Bukan Cuma Biru, Twitter Bakal Rilis 3 Centang Warna Baru untuk Akun yang Terverifikasi

Centang verifikasi baru ini akan hadir dalam tiga warna, yakni emas, abu-abu, dan biru.

149
0
Twitter

Selain centang biru, Twitter bakal punya tiga centang baru yang dikhususkan untuk kategori akun yang sudah terverifikasi. Hal itu juga telah diumumkan oleh CEO Twitter Elon Musk dalam cuitannya.

Musk mengatakan dalam cuitannya kalau centang verifikasi baru ini akan hadir dalam tiga warna, yakni emas untuk perusahaan atau brand, abu-abu untuk pemerintah, dan biru bagi pengguna individu.

“Mohon maaf atas keterlambatannya, kami secara tentatif akan meluncurkan Verified pada Jumat pekan depan,” ucap Elon Musk dalam cuitannya, Sabtu, 26 November 2022.

“Centang emas untuk perusahaan, abu-abu untuk pemerintah, biru untuk individu (selebritas atau bukan) dan semua akun yang terverifikasi akan diautentikasi secara manual sebelum tanda centang diaktifkan. Menyakitkan, tapi perlu,” sambung Musk.

Status centang akun Twitter berwarna ini bisa digunakan perusahaan, pemerintah, atau pengguna Twitter dengan berlangganan Twitter Blue yang dibanderol 8 dolar AS atau sekitar Rp125.000,- per bulan.

Pengguna yang mendapatkan centang biru juga nantinya akan dicek identitasnya secara manual untuk mencegah adanya peniruan identitas. Di samping itu, untuk para pengguna baru Twitter juga harus menunggu at least selama 90 hari untuk bisa mendapatkan status centang di akun Twitter mereka.

Nah, untuk peluncuran status akun Twitter dengan centang tiga warna ini bakal diluncurkan pada 2 Desember 2022 mendatang, seiring dengan program Twitter Blue yang diperbarui.

Sebelumnya, rencana soal tanda centang di akun Twitter ini sempat diungkap Musk beberapa hari yang lalu. Musk mengatakan, Twitter mungkin akan menggunakan warna lain untuk akun milik organisasi, dan berbeda dengan akun individu.

CEO Tesla dan SpaceX itu akan menjelaskan secara lebih detail lagi tentang bagaimana prosedur baru verifikasi akun akan bekerja di beberapa kesempatan pada pekan ini.

Ikon centang biru juga sebelumnya hanya dipergunakan untuk politisi, public figure, jurnalis, atau orang penting lainnya yang tentunya akunnya sudah terverifikasi.

Musk sempat menghentikan sementara layanan premium centang biru berbayar lewat Twitter Blue. Penyetopan dilakukan karena banyaknya akun palsu yang berstatus centang biru menyamar sebagai brand, atlet, hingga politikus populer di media sosial.

Well, program Twitter Blue dan status akun centang dengan tiga warna tadi belum dijelaskan apakah akan berlaku di seluruh dunia atau tidak. Terlebih, program berlangganan dengan benefit akses fitur-fitur premium Twitter ini cuma bisa dinikmati di empat negara, yaitu AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

Bagaimana pendapat kamu, gengs? Ada rencana mau verifikasi akun Twitter kamu juga supaya dapat centang biru?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *