Fourth of July, Hari Kemerdekaan AS yang Identik dengan Kembang Api

Perayaan hari kemerdekaan di AS ini dikenal sangat meriah.

52
Perayaan 4th of July AS

Hari ini, tanggal 4 Juli 2023 diperingati sebagai hari kemerdekaan Amerika Serikat yang biasa disebut juga Fourth of July. Peringatan hari ini ditetapkan menjadi hari libur nasional di Amerika Serikat sejak tahun 1870.

Selama peringatan, biasanya digelar sejumlah acara seperti pesta kembang api, tradisi parade, karnaval, pameran, konser, sampai upacara. Mungkin sebagian orang belum tahu bagaimana sejarah peringatan ‘Fourth of July’ atau hari kemerdekaan di AS itu. Berikut ulasan selengkapnya.

Sejarah Fourth of July di Amerika Serikat

Ilustrasi Fourth of July/unsplash

Melansir Tirto.id, berdasarkan situs History.com, Fourth of July terjadi di era revolusi Amerika. Pada tanggal 2 Juli 1776, Kongres Kontinental memberikan suara untuk mendukung kemerdekaan dari Britania Raya atau Kerajaan Inggris.

Dua hari setelahnya, tepatnya 4 Juli 1776, sejumlah delegasi dari 13 koloni mengadopsi Deklarasi Kemerdekaan, sebuah dokumen yang digarap oleh Thomas Jefferson.

Pada pertengahan tahun berikutnya, beberapa negara semakin banyak berdatangan untuk mendukung kemerdekaan tersebut. Hal ini karena meningkatknya permusuhan terhadap Inggris dan penyebaran sentimen revolusioner seperti yang disebutkan dalam pamflet terlaris “Common Sense”, yang diterbitkan oleh Thomas Paine pada awal 1776.

Ketika Kongres Kontinental bertemu di Gedung Negara Bagian Pennsylvania (sekarang Balai Kemerdekaan) di Philadelphia, tepatnya pada tanggal 7 Juni, delegasi Virginia Richard Henry Lee memperkenalkan mosi yang menyerukan kemerdekaan koloni.

Kongres pun menunda pemungutan suara atas resolusi Lee di tengah sengitnya perdebatan, tapi menunjuk komite lima orang, termasuk Thomas Jefferson dari Virginia, John Adams dari Massachusetts, Roger Sherman dari Connecticut, Benjamin Franklin dari Pennsylvania, dan Robert R. Livingston dari New York, untuk menyusun pernyataaan resmi yang membenarkan perpisahan dengan Inggris Raya.

Fourth of July
Ilustrasi bendera Amerika Serikat/unsplash

Melansir Detik.com, pada tanggal 2 Juli, Kongres Kontinental memberikan suara mendukung resolusi Lee untuk kemerdekaan dalam pemungutan suara yang hampir bulat. Pada hari itu juga, John Adams menulis kepada istrinya, Abigail, bahwa 2 Juli akan dirayakan oleh generasi berikutnya sebagai festival ulang tahun yang hebat, dan perayaan itu harus mencakup kemegahan dan parade, game, olahraga, senjata, lonceng, api unggun, dan iluminasi dari satu ujung benua ini ke ujung lainnya.

Tanggal 4 Juli, Kongres Kontinental resmi mengadopsi Deklarasi Kemerdekaan yang sebagian besar ditulis oleh Jefferson. Walaupun pemungutan suara untuk kemerdekaan yang sebenarnya terjadi pada tanggal 2 Juli, sejak saat itu tanggal 4 Juli menjadi hari yang dirayakan dan diperingati sebagai hari lahirnya kemerdekaan Amerika.

Fourth of July pertama kali dirayakan

Tradisi perayaan Fourth of July/unsplash

Perayaan Fourth of July sebagai hari kemerdekaan di Amerika Serikat pertama kali dilaksanakan pada 4 Juli 1777 di Philadelphia. Ketika itu perayaannya diwarnai dengan konser, api unggun, parade, penembakan meriam, dan senapan yang biasanya disertai pembacaan publik tentang Deklarasi Kemerdekaan.

Sejak saat itu, orang Amerika terus memperingati hari kemerdekaan tanggal 4 Juli di setiap tahunnya. Tradisi menyalakan kembang api tanggal 4 Juli juga dimulai di Philadelphia pada 4 Juli 1777, sejak perayaan pertama Hari Kemerdekaan AS yang diselenggarakan.

Fourth of July menjadi hari libur

Fourth of July
Tanggal 4 Juli ditetapkan sebagai hari libur nasional di AS/shutterstock

Tradisi perayaan Fourth of July akhirnya semakin berkembang setelah Perang 1812, di mana saat AS kembali menghadapi Inggris Raya. Di tahun 1870, Kongres AS menjadikan tanggal 4 Juli sebagai hari libur federal.

Tahun 1941, penetapan hari libur peringatan Fourth of July diperluas untuk memberikan liburan berbayar kepada semua pegawai federal. Selama bertahun-tahun, kepentingan politik hari libur itu akhirnya menurun, tapi hari kemerdekaan AS tetap menjadi hari libur nasional yang penting dan dianggap sebagai simbol patriotisme.

Tanggal 4 Juli yang jatuh pada pertengahan musim panas kala itu, sejak akhir abad ke-19, peringatan Fourth of July pun telah menjadi fokus utama kegiatan rekreasi dan kesempatan umum untuk kumpul-kumpul bersama keluarga.

Nah, itulah ulasan sejarah tentang peringatan tanggal 4 Juli atau Fourth of July. Semoga bisa menambah pengetahuan kita semua, ya, gengs! Perayaan Fourth of July identik dengan kembang api ya.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!