Festival Batavia Kota Tua, Berakhir Pekan dengan Nuansa Seni, Budaya, dan Sejarah

233
0

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta mengadakan Festival Batavia Kota Tua di Taman Fatahillah pada 26-28 Agustus 2022. Nikmati ragam pertunjukan dari para musisi Betawi maupun nasional serta komunitas budaya, sekaligus suasana Kota Tua terkini.

Festival Batavia Kota Tua resmi dibuka oleh Bapak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Jumat, 26 Agustus 2022. Anies mengundang warga Jakarta dan sekitarnya untuk meramaikan acara ini sambil melihat-lihat kawasan Kota Tua yang proses revitalisasinya hampir rampung.

Selain pembukaan oleh Gubernur DKI Jakarta, hari pertama Festival Batavia Kota Tua juga disemarakkan oleh musisi akustik Kota Tua, Reog KRP Bantaringin Jakarta, Kojek Rap Betawi, dan Pemuda Sinarmas. Di hari kedua, yaitu hari Sabtu, 27 Agustus 2022, festival diisi oleh Mocca, Bilal Indrajaya, Fleur, Dekat, Komunitas Kota Tua, Lembaga Kebudayaan Betawi, dan Duo Libra. Di hari Minggu ini, 28 Agustus 2022 yang menjadi hari terakhir acara, ada Sore, Nonaria, Basboi, Putra Timur, Komunitas Kota Tua, dan Petak Enam Pecinan. Pertunjukan berlangsung di sebuah panggung yang dibangun di depan Museum Fatahillah.

Tidak hanya pertunjukan musik dan budaya, warga yang datang juga bisa berwisata kuliner dengan mengunjungi berbagai tenant makanan dan minuman yang bervariatif dengan harga terjangkau di area bazar. Tenant UMKM ini merupakan hasil kurasi Jakpreneur dan Sore Santai Market. Ada pula special booth dan workshop dari Rumah Atsiri Indonesia.

Festival yang berlangsung dari pukul 10 pagi hingga pukul 8 malam ini tidak menerapkan tiket masuk alias gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *