Ini Bantuan yang Bisa Kita Berikan untuk Korban Gempa Cianjur

Jenis bantuan ini sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 01 Tahun 2013.

240
0
Helping people Bantuan

Peristiwa gempa bumi baru saja menimpa daerah Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11) siang kurang lebih pukul 13.21 WIB. Gempa Cianjur yang bermagnitudo 5,6 ini menurut data BNPB menewaskan 162 orang dengan lebih dari 2.345 unit bangunan dan rumah rusak.

Selain itu, gempa bumi ini juga menyebabkan kurang lebih 13.784 orang mengungsi dari rumahnya dan kini harus tinggal di tenda darurat yang sudah dibuat oleh pihak terkait. Nah, untuk membantu para pengungsi ini, ada beberapa bantuan yang bisa kita berikan sesuai dengan Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 01 Tahun 2013.

Ilustrasi manusia saling membantu / Shutterstock

Pada pasal 3 tentang pemberian bantuan ini juga harus berpedoman kepada prinsip-prinsip prioritas kepada kelompok rentan, nondiskriminasi, cepat, dan tepat. Lantas, bantuan apa saja yang bisa diberikan dan diperlukan oleh korban bencana alam seperti gempa Cianjur? Berikut kami berikan informasinya.

Bantuan yang Bisa Diberikan Kepada Korban Gempa Bumi

Bantuan Relokasi Sementara

Ilustrasi pengungsi gempa di depan tenda / Shutterstock

Bantuan ini sangat diperlukan bagi para korban yang kehilangan tempat tinggal atau yang tidak memungkinkan tinggal di rumahnya, maka perlu diberikan tempat tinggal sementara yang layak.

Bantuan Kebutuhan Pokok

Foto para relawan sedang menurunkan bantuan dari pesawat TNI / Shutterstock

Bantuan pokok yang bisa diberikan kepada para korban bencana alam seperti gempa Cianjur adalah kebutuhan sehari-hari mencakup makanan siap saji, air bersih, sembako, obat-obatan, makanan ringan, biskuit, dan susu untuk anak bayi dan lain sebagainya.

Pakaian dan Selimut

Foto para petugas relawan sedang membawa bantuan korban bencana alam / Shutterstock

Lokasi pengungsian menjadi tempat darurat bagi setiap korban bencana, mereka bisa berhari-hari di sana sambil menunggu keadaan aman dan kondusif. Cuaca yang dingin tentu membuat tubuh mereka kedinginan.

Hal inilah yang membuat selimut menjadi salah satu prioritas untuk para pengungsi korban bencana. Selain itu, pakaian juga menjadi salah satu kebutuhan utama karena biasanya para pengungsi tidak membawa banyak pakaian yang ditinggal di rumah.

Bantuan Peralatan Darurat

Para korban bencana alam terlihat sedang bahu membahu mendapatkan bantuan / Shutterstock

Bantuan peralatan darurat ini sangat dibutuhkan oleh para pengungsi di lokasi bencana alam. Pasalnya korban bencana alam membutuhkan tenda darurat, peralatan masak, genset listrik, lampu darurat, alat-alat berat untuk evakuasi korban, pompa air darurat, peralatan medis, peralatan makan minum, dan lain sebagainya, untuk terus bisa bertahan di tengah kondisi yang tidak menentu.

Bantuan Bimbingan Konseling

Salah satu relawan sedang memberikan pengobatan para korban bencana alam / Shutterstock

Bencana alam bisa menyebabkan manusia menjadi stress hingga depresi. Peran bimbingan konseling di sini sangat dibutuhkan untuk mengembalikan mental para pengungsi ini. Karena ini merupakan salah satu hal yang cukup penting juga untuk para pengungsi. Bertahan dengan keadaan psikologis usai terkena bencana tidak mudah, namun perlahan bisa diperbaiki jika dihadapkan kepada orang yang tepat.

Selain itu, ada juga bantuan untuk mereka yang punya kebutuhan khusus, seperti anak bayi dan lansia. Mulai dari popok, susu, tongkat, hingga kursi roda.

Untuk kamu yang ingin membantu dan berbagi dengan saudara kita yang sedang mengalami bencana alam gempa bumi di Cianjur, tinggal klik di sini untuk memberikan donasi kepada meraka. Terima kasih sudah menjadi yang terbaik untuk membantu sesama.

Rio
WRITTEN BY

Rio

Menulis seakan sudah menjadi kebiasaan untuk saya sejak kuliah. Skill ini terus berkembang sampai saat ini. Dimulai dari Liputan6.com sampai sekarang pekerjaan yang saya geluti seputar menulis artikel. Dan saat ini, Oppal Media adalah tempat saya untuk kembali belajar dan membuktikan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *