Catat! Festival Arsitektur Paling Dinantikan ARCH:ID, Akan Kembali Diselenggarakan Tahun Ini

Festival arsitektur ARCH:ID kembali digelar pada 16-19 Maret 2023 di ICE BSD Tangerang.

217
0
ARCH:ID

Festival arsitektur yang paling banyak dinantikan yakni ARCH:ID, akan kembali diselenggarakan tahun ini pada 16 – 19 Maret 2023 mendatang. ARCH:ID yang diusung Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan PT. CIS Exhibition akan digelar di ICE BSD Tangerang dengan mengusung tema “Identitas”.

Menurut Ketua Umum IAI Georgius Budi, acara ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi para arsitek dan industri terkait lainnya untuk berdialog dan berkolaborasi.

“ARCH:ID merupakan wadah bagi para place maker untuk bertemu, saling menjalin serta membina jejaring. Serta menjadi sebuah ruang dimana stakeholder arsitektur Indonesia dari hulu ke hilir membangun bersama-sama arsitektur sebagai bagian dari peradaban,” kata Bapak Georgius.

ARCH:ID

Nah, pada acara festival arsitektur ini kamu bisa mengikuti dua program inti dari acara, yakni pameran dan konferensi. Kegiatan pameran dikemas dengan konsep arsitektur dan desain yang kental. Lalu kegiatan konferensi internasional kali ini mengundang pembicara global dan lokal yang berasal dari lintas disiplin dengan beragam perspektif menarik terkait ilmu arsitek.

“Program-program dalam ARCH:ID kali ini dirancang untuk berbicara dalam rangkaian benang merah terkait tema ‘Identitas?’, dengan kembali mengangkat potensi geografis Indonesia, akar budaya, serta pendekatan desain dan teknologi karya anak bangsa, yang tersampaikan serentak dari Barat ke Timur Indonesia”, papar Project Director ARCH:ID 2023, Firman Herwanto.

Perhelatan ARCH:ID yang ketiga ini didukung dan berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Menariknya, acara ini direncanakan akan dibuka langsung oleh Menteri Parekraf, Bapak Sandiaga Uno.

Tidak hanya itu, festival yang dijuluki sebagai The Most Awaited Architecture Trade Event in Indonesia ini juga berkolaborasi dengan Perguruan Tinggi Arsitektur Indonesia melalui program ARCH:ID Goes to Campus. Kampus arsitektur akan diminta untuk membentuk tim dan membuat desain sebuah bangunan publik dengan site yang real. Nantinya, desain bangunan tersebut akan direncanakan dan dirancang sebagai tafsiran kontekstual atas konsep “Identitas?” yang menjadi tema ARCH:ID.

ARCH:ID juga akan kembali menampilkan program-program unggulan lainnya. Seperti, pameran terkurasi (kolaborasi brand x arsitek), Featured Exhibition & Installation, Talk Series, Obrolan Tuju-Tuju, BIM Adoption 101, ARCH:ID Night & Best Booth Awards, Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) IAI, Sosialisasi Program IAI, 4 Nations Meeting yang terdiri dari (Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand) dan program menarik lainnya.

Wah, bagi Oppal gengs yang tertarik dalam bidang arsitektur atau sedang menekuni kuliah arsitektur, bisa banget nih kunjungi ARCH:ID di ICE BSD Tangerang. Apalagi acara pameran ini akan terbuka untuk umum dan gratis. Tunggu apa lagi? Untuk mengunjungi pameran ARCH:ID, Oppal gengs dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui link berikut http://www.arch.id/visitor/ .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *