masa jabatan Ratu Elizabeth II. Namun, beliau tetap konsisten melewati setiap perubahan zaman mulai dari modernisasi, multikulturalisme, hingga berbagai krisis seperti Brexit dan Pandemi Covid-19.

Selain itu, ada fakta-fakta menarik tentang Ratu Elizabeth, yang dinyatakan tutup usia tadi malam waktu setempat.

  • Masih Minum Champagne Setiap Malam
Ratu Elizabeth II saat minum champagne

Meski sudah memasuki usia tua, rupanya Ratu Elizabeth II masih gemar mengonsumsi minuman beralkohol. Kebiasaan ini masih terus dilakukan Sang Ratu pada malam hari. Bahkan, salah satu sumber menyebutkan bahwa dalam satu hari, Ratu Elizabeth II dapat meminum enam gelas minuman beralkohol.

  • Tidak Perlu Pakai Paspor ke Luar Negeri
Ratu Elizabeth II saat berada di dalam pesawat

Fakta menarik lainnya tentang Sang Ratu adalah tidak perlu memakai paspor ketika melakukan perjalanan ke luar negeri. Hal ini dikarenakan seluruh paspor di negara Inggris diterbitkan atas nama Ratu Elizabeth II. Hal tersebut juga disebutkan dalam situs resmi Kerajaan Inggris.

  • Menyukai Anjing Corgi
Ratu Elizabeth II dan anjing Corgi kesayangan

Ratu Elizabeth II merupakan salah satu pimpinan kerajaan yang menyukai hewan anjing jenis Corgi. Hubungan unik antara Sang Ratu dengan anjing Corgi bermula saat orang tuanya membawa anjing Corgi bernama Dookie sebagai bagian dari keluarga Kerajaan Inggris di tahun 1933. Dari situlah sampai seterusnya Ratu Elizabeth II menyukai anjing Corgi dan bahkan hubungannya berlangsung sampai akhir hayat beliau.

  • Suka Mengendarai Mobil Sendiri dan Tak Perlu SIM
Ratu Elizabeth II mengendarai mobil

Ratu Elizabeth II merupakan seseorang yang senang mengendarai kendaraan sendiri. Ratu bebas mengendarai kendaraan tanpa harus memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Beliau adalah satu-satunya orang yang memiliki hak untuk ini. Ratu pun sudah belajar menyetir mobil selama Perang Dunia II dengan mengendarai truk P3K.

Itu dia beberapa fakta unik mengenai mendiang Ratu Elizabeth II. We missed you already, Queen.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *