Don’t Miss It! Puncak Hujan Meteor Bisa Dilihat di Langit Indonesia Pada 12-13 Agustus 2023

Ready to make a wish?

59
Fenomena Hujan Meteor

Sudah tahu belum, kalau fenomena hujan meteor perseid bakal mencapai puncaknya pada tanggal 12-13 Agustus 2023? Di pertengahan Agustus ini, hujan meteor kabarnya akan terjadi dari satu titik langit di rasi bintang Perseus, sehingga fenomena ini dikenal sebagai hujan meteor perseid.

Menurut situs BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional), hujan meteor adalah fenomena yang terjadi ketika sejumlah batuan meteor melintasi atmosfer Bumi di antariksa.

Ketika Bumi melewati orbit meteor, akan ada batuan yang jatuh ke atmosfer Bumi. Nah, saat meteor masuk Bumi melalui atmosfer, dia akan terbakar sehingga seakan terlihat seperti komet.

Hujan meteor perseid di Indonesia

Fenomena Hujan Meteor
Ilustrasi hujan meteor/shutterstock

Hujan meteor perseid terjadi pada 17 Juli-24 Agustus 2023. Tetapi, puncaknya baru akan terjadi di langit pada tanggal 12-13 Agustus 2023.

Kepala BRIN, Pak Emanuel Sungging mengatakan, biasanya hujan meteor terjadi selama satu minggu di antara durasi waktu puncaknya.

“Iya (tanggal puncak 12-13 Agustus 2023). Biasanya hujan meteor ada sepekan kurang lebih. Tanggal-tanggal tersebut biasanya pada puncaknya atau yang terbanyak,” kata Pak Emanuel Sungging.

Selain itu, Pak Sungging juga mengungkapkan, puncak hujan meteor perseid paling baik dilihat pada 12-13 Agustus 2023 selama waktu pengamatan pukul 00.14-05.36 WIB.

Anyway, fenomena isi bisa kamu lihat di seluruh langit Indonesia. Tapi, untuk melihatnya disarankan di lokasi terbaik, yang mana spot terbaik itu di tempat yang gelap.

Puncak hujan meteor perseid bisa dilihat oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa bantuan alat. Satu hal penting yang perlu kamu tahu, hujan meteor juga enggak berdampak bahaya bagi Bumi.

Cara menonton hujan meteor perseid

Fenomena Hujan Meteor
Ilustrasi menonton hujan meteor/shutterstock

Melansir Space, hujan meteor perseid bisa terlihat dalam kondisi paling baik di belahan Bumi bagian utara hingga garis lintang pertengahan selatan.

Dalam puncaknya, fenomena ini bakal menampilkan hujan meteor sebanyak 60 hingga 100 buah per jam.

Untuk mendapatkan experience terbaik, sebaiknya pengamatan dilakukan di tengah malam sampai sebelum fajar. Tempat pengamatan harus gelap dan jauh dari penghalang.

Tapi, sebelum melakukan pengamatan, pastikan juga pengamat berada di lokasi yang gelap dan membiasakan penglihatan selama 30 menit. Kemudian duduklah dengan santai sambil menungggu munculnya hujan meteor.

Hujan meteor perseid ini menunjukkan sejumlah meteor yang terang dengan ekor seakan terbakar dan dapat bertahan selama beberapa detik.

Buat kamu yang enggak pengin ketinggalan, jangan lupa saksikan fenomena hujan meteor perseid pada 12-13 Agustus. Y’all ready to make a wish?

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!