Hal yang Harus Dilakukan Saat Gempa Bumi Terjadi, Tetap Tenang!

Akhir-akhir ini gempa bumi sering mengguncang Indonesia. Terbaru, daerah Mentawai, Sumatera Barat beberapa kali diguncang gempa. Berikut tips menghadapi gempa bumi.

262
0
Gempa bumi

Akhir-akhir ini gempa bumi sering mengguncang kawasan Indonesia. Tak mengejutkan, karena Indonesia merupakan salah satu kawasan yang riskan terkena gempa bumi. Terbaru, daerah Mentawai di Sumatera Barat beberapa kali diguncang gempa dengan kekuatan bervariasi.

Mengapa gempa bumi kerap terjadi di Indonesia? Salah satu alasannya adalah karena Indonesia merupakan wilayah yang dilewati oleh beberapa lempengan bumi yang bisa bergerak suatu waktu. Hal ini membuat seluruh masyarakat Indonesia harus memiliki pengetahuan tentang mitigasi gempa bumi yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.

Berikut Oppal berikan beberapa cara mitigasi gempa sederhana yang bisa dilakukan.

  • Jangan Panik

Pada saat gempa bumi terjadi, usahakan untuk tidak panik. Dengan berusaha tidak panik, maka kamu akan bisa berpikir lebih jernih serta bisa mengambil keputusan di tengah situasi sulit. Selain itu, jangan menyebabkan kepanikan terhadap lingkungan dan ikuti arahan petugas yang memang sudah dilatih untuk menghadapi segala bentuk bencana.

  • Segera Keluar dari Bangunan

Ketika gempa bumi terjadi, usahakan secepat mungkin untuk keluar dari bangunan tempat kamu beraktivitas, baik rumah maupun gedung. Hal ini harus segera dilakukan untuk mengindari kamu tertimpa bagian-bagian bangunan yang membahayakan.

  • Jangan Gunakan Lift

Pada saat gempa bumi terjadi, jangan gunakan lift untuk keluar dari bangunan tempatmu berada. Hal ini harus dihindari karena pada saat gempa bumi terjadi, lift akan berhenti beroperasi dan kamu bisa terjebak di dalamnya. Hal ini terjadi karena lift memiliki sensor yang dapat mendeteksi terjadinya gempa, menyebabkan sistemnya akan mati secara otomatis.

  • Gunakan Tangga Darurat

Tangga darurat memang didesain untuk keadaan yang darurat, termasuk gempa bumi atau kebakaran gedung. Jadi, gunakan tangga darurat untuk keluar dari bangunan apartemen atau gedung pada saat gempa bumi terjadi. Namun, jangan berlari ketika menggunakan tangga darurat. Karena berlari pada saat berada di tangga darurat dapat membahayakan dan membuatmu terjatuh, hal ini bisa membuatmu kesulitan untuk keluar dari bangunan, atau bahkan menyulitkan pihak lain yang sedang menyelamatkan diri.

  • Berlindung di Bawah Meja

Berlindung di bawah meja menjadi salah satu cara yang bisa digunakan apabila kondisi tidak memungkinkan bagimu untuk keluar gedung. Cari tempat berlindung di bawah meja untuk menghindari tertimpa bagian bangunan yang berbahan keras. Namun, kamu juga harus memperhatikan suasana sekitar. Jika memungkinkan untuk keluar gedung, segera keluar ya.

  • Segera Keluar dari Mobil

Apabila terjadi gempa dan kamu sedang berada di dalam mobil, segeralah menepi dan keluar dari mobil untuk mencari tempat yang aman. Hal ini diperlukan agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan seperti mobil tertimpa pohon dan lain sebagainya.

  • Hindari Bibir Pantai

Menghindari bibir pantai wajib dilakukan ketika gempa bumi terjadi. Berlarilah ke dataran tinggi untuk menghindari risiko kemungkinan terjadinya tsunami. Tsunami biasanya terjadi usai gempa bumi berkekuatan tinggi melanda. Jauhi bibir pantai sesegara mungkin dan berlarilah ke dataran tinggi untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan terjadi.

Semoga tips-tips di atas bisa membantumu menghadapi bencana, ya.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *