Cara Beli BBM Pertalite Melalui Aplikasi MyPertamina

162
0

Pembelian Bahan Bakar Minyal (BBM) jenis subsidi seperti pertalite akan menggunakan aplikasi MyPertamina. Hal tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/HK.02/MEM.M/2022 tentang Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan yang dibuat pada tanggal 10 Maret 2022.

Keputusan penyaluran BBM Pertalite dengan menggunakan aplikasi MyPertamina ini dibuat supaya tepat sasaran. Artinya, pemerintah dan Pertamina wajib mengetahui siapa saja memenuhi kriteria penerima BBM subsidi. Oleh karena itu, masyarakat perlu terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui aplikasi atau website.

Pembelian Pertalite menggunakan aplikasi MyPertamina akan diuji coba pada bulan Agustus atau September 2022. Adapun cara membeli Pertalite yaitu masyarakat perlu mengunduh terlebih dahulu aplikasi MyPertamina di Google Play Store atau App Store. Lalu daftarkan diri dengan memasukkan nama lengkap, nomor telepon, dan PIN sebanyak enam digit.

Langkah selanjutnya, masukkan kode OTP yang didapat melalui SMS untuk mengaktivasi akun MyPertamina. Jika sudah berhasil, mulai login dengan memasukkan nomor telepon dan PIN. Merangkum dari situs Pertamina, berikut ini cara membeli Pertalite untuk pengguna sepeda motor apabila akun sudah terdaftar. 

·         Pastikan jarak motor dengan mesin pengisian bahan bakar berjarak sejauh 1.5 meter.

·         Pengendara motor dipersilakan turun dari kendaraan, lalu berdiri di tanda yang sudah disediakan, berseberangan dengan operator SPBU Pertamina.

·         Operator SPBU Pertamina akan memberitahukan jika posisi kendaraan sudah aman.

·         Pastikan aplikasi Pertamina sudah ter-install di ponsel dan terhubung dengan akun LinkAja.

·         Lakukan pengisian BBM Pertalite untuk motor Anda.

·         Silakan meminta QR Code pembayaran dari operator SPBU Pertamina.

·         Pilih “Bayar” pada aplikasi MyPertamina.

·         Scan QR Code yang diberikan oleh operator SPBU Pertamina.

·         Tunggu bukti pembayaran hingga muncul dan status dinyatakan berhasil.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *