JF3 Fashion Festival 2022, Bentuk Dukungan untuk Industri Mode dan Pelestarian Budaya Indonesia

370
0

JF3 Fashion Festival kembali digelar setelah dua tahun absen karena pandemi. Acara ini diselenggarakan di Summarecon Mall, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Memasuki tahun ke-18, JF3 Fashion Festival ini digelar pada 1 September hingga 11 September 2022.

“Dua tahun pandemi banyak sekali yang kami lakukan untuk berbenah dan introspeksi untuk merencanakan apa yang bisa dilakukan untuk berkontribusi pada industri mode dan kuliner,” kata Chairman JF3, Soegianto Nagaria, Kamis (1/9).

JF3 merupakan sebuah upaya dalam mendukung industri mode Tanah Air dan pelestarian budaya. Selain itu, acara ini juga dibuat dengan berkolaborasi bersama sejumlah pihak, seperti PT Summarecon Agung Tbk, Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lewat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

“Tahun ini diselenggarakan secara offline karena pandemi sudah cukup terkendali. Kami menilai kekuatan bertemu, melihat langsung itu banyak membantu. Kami ingin lebih dikenal secara luas lagi,” ucap Soegianto Nagaria dalam konferensi persnya di La Piazza, Summarecon Kelapa Gading.

JF3 Fashion Festival tahun ini mengusung tema cultural diversity dan sustainability dengan menampilkan keragaman budaya Indonesia. Hal tersebut terwujud dengan hadirnya desainer, brand lokal, dan UMKM berbasis mode yang mempunyai visi serupa, yakni mengangkat budaya dalam karya mereka, baik di atas runway maupun pameran fashion village.

Tak hanya itu, JF3 Fashion Festival yang digelar selama 11 hari ini menyuguhkan beragam agenda menarik, khususnya bagi para pencinta mode. Berikut rangkaian lengkapnya.

Fashion Festival

Fashion Festival ini merupakan rangkaian fashion show yang menampilkan karya-karya dari desainer dan brand terkemuka di Indonesia. Gelaran Fashion Festival ini digelar pada tanggal 1-6 September 2022.

Tak hanya itu, Fashion Festival dalam JF3 ini dibuat dengan menggunakan teknologi terkini. Dengan begitu, pengalaman terbaik akan dihasilkan bagi pelaku presentasi mode mana pun.

Rangkaian fashion show dilengkapi dengan tata lampu, runway, dan fasilitas pendukung lainnya yang memenuhi standar panggung dunia. Hal ini bertujuan untuk dapat benar-benar mengangkat detail keindahan setiap koleksi yang akan dipresentasikan.

Fashion Festival ini juga dibuka dengan pemberian apresiasi kepada tiga tokoh yang dinilai telah berkontribusi terhadap industri mode Indonesia.

Ketiga tokoh tersebut adalah Sebastian Gunawan yang diberi penghargaan dalam kategori desainer fashion, JIM Model untuk kategori fashion support, dan Julie Estelle sebagai pelopor agensi model Tanah Air dan kategori fashion icon.

Kemudian, rangkaian Fashion Festival ini menampilkan pagelaran sebuah presentasi ragam aksesori dan perhiasan yang terinspirasi budaya nusantara, yang merupakan hasil kolaborasi The Palace dan Samuel Wattimena.

Tak hanya itu, Fashion Festival di JF3 juga menampilkan parade karya pelaku mode dari brand dan desainer ternama. Mereka adalah Wilsen Willim, Didi Budiardjo, Tities Sapoetra, Danny Satriadi, Ivan Gunawan, dan Mel Ahyar.

Kolaborasi 60 brand lokal dari LAKON Store, Danjyo Hiyoji serta beberapa institusi fashion Indonesia seperti Dekranasda Nusa Tenggara Timur, APPMI, IPMI, dan Cita Tenun Indonesia pun ditampilkan.

Sementara itu, puncak acara rangkaian fashion show akan ditutup dengan kolaborasi antara Lakon Indonesia dengan seniman ‘maestro’ batik Indonesia, Cahyo dari Pekalongan, Jawa Tengah, bertajuk ‘Lorong Waktu’, pada 6 September 2022.

Fashion Village

Acara ini merupakan eksibisi UMKM, brand lokal, dan pelaku mode. Fashion Village juga menampilkan ragam produk lokal bertema budaya yang sudah dikurasi, serta wastra nusantara, seperti batik dan tenun.

Rangkaian Fashion Village ini diikuti oleh 51 tenant yang dilengkapi berbagai instalasi, yang memberikan informasi pentingnya fesyen berkelanjutan. Acara ini berlangsung pada 1-11 September 2022.

JF3 Model Search dan Pintu Incubator

JF3 Fashion Festival juga membuka rangkaian regenerasi dan pencarian bakat baru pelaku mode lewat JF3 Model. Audisi dilakukan di tiga kota, yakni Medan, Surabaya, dan Jakarta.

Audisi tersebut berhasil diikuti dengan antusias dan mampu mendapatkan talenta baru yang potensial untuk ikut berpartisipasi membangun industri mode Tanah Air di masa depan.

Di samping itu, ada program baru yang dihadirkan dalam JF3 tahun ini, yaitu Pintu Incubator. Ini merupakan sebuah hasil kolaborasi bersama Lakon Indonesia dan Kedutaan Besar Perancis.

Kolaborasi tersebut dilakukan untuk mendorong perkembangan brand lokal dalam program inkubasi yang terdiri dari serangkaian kegiatan mentorship yang terintegrasi dengan panggung JF3 Fashion Festival 2022.

Seluruh rangkaian JF3 Fashion Festival tentunya digelar dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, seperti wajib mengenakan masker dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat utama untuk masuk ke Summarecon Mall Kelapa Gading.

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *