Indonesia Promosikan Kekayaan Budaya Lewat Sosok Ratu Mandalika di Miss International 2022

Runner-up 1 Puteri Indonesia 2022, Cindy May McGuire akan mewakili Indonesia dalam event ini.

359
0
Kostum Dewi Ratu Mandalika

Ajang kecantikan Miss International bakal digelar pada Desember 2022 di Tokyo, Jepang. Runner-up 1 Puteri Indonesia 2022, Cindy May McGuire pun akan mewakili Indonesia dalam event ini.

Menariknya, Cindy akan memakai kostum nasional yang terinspirasi dari legenda Nusantara Tenggara Barat (NTB), Dewi Ratu Mandalika. Kostum tersebut dibuat oleh Jember Fashion Carnival dengan memberikan sentuhan dominasi warna emas sebagai gambaran kemuliaan dan keanggunan.

Selain emas, detail warna merah juga tercermin dari semangat juang Ratu Mandalika dalam memperjuangkan kebaikan dan perdamaian. Kostum ini juga membawa pesan untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia ke kancah internasional lewat sosok Ratu Mandalika.

Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kuswisnuwardhani, mengatakan busana tradisional dari Indonesia memiliki banyak inspirasi dan perlu diperkenalkan di ajang kecantikan seperti ini.

“Jadi, kami ingin mengangkat budaya dan fesyen Indonesia dengan membawa busana atau kostum nasional yang mungkin belum pernah dibawa ke luar Indonesia, seperti dari Nusa Tenggara Barat,” ucap Putri saat konferensi pers, Senin, 21 November 2022.

“Ini juga menjadi salah satu cara untuk mempromosikan produk-produk dan pariwisata Indonesia yang begitu kaya,” tambah dia.

Di samping itu, Cindy yang akan mewakili Indonesia nantinya akan bersaing dengan finalis dari 69 negara di Miss International 2022. Kontes kecantikan internasional itu akan digelar dari tanggal 30 November hingga 13 Desember 2022. Sedangkan, Grand Final Miss International 2022 akan berlangsung pada 13 Desember 2022 di Tokyo Dome City Hall, Jepang.

Cindy yang kini menempuh pendidikan di University of New South Wales juga mengaku enggak sabar, bahkan sangat excited untuk mengikuti ajang kecantikan internasional sekaligus berbagi cerita tentang budaya Indonesia yang indah.

Sekadar informasi, Miss International merupakan ajang kecantikan terbesar di dunia setelah Miss Universe dan Miss Supranational. Yayasan Puteri Indonesia telah mengirimkan Puteri Indonesia ke ajang tersebut sejak tahun 2006.

Wah, keren banget! Semoga budaya Indonesia bisa semakin dikenal di dunia.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *