Good News! Tingkat Gemar dan Waktu Membaca Masyarakat Indonesia Naik di 2022

Hal ini didapat dari hasil survei yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia.

243
0
Ilustrasi ibu dan anak membaca

Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Indonesia naik sebanyak 63,9 poin pada tahun 2022. Angka tersebut meningkat sebesar 7,4% dibandingkan pada tahun sebelumnya di 2021. Informasi ini didapatkan dari survei yang dilakukan oleh Perpustakaan Nasional Indonesia.

Dengan adanya peningkatan angka Tingkat Gemar Membaca itu, bisa diartikan bahwa makin banyak orang Indonesia yang saat ini gemar membaca.

Sebelumnya, di tahun 2021 masyarakat Indonesia yang gemar membaca lewat survei yang dilakukan adalah sebanyak 59,52 poin.

Angka tersebut juga naik dari tahun 2020 yang hanya menyentuh angka 55,74 poin. Adapun penghitungan dari TGM ini didasari pada lima aspek. Mulai dari frekuensi membaca per minggu, sampai dengan durasi akses internet untuk bahan bacaan setiap harinya.

Lebih jauh, survei ini mengatakan bahwa Kota Yogyakarta memiliki skor TGM tertinggi secara nasional dengan 72,29 poin. Kemudian di peringkat kedua diikuti oleh Provinsi Jawa Tengah dengan skor TGM sebesar 70.96 poin.

Ilustrasi anak kecil sedang membaca buku/Unsplash

Adapun skor TGM di Jawa Barat tercatat 70,1 poin. Lalu, Provinsi DKI Jakarta dengan skor 68,71 dan Jawa Timur dengan skor sebesar 68,54 poin.

Untuk wilayah Sumatra Barat, TGM di provinsi ini memiliki skor 66,87 poin, Kalimantan Timur dengan skor 66,84 poin. Daerah di ujung barat Indonesia, Aceh, memiliki TGM dengan skor 65,85. Kemudian disusul oleh Banten dan Bali yang masing-masing mengoleksi 65,7 poin dan 65,59 poin.

Waktu Membaca Ikut Meningkat

Waktu membaca masyarakat Indonesia juga meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Pada survei tersebut, diketahui bahwa masyarakat Indonesia membaca selama 1 jam 37,8 menit per hari.

Ilustrasi seorang perempuan sedang membaca buku/Unsplash

Dan angka ini jika dikonversikan dalam waktu seminggu, masyarakat Indonesia membaca selama 9 jam 56 menit dalam kurun waktu seminggu.

Baca juga: “Unik Banget! Pestapora 2023 Umumkan Line Up Pakai Bahasa Asing

Lebih menarik dari itu semua adalah frekuensi membaca masyarakat Indonesia sebanyak lima kali per minggu. Artinya, dalam satu hari pasti akan ada waktu dimana masyarakat Indonesia akan membaca. Orang Indonesia juga membaca lima bahan bacaan tiap tiga bulan pada tahun 2022.

Waw, semoga minat baca masyarakat terus meningkat dari tahun ke tahun ya Gengs. Sudah baca buku apa hari ini gengss?

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *