Jakarta dan Kuala Lumpur Jadi Destinasi Liburan Favorit Warga Indonesia di 2022

Jakarta jadi destinasi liburan favorit warga Indonesia mengalahkan Kuta dan Yogyakarta!

155
0
Ilustrasi Kota Jakarta

Google baru-baru ini merilis laporan Google Year in Search 2022, di mana laporan tersebut menemukan bahwa minat masyarakat untuk liburan dan traveling ke luar negeri meningkat hingga hampir tiga kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum pandemi. Tak hanya itu, yang mengejutkan Jakarta juga jadi destinasi liburan favorit mengalahkan Kuta!

Well, tahun 2022 memang bisa dibilang menjadi tahun reuni, relaksasi, dan kebangkitan perjalanan. Seiring dengan pelonggaran pembatasan dari pemerintah, masyarakat Indonesia semakin bersemangat untuk kembali bepergian serta merencanakan perjalanan yang penuh makna.

Dan bicara soal traveling, sepertinya masyarakat Indonesia sudah “gatal” untuk pergi ke luar negeri. Dimulai dari mempersiapkan paspor terlebih dahulu (yang kini berlaku untuk 10 tahun, dan bisa dibuat hanya dalam satu hari, yes!), kemudian berlanjut pada hunting membeli tiket, minat terhadap perjalanan internasional pun melambung hingga 280%.

Menurut siaran pers yang OPPAL dapatkan dari Google pada 17 Februari 2023, kenaikan tersebut bahkan diperkirakan lebih tinggi dari periode sebelum pandemi yang dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

Selain itu, laporan dari Google tersebut juga menunjukkan beberapa destinasi wisata terpopuler yang diincar oleh masyarakat Indonesia di mancanegara dan domestik. Dalam laporan tersebut, Jakarta menjadi destinasi traveling favorit warga Indonesia, mengalahkan Kuta dan Yogyakarta. Sedangkan kota traveling favorit mancanegara adalah Kuala Lumpur, mengalahkan Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok), Sydney dan London.

liburan Year in Search Google
liburan Year in Search Google

Yang lebih menarik lagi, masyarakat juga mencari yang cara baru dan berarti untuk merasakan tempat liburan terbaik. Banyak masyarakat yang mulai merencanakan liburan mereka dengan aktivitas baru dan bermakna, baik untuk memenuhi bucket list atau pun sebagai self reward atau self development.

  • Penelusuran pada “perjalanan healing” meningkat 40%.
  • Penelusuran pada “glamping” meningkat 40%.
  • Penelusuran pada “event lari” + event sepeda“ naik 42%.
  • Penelusuran pada “festival trip” melompat lebih dari 90%.

Selain tujuan liburan yang lebih bervariasi, masyarakat Indonesia juga terlihat mencari produk-produk “portable” untuk kemudahan dan kenyamanan saat berwisata. Beberapa peralatan elektronik seperti “nano spray” dan “hair dryer” menjadi dua produk yang ditelusuri untuk merencakan liburan.

Kalau kamu, sudah liburan ke mana saja di tahun 2022 kemarin?

Alvin
WRITTEN BY

Alvin

Lifestyle and Entertainment Editor at Oppal, who mainly obsesses over all things pop culture, pizza, and boba drinks with equal enthusiasm. Covering everything from celebrities profile to the best TV shows.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *