Daerah Ini Diprediksi Akan Diguyur Hujan Saat Hari Raya Imlek 2023

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diprediksi akan turun pada Hari Raya Imlek 2023.

189
0
Hari Raya Imlek

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuat prediksi akan adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah saat Hari Raya Imlek 2023 yang jatuh pada 22 Januari.

Hal ini langsung diucapkan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Bapak Guswanto, pada hari Kamis, 19 Januari 2023. “Khusus untuk periode Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, potensi hujan intensitas sedang sampai lebat tidak merata perlu diwaspadai di sebagian wilayah,” kata Bapak Guswanto dikutip dari kompas.com.

Ilustrasi hujan / Shutterstock

Potensi ini dianalisa berdasarkan dinamika atmosfer BMKG, yang terlihat bisa memicu hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia, hal ini juga mengingat Monsun Asia masih cukup aktif di wilayah Asia.

Sementara itu, potensi seruakan dingin dan aliran lintas ekuator tidak terlalu aktif pada saat ini, namun masih bisa meningkat dalam sepekan ke depan. Hal ini berdampak secara tidak langsung pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

“Selain itu, gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin saat ini cukup aktif di wilayah timur Indonesia dan turut memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan,” tambah Bapak Guswanto.

Prediksi Daerah yang Akan Diguyur Hujan Pada Perayaan Imlek 2023

BMKG memrediksi hampir seluruh wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada Hari Raya Imlek 22 Januari 2023 mendatang. Hal ini juga bersamaan dengan libur panjang yang diberlakukan pemerintah Indonesia.

Ilustrasi hujan / Shutterstock

Oleh karenanya, prediksi cuaca ini sangat berguna untuk kamu yang akan melakukan liburan bersama keluarga menyambut long weekend ini ya gengs. Berikut OPPAL berikan daerah yang diprediksi akan diguyur hujan selama perayaan Hari Raya Imlek 2023.

Aceh

Sumatra Utara

Sumatra Barat

Kepulauan Riau

Bengkulu

Jambi

Sumatra Selatan

Kepulauan Bangka Belitung

Lampung

Banten

Jawa Barat

DKI Jakarta

Jawa Tengah

Jawa Timur

Bali

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Timur

Kalimantan Barat

Kalimantan Tengah

Kalimantan Utara

Kalimantan Timur

Kalimantan Selatan

Sulawesi Tengah

Sulawesi Selatan

Sulawesi Utara

Gorontalo

Maluku Utara

Maluku

Papua Barat dan Papua

Baca Juga: “Rekomendasi Restoran di Hotel Ternama Jakarta untuk Rayakan Imlek

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *