First Impression itu Penting, Baca Tips Wawancara Kerja Ini Biar Gak Gugup

Karena gugup, jawaban yang kita berikan bisa jadi berantakan atau salah loh.

161
0
Ilustrasi wawancara kerja

Rasa cemas dan gugup memang biasa datang ketika kamu pertama kali ingin interview kerja. Hal ini memang biasa terjadi apalagi kamu adalah seorang lulusan baru atau fresh graduate. Tahap interview kerja ini juga merupakan salah satu yang asing bagi para lulusan baru.

Bahkan, tidak sedikit saking gugupnya bikin salah saat menjawab pertanyaan dari HRD ataupun user perusahaan yang dilamar.

Well, supaya kamu enggak gugup dan sukses dalam interview kerja pertama kali, OPPAL akan memberikan beberapa tips untuk para lulusan baru agar interview ini bisa berjalan sukses dan mulus. Apa saja itu? Let’s go!

Cari Tahu Posisi yang Dilamar serta Perusahaannya

Melakukan riset sebanyak-banyaknya tentang posisi dan perusahaan yang dilamar menjadi suatu hal wajib bagi kamu. Poin ini sangat penting ketika nanti kamu ditanya soal seberapa paham tentang pekerjaan yang kamu lamar beserta perusahaannya.

Jangan sampai kamu datang ke tempat wawancara tanpa mengetahui apa pun mengenai posisi atau perusahaan yang sedang kamu lamar.

Riset ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, misalnya membuka website perusahaan tersebut, membuka media sosialnya, dan mencari berita seputar perusahaan itu. Tiga langkah ini menjadi cara paling sederhana, ditambah dengan kemajuan teknologi saat ini.

Pelajari Jenis Pertanyaan Saat Interview

Sumber forto: Unsplash

Poin berikutnya yang harus kamu lakukan saat ingin interview kerja pertama kali adalah pelajari jenis pertanyaan yang akan ditanyakan rekruter. Buat kamu fresh graduate, hal ini memang terlihat asing, namun kini di internet sudah banyak bocoran jenis pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh HRD pada saat interview kerja pertama kali.

Berlatih Menjawab Pertanyaan Interview

Banyak orang sukses berkata bahwa latihan adalah cara yang paling ampuh untuk menaklukkan sesuatu. Nah, hal ini juga berlaku untuk kamu yang mau interview kerja pertama kali. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk latihan menjawab pertanyaan dari HRD. Kalau kamu bingung, kamu bisa klik di sini.

Ada baiknya juga kamu latihan di depan kaca dan perhatikan kembali jawaban kamu, apakah sudah jelas dan mudah dimengerti atau belum. Pastikan juga kamu menggunakan bahasa yang sopan kepada rekruter.

First Impression is Important

Poin yang satu ini memang agak sulit dilakukan, tapi kamu pasti bisa. Menciptakan kesan pertama yang baik akan menjadi nilai lebih para rekruter. Tipsnya sangat sederhana, misalkan saja menggunakan pakaian yang sopan hingga bertutur kata yang ramah.

Selain itu, perhatikan gestur wajah dan mimik wajah kamu saat interview, hal ini akan berkaitan dengan kesan pertama kamu di mata rekruter.

Jangan Saltum atau Salah Kostum

Berpakaian yang rapi memang menjadi hal penting untuk interview kerja. Namun, harus diingat pula harus disesuaikan dengan posisi yang kamu lamar. Jika kamu melamar ke industri kreatif, jangan pula menggunakan baju hitam putih saat pertama kali interview.

Sama halnya jika kamu melamar ke instansi pemerintah atau ke bank swasta, jangan pula kamu memakai celana jeans dan baju flannel. Sesuaikan tempat kamu melamar pekerjaan dengan kostum yang akan kamu kenakan.

Baca Juga: “Jangan Gugup! Ini 5 Tips Sukses Interview Kerja untuk Para Introver

Oiya, jangan lupa berdoa sebelum berangkat interview kerja ya Gengs. Minta doa restu kepada orang tua kamu supaya hasil terbaik akan kamu dapatkan. Semangat dan semoga sukses OPPAL Gengs.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *