Kahf Ajak Masyarakat Sebarkan Hal-Hal Positif Lewat Kampanye #PerjalananBerKahf

Kahf mengajak kita untuk beramal dan menjadi berkah sesuai kreativitas masing-masing.

143
Kahf

Merek lokal perawatan diri halal dan modern untuk pria, Kahf, memperkenalkan kampanye #PerjalananBerKahf dengan tagline “Ada keberkahan dalam setiap perjalanan”, dalam acara Kahf Ramadan Gathering yang digelar di The Dharmawangsa Hotel pada Senin, 10 April 2023.

Kampanye ini sebenarnya telah bergulir dari awal bulan, dengan menghadirkan masjid di Desa Poco Dedeng Kecamatan Lembor Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Bekerjasama dengan Yayasan Mesjid Nusantara, masjid ini dinamai masjid Al-Kahf.

Lewat kampanye #PerjalananBerKahf ini, Kahf juga ingin mengajak masyarakat melalui ratusan komunitas untuk beramal dan menjadi berkah dengan kreativitas masing-masing.

Kahf
Sesi diskusi acara #PerjalananBerKahf /OPPAL

Sejauh ini, kampanye tersebut telah memberdayakan 100 komunitas terpilih dari 18 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh, Medan, Bukit Tinggi, Pekanbaru, Palembang, Jakarta, Bekasi, Bogor, Bandung, Samarinda, Semarang, Yogyakarta, Banjarmasin, Surabaya, Malang, Bali, Makasar, hingga Mataram.

Kampanye akan terus berjalan sampai akhir tahun ini dengan menargetkan tiga masjid selesai dibangun, yang juga bekerja sama dengan Yayasan Masjid Nusantara, di mana masjid Al-Kahf adalah yang pertama.  

“Peluncuran kampanye #PerjalananBerKahf ini sesuai dengan visi Kahf, yaitu memberikan kontribusi positif dan menyebarkan kebermanfaatan kepada lingkungan sekitar melalui semangat ‘brotherhood” yang menjadi semangat penggerak program-program Kahf,” ujar Billy Dharmawan selaku Brand Manager KAHF.

“Kampanye #PerjalananBerKahf sudah berjalan dari awal bulan puasa dan telah mewujudkan hasil nyata yaitu pembangunan mesjid di daerah terpencil berkolaborasi dengan Yayasan Mesjid Nusantara. Besar harapan kami kampanye ini dapat melibatkan lebih banyak komunitas sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal bagi masyarakat secara berkelanjutan” lanjut Billy.

Kahf
Deretan produk Kahf dalam acara Kahf Ramadan Gathering/OPPAL

Anyway, Masjid Al-Kahf berada di desa terpencil di Kecamatan Lembor, Kabupaten Manggarai Barat. Untuk mencapai desa ini bisa ditempuh dengan mobil kurang lebih 4-5 jam dari Labuan Bajo.

Masjid ini sebenarnya sudah berdiri dari tahun 60-an dan sudah mengalami beberapa kali pemugaran dengan bahan seadanya. Masjid berukuran 8×8 meter ini tadinya berdinding seng dan bambu.

“Sungguh sebuah berkah Ramadan dapat berkolaborasi dengan Kahf dalam memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di pelosok Indonesia. Melalui kampanye #PerjalananBerKahf, seperti pembangunan masjid Al-Kahf ini, kami berharap bisa membantu memenuhi kebutuhan masyarakat setempat akan tempat ibadah yang layak dan nyaman. Hal ini sejalan dengan visi dari Yayasan Masjid Nusantara sendiri,” kata Direktur Yayasan Masjid Nusantara, Pras Purworo.

Proses pembangunan sudah dimulai sejak 22 Maret 2023, yang diawali dengan membongkar dan merobohkan bangunan masjid yang lama. Saat ini, bangunan masjid yang memiliki luas menjadi 9×9 meter, sudah sampai pada tahap pengerjaan dinding dan atap, lalu akan segera menyusul pemasangan jendela dan pintunya. Masjid Al-Kahf direncanakan akan selesai dibangun seminggu sebelum Idul Fitri sehingga dapat digunakan masyarakat untuk melaksanakan salat Idul Fitri.

Adhin Abdul Hakim selaku aktor dan host dari Yayasan Masjid Nusantara juga mengatakan kalau ia menyaksikan sendiri bagaimana progres dari pembangunan Mesjid Al-Kahf di Sumba beberapa waktu lalu.

Masyarakat Desa Poco Dedeng juga sangat antusias dalam pengerjaan pembangunan masjid ini, sebelum mulai pengerjaan bahkan mereka sudah menampung air hujan yang nantinya dibutuhkan dalam pembangunan fisik masjid.

Setiap hari masyarakat secara bergantian ikut swadaya mulai dari mengangkat bahan bangunan, mengaduk semen, dan pekerjaan-pekerjaan sederhana lain. Adhin merasa ini ini seperti menjadi refleksi diri atas apa yang telah ia perbuat dalam amal ibadah pribadinya di tahun ini.

Melalui kampanye #PerjalananBerKahf, ia berharap semakin banyak orang yang terinspirasi untuk ikut beramal dalam pembangunan masjid di seluruh Indonesia.

Ricky Harun selaku aktor dan representatif Kahf Bro mengungkapkan, “Saya sangat terinspirasi dengan kampanye #PerjalananBerKahf ini. Mewakili Kahf Bro, saya menghargai upaya Kahf dalam memfasilitasi komunitas untuk berbuat kebaikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu masalah sosial atau lingkungan.”

“Semangat ‘brotherhood‘ di Ramadan ini fokus memotivasi orang untuk melakukan aksi bantu sesama sebagai bentuk dari amanah ibadah, serunya lagi sesuai dengan versi dan kreativitas masing-masing,” tambah Ricky.

Kahf
Sesi foto bersama di Kahf Ramadan Gatering/OPPAL

Komunitas terpilih yang terlibat dalam kampanye #PerjalananBerKahf hadir membawa berbagai ide gerakan di bulan Ramadan, sesuai dengan tagline kampanye “Ada keberkahan dalam setiap perjalanan”.

Mulai dari charity run yang dilakukan oleh komunitas lari untuk penggalangan dana, aktivitas mobile education yang juga dilakukan komunitas pendidikan untuk memberikan edukasi di daerah terpencil, aktivitas safari ngaji dari komunitas muslim untuk mengajarkan mengaji dari satu masjid ke masjid yang lain, hingga aktivitas mudik berkah yang dilakukan komunitas otomotif lewat kegiatan mudik bersama dengan memberikan edukasi safety riding dan pembagian logistik kepada pemudik.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga beberapa selebriti dan figur publik seperti Tarra Budiman, Andien, Adit Insomnia, Iyas Lawrence, dan Ditto Percussion (suami dari Ayudia Bing Slamet).

TIRA
WRITTEN BY

TIRA

Fashion and sport enthusiast!